Apa Itu Arti Dropship Barang Dalam Bisnis Online Shop? Ini Pengertiannya!

Apa itu dropship? Salah satu pertanyaan yang sudah pasti terlintas pada benak Anda apabila mendengar satu kata yaitu “dropship“. Hal tersebut terjadi mungkin karena disebabkan sistem dropship yang memang kurang populer di negara kita.

Sistem dalam penjualan pada toko online, kebanyakan orang cenderung mengenal re-seller saja. Padahal, suatu sistem dropship ternyata lebih mudah untuk diaplikasikan dan pastinya juga sangat menguntungkan. Mari, lebih kita mengenal apa itu dropship.

Apa itu Dropship?…

Arti Dropship merupakan suatu sistem yang dimana seseorang melakukan kegiatan jual beli, yang sistemnya meminta kepada supplier/produsen untuk mengirimkan barang yang orderan di order konsumen kepada customer dengan mencantumkan data nama, alamat, nomer HP/WA/BBM toko kamu untuk menjadi pihak pengirimnya.

PENGERTIAN DROPSHIP

apa itu dropship

Dropship adalah penjualan suatu produk yang memang memungkinkan untuk di dropship dengan menjualkan suatu barang kepada konsumen/pelanggan dengan bermodalkan foto dari supplier atau toko (tanpa harus menyetok barang) dan harga barang yang dijual ditentukan oleh dropshipper.

Setelah konsumen mentransfer uang kepada rekening dropshipper, kemudian dropshipper membayarkan kepada supplier barang sesuai dengan harga beli untuk dropshipper. (serta ditambah lagi dengan ongkos untuk kirim kepada pelanggan).

KEUNTUNGAN DROPSHIP

apa itu dropship

Apa keuntungan menjadi dropship?…

  1. Mudah dan tidak repot, karena cukup dengan memajang foto-foto produk yang dijual suppliermu sosial media. Seperti: FB, Instagran, Grup BB dan lain sebagainya.
  2. Menjadi tidak perlu untuk stok barang lagi sendiri, karena stok barang sepenuhnya berada di tempat supplier kamu. Sehingga, kita menjadi tidak perlu takut lagi apabila barang yang dijual tidak laku.
  3. Tidak perlu repot-repot lagi untuk melakukan packing dan juga kirim barang kepada jasa ekspedisi pengiriman. Karena proses pengiriman barang sepenuhnya sudah akan dilakukan dari supplier.
  4. Lebih hemat tenaga serta waktu. Sehingga, bisa lebih konsentrasi untuk mencurahkan semua perhatian kepada proses pemasaran produk yang dijual.

SYARAT MENJADI DROPSHIP

apa itu dropship

Apa syarat untuk menjadi dropship?…

1. Sukup dengan mengisi data dengan menggunakan format berikut ini:

  1. Nama:
  2. Alamat Lengkap:
  3. No HP yang Selalu Aktif :
  4. Whatsapp/Pin BB (apabila ada)

2. Syarat untuk menjadi dropship selanjutnya adalah mempunyai rekening bank.

Keuntungan dan Kekurangan Menjadi Dropshipper

apa itu dropship

Keuntungan Menjadi Dropshipper :

  1. Tidak memerlukan modal besar.
  2. Tidak perlu untuk menyetok barang sendiri.
  3. Tidak dibingungkan dengan proses packaging dan pengiriman barang.

Kekurangan menjadi dropshipper :

  1. Terkadang tidak mempunyai produk knowledge yang terbilang baik, karena produk penjualnnya tidak dimilikinya.
  2. Promosi dengan cara langsung menjadi kurang efektif karena tidak mempunyai produk fisiknya.

 

Leave a Reply

error: Content is protected !!