Sejarah dan Cara Merawat Kucing Anggora Dengan Baik dan Benar

Sejarah dan Tips Cara Merawat Kucing Anggora dengan Baik dan Benar – Berikut ini kita akan membahas akan sejarah pada jenis kucing anggora dan juga bagaimana cara merawat kucing anggora yang baik dan benar.

cara merawat kucing anggora

Sejarah Perkembangan Kucing Anggora

Kucing Anggora begitu populer karena memiliki bulu yang tebal dan cantik. Tak heran jika banyak orang yang ingin merawatnya. Pada dasarnya, merawat kucing Anggora hampir sama dengan memelihara dan merawat kucing ras long hair atau semi longhair. Tapi, akan lebih menarik lagi jika Anda mengenal Sejarah Perkembangan Kucing Anggora sendiri.

Kucing anggora terkenal juga dengan sebutan kucing Angora Turki atau Turkish Angora. Bahkan ada juga yang menyebutnya dengannama kucing Ankara Kedisi. Nama-nama tersebut didasarkan atas sejarah tentang asal mula perkembangan kucing cantik ini. Dimana  mengarah ke satu wilayah bernama Angora (Ankara) yang  sekarang menjadi ibukota Turki. Di Indonesia sendiri, kucing jenis ini dikenal dengan sebutan Anggora.

Dari sejarahnya tersebut, tak heran jika kucing ras ini pada mulanya berawal dari kucing jenis Turkish Angora. Sementara dalam perkembangannya di daratan Eropa, kucing Anggora mulai populer dan dikenal masyarakat luas sejak abad ke-16. Awalnya, Pietro Delle yang merupakan seorang berkebangsaan Italia datang ke istana Italia sambi membawa kucing jenis Anggora ini. Setelah kedatangannya, masyarakat di istana semakin terbiasa dengan kehadiran Anggora. Terlebih lagi ketika Raja Louis XV turut memelihara beberapa kucing anggora di istana Versailles.

Kemudian pada tahun 1954, kucing Angora ini pertama kali diimport secara resmi ke Amerika Serikat. Dan tentu saja mendapatkan respon positif karena kecantikan bulu dan matanya yang menawan. Sejarah Perkembangan Kucing Anggora semakin berkembang sejak semakin banyaknya kompetisi kucing Anggora yang diadakan banyak negara.

Cara Merawat Kucing Anggora

Kucing Anggora memiliki bulu yang panjang dan juga halus. Sehingga wajar saja jika perawatannya yang harus dilakukan berbeda dengan kucing berbulu pendek atau kucing kampung pada umumnya. Untuk memudahkan Anda memeliharanya, berikut ini adalah Cara Merawat Kucing Anggora.

  1. Kandang

Hal pertama yang perlu Anda persiapkan sebelum memelihara kucing Anggora tentu saja kandang yang nyaman. Pastikan bahwa ukuran kandang yang Anda buat sesuai dengan ukuran tubuh kucing Anda. Apabila kucing Anggora memiliki berat 4 kg, maka ukuran kandang yang proporsional adalah 90 x 63 x 65 cm. Semakin berat kucing, maka semakin luas pula kandang yang harus Anda buat. Buatlah kandang dari material aluminium yang tidak mudah karatan. Selain itu, pastikan pula jika jeruji besi yang Anda buat cukup lebar dan memiliki sirkulasi udara yang bagus. Jangan lupa membersihkan kandang dan kotak pasir minimal seminggu sekali.

  1. Makanan

Untuk makanan, ada baiknya jika Anda membiasakan kucing untuk memakan makanan kucing kering (dry food). Sebab makanan ini lebih sehat dibandingkan dengan makanan kaleng basah untuk kucing. Disamping itu, ada baiknya jika Anda tidak memberinya makanan lain seperti ayam, ikan, dan makanan lainnya. Sebab makanan tersebut seringnya dapat mengganggu pertumbuhan bulu kucing anggora.

  1. Memandikan kucing

Anda bisa memandikan kucing anggora minimal dua minggu sekali. Jangan lupa untuk menyisir bulu kucing jenis ini dengan sisir khusus yang lembut. Dengan mengikuti Cara Merawat Kucing Anggora ini, kucing Anggora Anda akan memiliki bulu yang panjang, lebat, halus dan sehat.

Baiklah, sekian dulu pembahasan kita tentang sejarah perkembangan kucing Anggora dan cara merawatnya.

Kalau Anda memiliki komentar ataupun pertanyaan terkait artikel ini, Anda bisa langsung menuliskannya di kolom komentar. Atau justru Anda mempunyai pengalaman dan trik-trik khusus dalam merawat kucing Anggora? Yuk jangan ragu untuk langsung menuliskannya di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

error: Content is protected !!