Contoh Rumusan Masalah Penelitian Karya Ilmiah, Makalah, Proposal, Skripsi

Contoh Rumusan Masalah – Pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang contoh rumusan masalah. Karena didalam melakukan sebuah penelitian maupun pembuatan makalah apapun sangat dibutuhkan akan peranan sebuah penulisan rumusan masalah. Dan dalam pembutan rumusan masalah haruslah dengan baik dan benar untuk memudahkan penelitian kita.

Contoh Rumusan Masalah

http://lenterahidup.net/

Tetapi sebelum kita beranjak untuk mengetahui akan contoh rumusan masalah. Alangkah baiknya apabila kita mengetahui tentang pengertian, cara membuat, fungsi dan bentuk rumusan masalah terlebih dahulu. Sehingga jika di waktu yang akan datang kita akan membuat rumusan masalah kita tidak terpaku pada pencarian contoh masalah.

A. Pengertian Rumusan Masalah

Contoh Rumusan Masalah Dalam Makalah Penelitian Skripsi Karya Ilmiah

News Okezone

Rumusan Masalah  merupakan hal yang paling mendasar dalam penentuan bahasan yang akan kita lakukan di dalam sebuah penelitian. Setiap pertanyaan dibuat dan disusun pada rumusan masalah kemudian kita cari dan kita isi setiap jawabannya pada proses penelitian. Sehingga akan tertuang secara sistematis isi dari laporan penelitian tersebut.

Di dalam penyusunan serta penulisan sebuah rumusan masalah yang berupa makalah, penelitian maupun ekxperimen. Harus memperhatikan akan hubungan antara variabel, minimalnya variabel bebas serta variabel terikat. Serta kita harus merumusakan dengan jelas serta lengkap masalah yang akan kita teliti. Supaya bisa mencari jalan penyelesaiannya serta solusi masalah tersebut dengan tepat.

Dari beberapa ahli, ada yang mendefinisikan tentang pengertian rumusan masalah, di antara beberapa definisi tersebut yaitu:

  • Menurut Pariata Westra (1981 : 263 ) bahwa “Suatu masalah yang terjadi jika seseorang berusaha untuk mencoba suatu tujuan atau percobaannya yang pertama agar mencapai tujuan itu sampai berhasil.”
  • Menurut Sutrisno Hadi ( 1973 : 3 ) “Masalah merupakan kejadian yang menimbulkan pertanyaan kenapa dan kenapa.”

Jadi kesimpulan rumusan masalah adalah suatu kumpulan pertanyaan yang hendak kita cari jawabannya. Dan dalam mencari jawabanya tersebut kita lakukan mengumpulkan bentuk-bentuk data rumusan masalah penelitian berdasarkan dengan penelitian yang ada.

Sesuai dengan apa yang sudah di jelaskan bahwasannya suatu rumusan masalah merupakan data pertanyaan yang hendak kita cari jawabannya. Dengan melalui cara pengumpulan-pengumpulan berbagai bentuk data.

Di dalam bentuk-bentuk rumusan ini bisa dikembangkan berdasarkan dengan penelitian menurut fakta yang ada. Serta rumusan masalah penelitian ini isinya bisa berupa pertanyaan ataupun pernyataan.

B. Cara Membuat Rumusan Masalah Yang Baik Dan Benar

Contoh Rumusan Masalah Dalam Makalah Penelitian Skripsi Karya Ilmiah

pendidikankritis.wordpress.com

Dalam membuat rumusan masalah kita harus menyusun kalimatnya dengan baik dan benar. Sebab supaya mempermudah kita dalam melakukan proses penelitian dan mengisi rumusan masalah tersebut.

Untuk membuat rumusan masalah yang benar dan baik harus memiliki beberapa syarat di dalamnya. Beberapa persyaratan tersebut diantaranya adalah penggunaan kalimat tanya dengan menyataklan dua variabel atau lebih. Dan variabel yang akan dinyatakan tersebut haruslah bisa diukur, serta dengan rumusan masalah yang dinyatakan hendaknya dinyatakan dengan gamblang singkat dan jelas.

Setiap bahasan yang terdapat pada laporan penelitian, termasuk bahasan tentang kerangka teori serta metodologi (cara-cara) yang di pakai. Semua bahasan teori dan metodologi tersebut mengacu dan mengarah pada rumusan masalah. Maka dari itu rumusan masalah menjadi fokus utama yang akan menentukan akan arah penelitian.

I. Penggunaan Kata Tanya Pada Kalimat Rumusan Masalah

Contoh Rumusan Masalah Dalam Makalah Penelitian Skripsi Karya Ilmiah

http://lenterahidup.net/

Untuk menghindari pembuatan rumusan masalah yang tidak jelas dan sulit untuk mencari jawaban dalam menganalisanya. Biasanya dalam membuat rumusan masalah dibuat pertanyaan-pertanyaan yang mengenai penelitian. Yang disertai dengan beberapa kata tanya di dalamnya, seperti apa, siapa, bagaimana, kapan, mengapa dan lain-lain.

II. Penggunaan Rumus SPOK

Contoh Rumusan Masalah Dalam Makalah Penelitian Skripsi Karya Ilmiah

http://lenterahidup.net/

Selain itu didalam pembuatan rumusan masalah yang baik serta benar. Sebaiknya kita perhatikan perihal SPOK dasarnya seperti:

1. Subjek, merupakan sebuah kata atau kalimat yang menunjukkan sebuah kata benda, nama orang, binatang, tumbuhan. Contoh: Buku, Budi, Singa, Mawar, dan lainnya.

2.Predikat, merupakan sebuah kata atau kalimat yang menunjukkan kata kerja atau kegiatan yang dilakukan subjek. Contoh: Membaca, Belajar, Memasak dan lainnya

3. Objek, merupakan sebuah kata atau kalimat yang yang dikenai akan tindakan subjek. Subjek sendiri sama seperti objek bisa berisi berupa kata-kata benda. Contoh: Ayah, Pakaian, Gajah dan lainnya.

4. Keterangan, merupakan kalimat penjelasan atau keterangan yang menjelaskan akan jawaban kalimat atau kata tanya. Seperti apa, siapa, bagaimana, kapan, mengapa dan lainnya. Di dalam keterangan tersebut terdapat kalimat yang berupa:

  1. Keterangan tempat, contoh: di masjid, di mushola, di perpustakaan, dan lainnya.
  2. Keterangan cara, contoh: dengan serius, dengan tepat, dengan semangat, dan lainnya.
  3. Keterangan tujuan, contoh: Agar taubat, agar hafal alquran, agar pandai, supaya berbakti, supaya masuk surga, untuk terhindar dari neraka dan lainnya.
  4. Keterangan alat, contoh: Menggunakan siwak, mengendarai kuda, menggunakan perahu dan lainnya.
  5. Keterangan waktu, contoh: Pada hari jumat, jam 7 pagi, pada musim hujan dan lainnya.
  6. Keterangan penyerta, contoh: Bersama istri, bersama suami, dengan ibu, dengan ayah, ditemani nenek, ditemani adek, ditemani anak dan lainnya.

5. Pelengkap, merupakan sebuah unsur kalimat yang berfungsi seperti objek. Namun yang membedakannya tidak bisa dirubah menjadi subjek di kalimat pasif letak pelengkap biasanya berada pada setelah kata predikat atau objek.

III. Kriteria Masalah Penelitian

Contoh Rumusan Masalah Dalam Makalah Penelitian Skripsi Karya Ilmiah

exerciseright.com.au

Dalam pembuatan rumusan masalah penelitian ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Baik itu saat merumuskan masalah penelitian, melakukan proses penelitian sampai menjawab memecahkan rumusan permasalahan. Berikut beberapa kriteria yang perlu kita ketahui dan perhatikan.

1. Mempunyai Nilai Penelitian, Rumusan masalah penelitian yang akan dijawab dan di pecahkan akan setiap permasalahannya haruslah berguna/bermanfaat dengan positif kepada kita.

2. Mempunyai Fisibilitas

Fisibilitas sendiri mempunyai arti bahwa rumusan masalah tersebut bisa dijawab atau dipecahkan. Dengan beberapa faktor yang perlu dan bisa kita perhatikan, yang diantaranya:

  1. Karena adanya data serta metode atau cara untuk menjawab memecahkan masalah tersebut.
  2. Adanya batasan-batasan masalah yang jelas.
  3.  Tersedianya alat atau perlengkapan untuk menjawab memecahkan masalah tersebut.
  4. Perlunya biaya dan waktu akan penelitian untuk memecahkan permasalahan tersebut.
  5. Selain itu juga harus tidak bertentangan dengan adanya hukum.

3. Sesuai Dengan Kualitas Dan Latar Belakang Peneliti

Yang dimaksud sesuai dengan kualitas dan latar belakan peneliti adalah tingkat kesulitan dalam menjawab memecahkan permasalahan tersebut harus disesuaikan dengan tingkatan kemampuannya peneliti.

IV. Rumusan Masalah Penelitian Yang Baik

Contoh Rumusan Masalah Dalam Makalah Penelitian Skripsi Karya Ilmiah

www.kaskus.co.id

Kita perlu perhatikan bagaimana rumusan masalh yang baik, berikut beberapa hal yang perlu kita perhatikan.

  1. Sifatnya adalah orisinil, dengan belum pernah atau masih sedikitnya orang lain yang melakukan penelitian masalah tersebut.
  2. Bisa berguna untuk kepentingan ilmu pengetahuan terhadap masyarakat.
  3. Bisa di dapat dengan melakukan cara-cara ilmiah.
  4. Harus jelas dan padat, dengan tanpa penafsiran yang lainnya kepada permasalahan tersebut.
  5. Dirumuskan masalah tersebut dalam bentuk kalimat tanya.
  6. Sifatnya haruslah etis atau hormat, yang berarti tidak bertentangan dengan adat istiadat, ideologi serta kepercayaan agama.

V. Sumber-sumber Masalah Penelitian

Contoh Rumusan Masalah Dalam Makalah Penelitian Skripsi Karya Ilmiah

Catatan Madz

  1. Buku-buku bacaan ataupun laporan hasil penelitian.
  2. Dengan pengamatan sepintas.
  3. Pernyataan yang memegang otoritas.
  4. Perasaan intuisi.
  5. Diskusi.
  6. Seminar.
  7. Pertemuan dan lainnya.

VI.Langkah-langkah Membuat Rumusan Masalah

Contoh Rumusan Masalah

www.academicportal.xyz

1. Study Pendahuluan Identifikasi Masalah

Saat melakukan study pendahuluan identifikasi masalah yang bisa kita lakukan ialah secara langsung menulis masalah yang nanti akan kita kaji. Saat melakukan study pendahuluan identifikasi masalah ada dua jenis pendekatan yang bisa lakukan. 2 jenis pendekatan itu yaitu:

  1. Pendekatan konsekuensi determinan, yang merupakan pendekatan dari determinan yang akan menimbulkan masalah serta masalah itu terdapat konsekuensinya. Penekatan konsekuensi determinan bisa kita dapat secara deduktif dari teks, jurnal, seminar maupun hasil dari penelitian.
  2. Pengembangan logika pada penulis, merupakan pendekatan yang berupa masalah teoritis. Yang akan muncul setelah kita membaca atau bahkan setelah kita mengamati benda maupun poeristiwa.

Setelah kita telah memilih atau menemukan akan masalah. Kemudian langkah selanjutnya yaitu dengan melakukan study pendahuluan dengan tujuan mendalami akan permasalahan tersebut. Sehingga kita benar-benar bisa siap akan rencana selanjutnya. Berikut tujuan akan study pendahuluan atau identifikasi rumusan masalah yang bisa kita ketahui:

  1. Supaya kita tidak mengulangi lagi aka hasil dari penelitian orang lain.
  2. Kita menjadi mengetahui dengan pasti tentang apa yang diteliti.
  3. Menjadi tahu dengan mengetahui dimana, kepada, darimana memperoleh data informasi penelitian.
  4. Bisa memahami akan teknik cara untuk mendapatkan data informasi tersebut.
  5. Mampu menentukan metode yang tepat  untuk menganalisa data informasi tersebut.
  6. Paham akan bagaimana mengambil sebuak kesimpulan serta cara memanfaatkan hasilnya.

Untuk melakukan study pendahuluan, kita bisa melakukannya dengan beberapa cara. Dan beberapa cara yang bisakita lakukan yaitu:

  1. Kita lakukan study di perpustakaan untuk membaca buku-buku yang terkait akan rumusan masalah yang kita kerjakan.
  2. Berkonsultasi dengan bertanya kepada narasumber yang merupakan seorang ahli dalam bidang yang sesuai akan permasalahan kita.
  3. Berkunjung ke tempat daerah yang memang masalah penelitian itu bersembur.

2. Cara Merumuskan Masalah

Dalam penulisan rumusan masalah yang kita pilih pada satu penelitian bisa terdiri dari satu masalah yang spesifik, dua atau bahakan bisa lebih dari itu semua. Untuk merumusakan masalah, kita harus melihat sudut pandang pemikiran yang kita amati dari hal-hal di sekitar yang mengusik fikiran. sehingga kita bisa ada keinginan untuk mengangkatnya sebagai msalah penelitian.

Kriteria masalah yang ada pada penelitian yang baik, sebaiknya memenuhi beberapa hal yang perlu diperhatiakan. Yaitu kriterian masalah yang mempunyai kontribusi yang teoritis dan praktis. Yang berarti hasil penelitian tersebut memiliki dasar rumusan masalah yeng nantinya memberikan kontribusi yang jelas dan baik dalam bidang profesi maupun keilmuan tertentu.

Dengan kriteria tersebut rumusan masalah kita memiliki keunikan serta keaslian. Tetapi dalam melakukan pengulangan penelitian biasanya juga perlu untuk dilakukan supaya memperdalam serta memperluas hasil penelitian. Sehingga penelitian yang sudah ada pada objek yang berbeda bisa menghasilkan data yang tingkatan validasinya tinggi.

Apabila hal tersebut kita lakukan, maka penelitian yang sedang kita lakukan bisa tergolong asli. Kriteria rumusan masalah sebaiknya diteliti permasalahaannya, sebab dalam melakukan penelitian sudah pasti memerlukan beberapa hal yang diperhatikan. Baik itu uang, waktu, tenaga, perlengkapan sarana serta prasarana, dan lainnya.

Setelah kita mengetahui akan hal-hal diatas, kita bisa merumuskan masalah penelitian itu. Ketika kita sudah yakin akan masalah yang akan dipilih untuk dilakukan penelitian. Kita bisa menjadikan judul atau tema hasil rumusan masalah tersebut. Berikut beberapa kriteria rumusan masalah penelitian yang harus kita penuhi kriterianya:

  1. Rumusan masalah dibuat dalam bentuk pertanyaan.
  2. Rumusan masalah dibuat  dengan padat, jelas, serta bisa dipahami orang lain.
  3. Rumusan masalah mengandung unsur data yang mampu mendukung dalam penilitian pemecahan masalah.
  4. Rumusan masalah yang dibuat adalah dasar dalam membuat suatu kesimpulan sementara.
  5. Masalah yang dibuat menjadi dasar untuk judul penelitian masalah.

Catatan: Suatu penelitian tidak akan dianggap layak apabila didalam penelitian tersebut data yang akan dibutuhkan tidak cukup tersedia.

C. Fungsi Rumusan Masalah

Contoh Rumusan Masalah

Berita Dan Informasi Terbaru

Di dalam sebuah penelitian untuk eksperimen, makalah atau penulisan karya ilmiah lainnya, pastilah selalu disertai dengan rumusan masalah yang harus ada. Karena rumusan masalah memiliki beberapa fungsi untuk melakukan sebuah penelitian eksperimen, makalah atau penulisan karya ilmiah lainnya. Beberapa fungsi dari rumusan masalh tersebut yaitu:

  1. Sebagai pendorong dalam suatu kegiatan penelitian, karena dengan adanya rumusan masalah terdapat pertanyaan masalah yang hendak dilaksanakan untuk diselesaikan.
  2. Sebagai pedoman untuk fokus dalam penentuan arah kegiatan ilmiah, yag juga bisa dilakukan pengembangan pada saat benar-benar terlaksananya penelitian.
  3. Sebagai penentu jenis data yang hendak dikumpulkan pada penelitian nanti.
  4. Kita bisa menjadi tahu akan data-data apa saja yang relevan untuk di jawab atas rumusan masalah yang telah ditentukan.
  5. Untuk mempermudah kita saat menentukan sampel serta populasi yang akan digunakan untuk mengambil data.

D. Jenis Bentuk-bentuk Kelompok Rumusan Masalah

Contoh Rumusan Masalah

secarik cerita

Bentuk-bentuk kelompok dalam rumusan masalah bisa dikelompokkan dalam bentuk rumusan masalah deskriptif, kompratif, serta asosiatif. Berikut bentuk-bentuk kelompok dalam rumusan masalah yang bisa kita ketahui.

I. Rumusan Masalah Deskriptif

Rumusan masalah deskriptif merupakan rumusan masalah yang pertanyaannya saling berhubungan satu sama lain. Dengan adanya satu variabel atau adanya lebih variabel yang berdiri sendiri. Sehingga di dalam penelitian-penelitian ini tidak membuat dan mencari perbandingan antara variabel itu dengan sampel penelitian yang lain.

Tujuan rumusan masalah dalam bentuk deskriptif ini bertujuan agar mendeskripsikan bahkan menjelaskan akan masalah yang terjadi. Pada saat penelitian dengan adanya solusi serta jawaban atas segala pertanyaan yajng ada pada rumusan masalah tersebut.

Contoh Rumusan Masalah Deskriptif:

Contoh Rumusan Masalah Dalam Makalah Penelitian Skripsi Karya Ilmiah

http://lenterahidup.net/

 

II. Rumusan Masalah Komparatif

Rumusan masalah komparatif merupakan rumusan masalah yang ada pada sebuah proses penelitian. Dengan membandingkan adanya satu variabel bahkan dua atau lebih dengan sampel yang berbeda.

Atau bahkan membandingkannya dengan waktu yang berbeda. Dalam penulisan rumusan masalah komparatif ini biasanya berkaitan dengan perbandingan antara dua sampel penelitian. Yang biasa dikenal dengan sebutan variabel-variabel berbeda.

Contoh Rumusan Masalah Kompratif:

Contoh Rumusan Masalah Dalam Makalah Penelitian Skripsi Karya Ilmiah

http://lenterahidup.net/

III. Rumusan Masalah Asosiatif

Rumusan masalah asosiatif merupakan rumusan masalah penelitian yang memiliki sifat serta tujuan. Untuk menanyakan hubungan antara dua variabel bahkan lebih pada suatu sampel penelitian. Dalam rumusan masalah asosiatif terdapat tiga bentuk hubungan rumusan masalah asosiasif, hubungan tersebut yaitu.

  1. Hubungan Simetris, merupakan hubungan rumusan yang menunjukkan akan suatu hubungan antara variabel yang timbul dengan bersamaan. Contoh Rumusan Masalah Asosiasif Hubungan Simetris

    Contoh Rumusan Masalah Dalam Makalah Penelitian Skripsi Karya Ilmiah

    http://lenterahidup.net/

  2. Hubungan Kausal, merupakan hubungan rumusan masalah yang menggambarkan hubungan dengan memeiliki sifat sebab akibat. Pada hubungan ini terdapat variabel independent serta variabel dependent. Contoh Rumusan Masalah Asosiasif Hubungan Kausal

    Contoh Rumusan Masalah Dalam Makalah Penelitian Skripsi Karya Ilmiah

    http://lenterahidup.net/

  3. Hubungan Interaktif, atau di sebut hubungan timbal balik merupakan rumusan masalah dengan meyatakan atau menjelaskan akan hubungan yang saling mempengaruhi. Dengan tanpa diketahui akan mana variabel independent dan variabel dependentnya.  Contoh Rumusan Masalah Asosiasif Hubungan Interaktif

    Contoh Rumusan Masalah Dalam Makalah Penelitian Skripsi Karya Ilmiah

    http://lenterahidup.net/

E. Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian dalam pembuatan tulisan karya ilmiah sendiri adalah untuk menguraikan atau menjelaskan dengan lengkap atau secara spesifik akan tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan penelitian tersebut. Dengan maksud-maksud yang terkandung dalam kegiatan penelitian tersebut baik yang utama ataupun yang tambahan, harus di uraikan degan jelas.

Agar mempermudah kita dalam menuliskan tujuan penelitian yang kita lakukan tersebut, maka kita harus menghubungkan tujuan penelitian tersebut dengan masalah yang akan dibuat. Yaitu dengan rumusan yang berupa beberapa kalimat-kalimat pertanyaan.

F. Contoh Rumusan Masalah

Contoh Rumusan Masalah

http://lenterahidup.net

Berikut beberapa contoh-contoh rumusan masalah berupa video, teks dan gambar yang bisa kita pelajari bersama. Semoga bisa bermanfaat untuk kita dalam pembuatan karya ilmiah yang kita lakukan.

Video Tentang Rumusan Masalah:

1. Pengertian Rumusan Masalah Dan Contoh Rumusan Masalah.

2. Rumusan Masalah Dan Klasifikasi Penelitian

Teks 1 Contoh Rumusan Masalah: TUGAS CONTOH RUMUSAN MASALAH

BIDANG KESEHATAN

Nama               : Itsuga

NIM                 : 12.71.13719

Mata Kuliah   : Metodelogi Penelitian

 

Deskriptif

  1. Seberapa efektifkah kebijakan dan pelayanan Puskesmas Keliling di Kecamatan Ngariboyo Kota Magetan?
  2. Seberapa tinggi apresiasi dan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Puskesmas Keliling?
  3. Seberapa besar tingkat kepedulian pelayanan Puskesmas Keliling untuk masyarakat di Kecamatan Ngariboyo Kota Magetan?
  4. Seberapa besar manfaat Puskesmas Keliling untuk kesehatan masyarakat di Kecamatan Ngariboyo Kota Magetan?

Komparatif

  1. Apakah ada perbedaan kinerja antara pegawai swasta dan negeri di RSUD Lentera Hidup Kota Magetan ? (satu variabel, dua sampel).
  2. Apakah ada perbedaan kedisiplinan dan kemampuan kerja antara pegawai negeri dan swasta di RSUD Lentera Hidup Kota Magetan? (dua variabel, dua sampel)
  3. Apakah ada perbedaan profesionalitas antara pegawai negeri dan swasta di RSUD Lentera Hidup Kota Magetan? (satu variabel, dua tiga sampel).

Asosiatif

  1. Apakah ada pengaruh dari besarnya gaji pegawai dengan prestasi kerja di RSI PKU Muhammadiyah Kota Magetan? (Hubungan Kasual)
  2. Apakah ada hubungan antara layanan dengan pasien di RSI PKU Badrussalam Kota Magetan? (Hubungan Simetris)
  3. Apakah ada hubungan antara motivasi dari dokter terhadap kesembuhan pasien di RSI PKU Badrussalam Kota Magetan. (Interaktif)

Konparatif Asosiatif

  1. Apakah ada perbedaan antara air minum isi ulang dengan air minum yang direbus bagi kesehatan masyarakat di Desa Balegondo?
  2. Apakah ada perbedaan pelayanan yang diberikan oleh dokter umum dan dokter spesialis di RSUD Lentera Hidup Kota Magetan?

 

PENJELASAN MACAM-MACAM METODELOGI PENELITIAN

Penelitian Deskriptif

Penjelasan pengertian penelitian deskriptif ialah salah satu cara penelitian dengan menggambarkan serta menginterpretasi suatu objek sesuai dengan kenyataan yang ada, tanpa dilebih-lebihkan. Penelitian deskriptif sering disebut sebagai noneksperimen, dikatakan demikian karena penelitian ini seseorang yang meneliti tidak melakukan manipulasi variabel dan juga selalu mengutamakan fakta, sehingga peneliti ini murni menjelaskan dan menggambarkannya.

Penelitian Komparatif

Metode komparatif atau analisis komparatif adalah suatu cara pengelohan data yang dilakukan dengan cara mengadakan perbandingan secara sistematis dan terus-menerus sehingga diperoleh kesimpulan yang umum.

Penelitian Asosiatif

Penelitian asosiatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh ataupun juga hubungan antara dua variabel atau lebih. Penelitian ini mempunyai tingkatan tertinggi dibandingkan dengan diskriptif dan komparatif karena dengan penelitian ini dapat dibangun suatu teori yang dapat berfungsi unguk menjelaskan, meramalkan dan mengontrol suatu gejala.

Hubungannya bisa simetris, kausal, atau interaktif. Hubungan simetris  adalah hubungan anatara dua variabel yang bersifat sejajar, sama. Hubungan kausal adalah hubungan yang  bersifat sebab-akibat. Salah satu variabel (independen) mempengaruhi variabel yang lain (dependen). Hubungan interaktif adalah hubungan antar variabel yang saling mempengaruhi.

Teks 2 Contoh Rumusan Masalah:

Judul Skripsi: Upaya Untuk Meningkatkan Komunikasi Lisan Lewat Penguasaan Konten Simulasi Kepada Murid Kelas IV SDIT Badrussalam Magetan Tahun Pelajaran 2016-1017

Rumusan Masalah: Sesuai dengan uraian diatas bisa disimpulkan masalah dalam tindakan penelitian bimbingan dan konseling ialah sebagai berikut: “Apakah penguasaan konten dengan teknik simulasi bisa meningkatkan kemampuan komunikasi lisan pada murid kelas IV SDIT Badrussalam Magetan tahun 2016-2017?”

Tujuan Penelitian:

Tujuan yang ingin dicapai di dalam penelitian ini ialah:

  1. Mendiskripsikan dan menjelaskan tentang ketrampilan komunikasi lisan setelah mendapatkan layanan penguasaan konten murid kelas IV SDIT Badrussalam Magetan tahun pelajaran 2016-1017.
  2. Meningkatkan ketrampilan konselor dalam memberikan layanan penguasaan konten dengan menggunakan teknik simulasi sebagai meningkatkan kemampuan komunikasi murid kelas IV SDIT Badrussalam Magetan tahun pelajaran 2016-2017.

Contoh Gambar Rumusan Masalah:

Contoh Rumusan Masalah Dalam Makalah Penelitian Skripsi Karya Ilmiah

Contoh Rumusan Masalah Dalam Makalah Penelitian Skripsi Karya Ilmiah

Contoh Rumusan Masalah Dalam Makalah Penelitian Skripsi Karya Ilmiah

http://lenterahidup.net/

Dengan kita mengetahui akan cara serta contoh penulisan rumusan masalah yang baik dan benar. Bisa membantu kita untuk melaksanakan penulisan karya tulis yang berupa makalah, penelitian, eksperimen atau bahkan dalam bentuk tulisan ilmiah lainnya. Untuk contoh lebih lengkapnya dalam bentuk proposal dan makalah, lihat di contoh rumusan masalah akuntansi dan biologi.

Demikian penjelasan atau pengertian rumusan masalah dan contoh rumusan masalah yang bisa kita pelajari. Semoga bisa bermanfaat bagi kehidupan kita dalam membuat sebuah tulisan karya ilmiah. Jangan lupa untuk like dan share ke teman-teman yang lain ya, supaya lebih bermanfaat dan berguna lagi.

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!