Mengenali Ciri-ciri Kucing Persia Peaknose Beserta Cara Merawatnya

Kucing Persia Peaknose merupakan salah satu jenis hewan peliharaan dari jenis kucing persia yang digemari oleh para pecinta kucing. Ada 4 jenis kucing persia yang saat ini di gemari oleh masyarakat untuk dijadikan hewan peliharaan.

Kucing Persia Peaknose

Pinterest

Keempat jenis kucing persia tersebut yaitu kucing persia medium, kucing persia peaknose, kucing persia himalaya dan kucing persia flatnose. Bagi para pembaca dan pecinta kucing yang belum mengetahuinya bisa membaca lebih spesifikasinya dengan klik tulisan yang berwarna merah.

Kucing Persia Peaknose memiliki rambut yang panjang dengan wajahnya yang lucu serta hidungnya yang lebih pesek dari jenis persia lainnya. Sehingga banyak dari kalangan pecinta kucing yang mengidolakannya.

A. Sejarah Kucing Peaknose

Sejarah Kucing Persia Peaknose

lenterahidup.net

Sekitar tahun 1930’an terjadi persilangan secara alami antara kucing persia red murni dengan kucing red tabby. Sehingga dari kedua jenis kucing yang berbeda itu menghasilkan kucing persia peaknose yang popularitasnya di Amerika dan Kanada cukup tinggi.

Bahkan kucing persia peaknose sering memenangi dalam kontes kecantikan hewan peliharan kucing. Tetapi popularitas kucing persia peaknose berbanding terbbalik di neghara-negara Eropa. Kemungkinannya dikarenakan banyaknya masalah kesehatan yang diderita kucing peaknose.

B. Ciri-ciri Kucing Persia Peaknose

Ciri-ciri Kucing Persia Peaknose

Satwapedia.com

Jenis kucing persia ini mempunyai ciri-ciri yang khas dan berbeda dari ke tiga jenis kucing persia lainnya. Persia peaknose memiliki badan yang pendek dan gembul, kepalanya lebih bulat dan terlihat tembem.

Telinganya meruncing lebar dan panjang, dengan hidung yang lebih pesek dan terlihat masuk kedalam dibanding jenis kucing persia lainnya. Saking peseknya letak hidungnya lebih tinggi dan hampir sejajar dengan matanya.

Seakan-akan memberikan kesan seolah-olah matanya terbelalak keluar. Keunikan lain yang dimiliki peaknose ini adalah tidak adanya moncong yang biasabya menghiasi wajah kucing lainnya. Kakinya pun pendek dan besar yang disertai bulu merah tabby pada tubuhnya.

C. Kepribadian Kucing Persia Peaknose

Kepribadian Kucing Persia Peaknose

kucing-peaknose

Persia Peaknose termasuk dalam jenis kucing yang sangat jinak seperti sifat kucing persia lainnya. Kucing ini cenderung berdiam diri dan senang bermalas-malasan. Bisa saja ia habiskan waktunya untuk tidur-tiduran selama seharian. Selain itu persia peaknose memiliki sikap sangat manja dan akan sangat dekat terhadap pemeliharanya.

D. Kesehatan Kucing Persia Peaknose

Kesehatan Kucing Persia Peaknose

lenterahidup.net

Ternyata dibalik keimutan dan kelucuan yang dimiliki persia peaknose, ia memilki beberapa masalah kesehatan pada tubuhnya. Karena mukanya yang datar da cenderung lebih masuk kedalam itu. Ia menjadi rawan terkena gangguan saluran air mata yang tersumbat, yang sehingga membuat matanya selalu berair.

Selain itu ia juga sering terkena gangguan pada pernafasannya yang dikarenakan sempitnya rongga hidung dan sinus yang dimiliki. Sering kali juga anomali pada daerah penjajaran gigi dan gusi saat mulutnya tertutup.

Sehingga dengan berbagai keluhan yang dimiliki persia peaknose mengakibatkan tingkat resiko kematian pada anak kucing ini sangat tinggi. Biasanya dengan seiring pertumbuhannya kondisi kesehatannya bisa semakin buruk.

E. Perawatan Kucing Persia Peaknose

Perawatan Kucing Persia Peaknose

Blog Binatang – WordPress.com

Seperti kebanyakan jenis kucing perisa lainnya, bulu pada kucing peaknose ini harus sering di sisir supaya menghilangkan kotoran pada rambutnya. Selain itu juga meluruskan rambutnya yang kusut.

Pada bagian telinya juga harus sering diperiksa dan dibersihkan. Pada bagian mata dan wajahnya kita juga harus sering membersihkannya agar menjaga kesehatannya.

Dari banyaknya masalah kesehatan pada persia peaknose yang dapat mengganggunya. Persiapkaanlah sebagian banyak waktu luang dan uang untuk merawat salah satu jenis dari kucing persia ini. Kita harus sering-sering erhubungan dengan dokter hewan untuk memastikan keadaan kucing perisa peaknose kita tetap sehat.

Demikian penjelasan tentang jenis kucing persia peaknose yang dapat saya bagikan kepada para pecinta kucing semua. Semoga apa yang saya bagikan ini dapat bermanfaat bagi pecinta kucing dan pembaca. 

jenis kucing persia peaknose

Jual Kucing

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!