Arti Qonaah Dalam Islam Adalah Seperti Pengertian Berikut Ini

Dalam bahasa arti qonaah adalah merasa cukup. Sehingga berdasarkan istilah dari arti qonaah tersebut berarti sifat seorang muslim yang merasa sudah cukup, atas apa yang sudah diberikan dan dikaruniakan oleh Allah SWT kepadanya. Sehingga arti qonaah secara umum ialah dimana ia bisa menjauhkan dirinya dari sifat tercela seperti tamak. Sifat qanaah tersebut sudah berdasarkan pemahaman bahwasannya rezeki yang saat ini kita dapat, memang sudah menjadi suatu ketentuandari Allah Swt.

Segala apapun yang saat ini kita terima yang berasal dari Allah SWT merupakan suatu karunia yang nilainya tiada terhingga. arti qonaah. Maka karena itu, kita sebagai umat Islam bahwasannya kita memang wajib untuk bersyukur kepada Allah SWT.

Arti Qonaah

Pengertian Qanaah

arti qanaah

Pengertian Qanaah adalah suatu sikap yang rela untuk menerima dan juga merasa untuk cukup atas apapun hasil yang sudah diusahakannya. Serta berusaha untuk menjauhkan dirinya dari perasaan yang tidakpuas dan perasaan kurang atas apa yang ia peroleh saat itu. Orang yang mempunyai sifat qanaah adalah orang yang mempunyai pendirian bahwasannya apa yang telah didapat pada dirinya adalah suatu kehendak dari Allah SWT.

Fungsi qana’ah

arti qonaah adalah

Fungsi Qana’ah adalah berfungsi sebagai:

a. Stabilisator

Seorang muslim yang qanaah menjadi mempunyai sifat qana’ah ia akan selalu berusaha untuk berlapang dada dengan apa yang ia dapatkan saat itu. Sehingga ia memiliki hati yang tentram dengan merasa kaya dan juga berkecukupan serta terbebas dari sifat keserakahan dunia.

b. Dinamisator

Seorang muslim yang qanaah menjadi mempunyai kekuatan batin yang mampu mendorong seseorang tersebut untuk meraih suatu kemengan dalam hidupnya. Yang sesuai dan berdasarkan kemandirian dengan tetap teguh untuk bergantung kepada karunia dari ALLAH SWT.

Contoh Qanaah

arti qonaah adalah

Contoh qanaah dalam berperilaku yang ada dalam kehidupan kita sehari hari sudah pasti ada banyak sekali contohnya. Banyaknya perilaku qanaah yang ada dalam kehidupan yang memang mencerminkan sifat qanaah, itu harus lebih kita kembangkan lagi dalam menjalani hidup dikehidupan sehari-hari. Diantara contoh qanaah dalam berperilaku adalah :

1. Giat untuk bekerja dan selalu berusaha untuk mencapai hasil yang terbaik dan lebih baik.

2. Apabila hasil yang diperoleh saat itu tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, ia tidak mudah untuk merasa kecewa dan berputus asa.

3. Selalu mensyukuri hasil atas apa yang menjadi usahanya, serta tidak pernah untuk merasa iri atas
suatu keberhasilan yang diperoleh oleh orang lain

4. Hidup yang dilakukannya sederhana dan menyesuaikan dirinya dengan keadaan saat itu, tidak rakus dan tidak tamak.

5. Selalu merasa yakin bahwasannya apa yang telah didapatnya dan apapun yang ada pada dirinya adalah suatu anugerah dari Allah SWT.

arti qonaah adalah

Kunjungi Juga: MP3 Ruqyah

Leave a Reply

error: Content is protected !!