Lengkap! 10 Ciri-ciri Makhluk Hidup Beserta Penjelasannya Gambarnya dan Contohnya

Ciri ciri makhluk hidup –  Makhluk hidup adalah suatu makhluk yang ada di bumi dengan memiliki ciri-ciri yaitu, bernapas, bergerak, membutuhkan nutrisi dengan makan, berkembang biak dan tumbuh. Semua makhluk hidup yang ada di bumi seperti manusia, tumbuhan dan juga hewan melakukan kembangbiak dengan cara bereproduksi.

Adapun cara bereproduksi dari makhluk hidup sendiri juga sangat bermacam-macam adanya. Mulai dari manusia yang berkembang biak dengan beranak. Hewan mamalia seperti sapi, kambing, paus, singa, lumba-lumba dan mamalia lain yang juga beranak.

Hewan unggas seperti bebek, ayam, angsa, dan lainnya yang bertelur. Selain itu juga tumbuhan yang melakukan kembangbiak dengan melakukan perkawinan melalui bunganya dan juga melalui umbi atau batangnya.

Berikut ini kita akan mengetahui akan penjelasan pengertian makhluk hidup, ciri ciri makhluk hidup lengkap dengan gambarnya dan contohnya, serta tujuan makhluk hidup berkembang biak.

Pengertian Makhluk Hidup

Pengertian makhluk hidup ini menjadi suatu hal yang memang sangat penting untuk diketahui. karena suapaya kita mengetahui akan suatu batasan dari makhluk makhluk hidup agar bisa dikatakan sebagai makhluk hidup.

Pengertian makhluk hidup adalah suatu struktur yang biologis merespon segala perubahan yang ada dilingkungan ataupun yang ada dalam entitasnya sendiri. Dalam suatu makhluk hidup sendiri mempunyai organisasi biokimia kompleks yang memang sangat memungkinkan untuk mereka dalam memproses suatu zat dan juga memanfaatkan akan energi untuk merespon suatu perubahan yang ada pada sekitar mereka.

Ciri ciri makhluk hidup

Pengertian Makhluk Hidup Dalam Bahasa Yunani

Pengertian makhluk hidup dalam bahasa Yunani, organisme atau makhluk hidup adalah suatu organon yang artinya alat adalah kumpulan dari molekul-molekul saling memengaruhi sedemikian rupa sehingga berfungsi dengan stabil dan mempunyai sifat hidup. Dalam istilah organisme yang kompleks sendiri mengacu pada suatu organisme yang memang mempunyai jumlah yang lebih dari satu sel.

Pengertian Makhluk Hidup Menurut Para Ahli

1. Pengertian Makhluk Hidup Menurut Helena Curtis

Menurut Helena Curtis pada tahun 1975, pengertian makhluk hidup adalah sesutu yang mampu untuk memanfaatkan suatu energi yang berasal dari lingkungannya, ia mampu untuk merubah dari satu bentuk energi ke satu bentuk energi yang lainnya, mampu beradaptasi dengan lingkungannya, mampu merespon apabila ada rangsangan, sifatnya bersifat homeostatis, kompleks & terorganisir secara baik, mampu bereproduksi ataupun berkembang biak serta mampu untuk bertumbuh dan juga berkembang.

2. Pengertian Makhluk Hidup Menurut Kimball

Menurut Kimball pada tahun 1983, pengertian makhluk hidup adalah sesuatu yang mempunyai lima ciri ciri makhluk hidup, yaitu mampu bereproduksi, responsif, berevolusi, mampu melakukan metabolism, dan juga bersifat rumit.

3. Pengertian Makhluk Hidup Menurut Dwijoseputro

Menurut Dwijoseputro pada tahun 1998, pengertian makhluk hidup adalah sesuatu yang mampu melakukan metabolisme, mampu bergerak, bisa tumbuh, bereproduksi, dan juga responsif.

4. Pengertian Makhluk Hidup Menurut New Mexico Tech

Menurut New Mexico Tech, pengertian makhluk hidup adalah semua makhluk hidup yang menampilkan tujuh karakteristik dalam kehidupan. 7 karakteristik itu adalah terdiri dari adanya sel-sel, terorganisir, mampu mengambil energi serta menggunakannya, tidak hanya mampu merespon lingkungan, namun juga mampu untuk bertumbuh dan mempertahankan dirinya. Mempunyai kemampuan untuk bereproduksi, dan mampu untuk beradaptasi dengan lingkungan.

Ciri ciri Makhluk Hidup

Ciri ciri yang mahkluk hidup bisa dijadikan sebagai suatu pembeda antara suatu mahkluk hidup dengan suatu benda mati. Dengan kita mampu untuk mangetahui ciri ciri makhluk hidup maupun benda mati tersebut. Maka akan mampu mempermudah kita untuk mengenali mahkluk hidup yang tersebar di muka bumi ini.

Beberapa ciri ciri mahkluk hidup yang bisa kita ketahui adalah: bisa bernapas, bisa bergerak, bisa peka kepada rangsang (iritabilitas), membutuhkan makan, bertumbuh & berkembang, mampu melakukan metabolisme, mampu ekresi/mengeluarkan zat sisa, berkembang biak, beradaptasi & juga beregulasi. Berikut ini penjelesan ciri ciri makhluk hidup secara rinci.

Penjelasan Ciri ciri Makhluk Hidup

1. Ciri ciri Makhluk Hidup adalah Bernapas atau Respirasi

Respirasi atau bernapas adalah suatu proses masuknya udara yang berasal dari luar, mengandung oksigen dan juga  pengeluaran udara dari dalam paru – paru. Udara yang dihirup kedalam tubuh adalah Oksigen yang digunakan sebagai oksidasi dari zat makanan yang berada di dalam tubuh supaya mendapat energy yang digunakan untuk melakukan aktivitas. Namun dara yang keluar dari dalam paru-paru mengadung zat yang dinamakan karbondioksida dan juga uap air.

Setiap dari mahkluk hidup punya cara dan juga alat pernapasan dengan jenis yang berbeda- beda. Misalkan saja pada diri manusia, mamalia dan juga unggas yang bernapas dengan paru – paru. Tapi sedangkan pada suatu tumbuhan, mereka bernafas menggunakan lentisel dan juga stomata yang ada pada bagian batang dan daunnya.

2. Ciri ciri Makhluk Hidup adalah Bergerak

Bergerak pada makhluk hidupadalah perpindahan dari posisi seluruh atau juga pada sebagian dari tubuh mahkluk hidup karena mempunyai dan adanya suatu rangsangan. Perpindahan dari seluruh bagian pada tubuh terjadi pada diri manusia dan juga hewan.

Misalkannya, manusia yang berjalan, ikan yang berenang, dan juga  burung yang terbang. Dan sedangkan bergerak pada diri tumbuhan hanya terjadi di bagiannya yang tertentu, misalkan saja gerak batang menuju kearah datangnya cahaya matahari.

3. Ciri ciri Makhluk Hidup adalah Peka terhadap rangsangan (Iritabitas)
Setiap pada diri mahkluk hidup pasti mempunyai akan kemampuan untuk menanggapi suatu rangsang yang memang  berbeda – beda. Misalkan saja pada tanaman yang ada didalam pot yang kemudian disimpan ke dalam ruangan, kemudian tumbuhan itu akan tumbuh menuju ke arah datangnya cahaya matahari.

Kepekaan tersebut terhadap rangsang menunjukan bahwa suatu yang ada pada tubuh mahkluk hidup selalu terjadi proses pengaturan.

4. Ciri ciri Makhluk Hidup adalah Memerlukan makan atau nutrisi

Setiap tubuh dan diri mahkluk hidup sudah pasti mereka memerlukan makananan dan juga nutrisi supaya mempertahankan lkeberlangsungan hidupnya. Adapun makanan yang memang diperlukan adalah sebagai sumber energy dalam melakukan segala proses kehidupan.

Cara dalam mendapatkan suatu makanan atau cara makan dari setiap mahkluk hidup juga berbeda-beda. Misalnya saja pada diri tumbuhan yang bisa membuat makanannya sendiri dengan melakukan proses fotosintesis. Dan sedangkan manusia dan hewan bisa mendapatkan makanan dari adanya mahkluk hidup yang lain.

5. Ciri ciri Makhluk Hidup adalah Tumbuh dan Berkembang

Contoh yang sederhana lihatlah saja tubuhmu yang sekarang, pasti akan mengalami bentuk yang berbeda apabila dibandingkan pada ukuran tubuhmu yang ada pada saat usia yang balita.

Sehingga hal ini telah  menunjukan bahwa pada diri mahkluk hidup ini mengalami suatu pertumbuhan. Pertumbuhan senidir merupakan proses pertambahan jumlah berat sel kering pada mahkluk hidup yang memiliki sifat irreversible artinya tidak bisa kembali ke dalam keadaan yang semula.

6. Ciri ciri Makhluk Hidup adalah Melakukan Metabolisme

Pada tubuh manusia terjadi reaksi kimia yang biasa disebut dengan metabolisme. Reaksi-reaksi pada manusia tersebut bisa berupa penyusunan ataupun penguaraian zat yang tertentu supaya mampu diserap pada tubuh.

Proses penguaraian dari suatu zat tersebut menjadi suatu partikel yang ukurannya lebih kecil yang disebut dengan sutu proses katabolisme. Dan sedangkan proses dalam penyusunan senyawa tertentu biasa disebut dengan proses anabolisme.

7. Ciri ciri Makhluk Hidup adalah Mengeluarkan zat sisa(Ekskresi)

Pada saat proses metabolisme pada tubuh, selain mampu menghasilkan suatu energy juga bisa menghasilkan zat sisa yang memang harus dikeluarkan dari dalam tubuh.

Kadar dari zat sisa yang tinggi apabila tidak dikeluarkan dari dalam tubuh sudah pasti akan menimbulkan efek yang sangat berbahaya dan juga menjadi racun di dalam tubuh.

Misalnya saja, pada paru-paru yang mengeluarkan karbondioksida dan juga uap air, kulit yang mengeluarkan keringat, dan juga ginjal yang mengeluarkan urin. Namun apabila pada tumbuhan, ia mengeluarkan zat sisa bisa melalui stomata pada dirinya.

8. Ciri ciri Makhluk Hidup adalah Berkembang biak (Reproduksi)

Cara dari mahkluk hidup dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya adalah dengan cara melakukan berkembang biak atau disebut reproduksi. Dalam proses berkembangbiak, sifat pada diri anak akan mewarisi sifat dari induknya.

Perkembangbiakan dari dalam mahkluk hidup saat ini bisa dibedakan menjadi dua cara, yaitu berkembang biak dengan cara vegetative (tidak kawin) dan perkembangbiakan dengan cara generative (kawin).

9. Ciri ciri Makhluk Hidup adalah Adaptasi 

Ciri ciri Makhluk Hidup Adaptasi adalah suatu kemampuan pada mahkluk hidup dalam menyesuaikan dirinya terhadap lingkungan sekitarnya. Hal tersebut dilakukan sebagai mempertahankan suatu kelangsungan hidupnya.

Mahkluk hidup yang bisa beradaptasi maka makhluk hidup tersebut mampu bertahan lebih lama dan populasinya juga akan menjadi bertambah banyak. Tapi apabila tidak bisa beradaptasi dengan baik pada lingkungannya maka mahkluk hidup tersebut akan menjadi punah.

10. Ciri ciri Makhluk Hidup adalah Regulasi

Ciri ciri Makhluk Regulai adalah proses makhluk hidup dalam pengaturan keserasian di dalam tubuh organismnya yang diatur oleh syaraf dan juga hormon. Untuk mengalami keseimbangan makhluk hidup juga memerlukan untuk tidur.

Tujuan Makhluk Hidup Berkembang Baik

1. Tujuan Makhluk Hidup Berkembang Baik Agar Tidak Punah

Salah satu dari tujuan utama makhluk hidup berkembang biak adalah supaya mempertahankan jenisnya/spesiesnya di alam agar tidak mengalami kepunahan. Dengan cara yang deminkian jenis/spesies yang bersangkutan bisa terus di temukan di alam.

2. Tujuan Makhluk Hidup Berkembang Baik Mempertahankan Spesiesnya

Supaya tidak mengalami kepunahan sudah tentu bukan satu-satunya alasan dalam melakukan berkembang biak. Misalkan saja kehidupan yang ada di alam atau hutan yang penuh dengan adanya hewan predator. Sehingga sudah tentu untuk mempertahankan suatu spesiesnya pada wilayah tersebut memang harus melakukan perkembangbiakan.

3. Tujuan Makhluk Hidup Berkembang Baik Supaya Mendapatkan Keturunan

Dibeberapa kehidupan makhluk hidup, suatu keturunan adalah suatu hal yang memang sangat penting dan mampu menjadi lambang dari sebuah keluarga. Walaupun jumlah dari mahluk hidup tersebut memang tergolong cukup banyak jumlahnya dan juga jauh dari adanya kata kepunahan. Maka manusia adalah menjadi salah satu contoh dari makhluk hidup yang memang selalu menginginkan akan adanya keturunan di dalam keluarganya.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian makhluk hidup, ciri ciri makhluk hidup lengap dengan penjelasan dan contoh gambarnya, serta alasan makhluk hidup berkembang biak atau bereproduksi. Semoga bermanfaat, jika bermanfaat klik share ya kawan, terimakasih…

Leave a Reply