Doa Setelah Sholat Hajat Khusus Mutajab Dan Artinya Serta Keutamaannya

Doa Setelah Melakukan Sholat Hajat – Assalamuallaikum Warohmatullohi Wabarokatu, pada kesempatan kali ini kita akan belajar akan bacaan doa setelah sholat Hajat dan manfaat keutamaan waktu sholat Hajat. Sholat Hajat sendiri merupakan sholat sunnah yang di gunakan untuk meminta hajat kepada Allah agar hajat kita cepat untuk dikabulkan.

Doa Setelah Sholat Hajat

Doa Setelah Sholat Hajat

Di dalam sholat Hajat, ada doa khusus yang bisa kita panjatkan kepada Allah SWT setelah kita melakukan sholat Hajat. Dan dengan doa itu dan dengan kesungguhan serta ketulusan kita semua hajat kita bisa terkabulkan.

1. Fadhillah Keutamaan Sholat Hajat

Doa Setelaah Sholat Hajat

About Islam

Di dalam ajaran agama Islam sholat Hajat merupakan sholat sunnah muakad yang memiliki banyak manfaat serta keutamaan didalamnya. Salah satu keutamaan dari sholat Hajat yaitu untuk sarana memohon dan meminta kepada Allah akan hajat kita agar jepat terkabulkan. Allah SWT berfirman di dalam Al-quran surat Al-Baqarah ayat 153.

Doa Setelaah Sholat Hajat

lenterahidup.net

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”

Dari ayat tersebut bisa kita simpulkan bahwasannya, melalui sholat Hajat semua keinginan kita mustahil untuk tidak terwujud. Tergantung dari keimanan, ketulusan dan keikhlasan kita dalam beribadah dan menjalani hidup. Dan Allah SWT pasti akan mengabulkan segala doa yang benar-benar dibutuhkan oleh umatnya.

Dengan sholat Hajat Allah SWT akan menyingkirkan semua hal yang menyulitkan kita dalam mencapai sesuatu hal yang baik. Pasti ada beragam jenis akan keinginan hajat dari tiap-tiap manusia. Ada yang ingin segera untuk mendapatkan jodoh, pekerjaan dan lain sebagainya.

Selain itu juga keutamaan dari sholat Hajat adalah balasan dari Allah SWT untuk kita yang balasannya adalah berupa surga. Seperti yang disebutkan di dalam hadits riwayat Imam Bukhari dan Musilim. Bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bertanya kepada Bilal, selesainya Beliau melaksanakan sholat Subuh, yang isinya seperti berikut.

“Wahai Bilal, apakah amalan yang selalu kamu kerjakan dalam Islam, sehingga saya selalu mendengar suara sendalmu di surga”.

Bilal kemudian menjawab : “Tidak pernah saya melaksanakan sesuatu yang saya harapkan kebaikannya, selain setelah saya bersuci ketika malam atau siang hari, saya menunaikan shalat sebanyak yang bisa saya kerjakan”. (HR. Imam Bukhari d an Muslim)

2. Waktu Untuk Sholat Hajat

Doa Setelaah Sholat Hajat

pria-sedang-berdoa

Sebenarnya tidak ada ketentuan kapan kita harus sholat Hajat, yang berarti kita bisa melakukan sholat Hajat kapan saja siapmaupun malam. Namun jangan mengerjakan sholat Hajat di waktu-waktu yang memang dilarang untuk melakukan sholat.

Yang pertama Waktu Syuruq yang merupakan waktu matahari mulai terlihat terbit sampai setinggi tombak. Waktu syuruk biasanya berlangsung sekitar 15 menit di waktu paki setelah Subuh. Waktu Zhahirah, merupakan waktu dimana posisi matahari di tengah langit dengan ciri saat kita berdiri bayangan kita tepat dibawah kaki.

Waktu zhahirah berlangsung pada saat sebelum waktu akan tiba sholat Dzuhur. Yang ketiga adalah waktu ketika matahari akan mulai terbenam sampai terbenam semuanyanya. Waktu ini terjadi beberapa saat kuranglebih 15 menit sebelum waktu sholat Maghrib datang.

Dari berbagai pendapat para ulama, bahwa sholat hajatini baik dikerjakan pada saat sepertiga malam terakhir. Yaitu pada saat jam 01.00 pagi sampai pada saat subh mulai tiba. Karena di waktu tersebut memiliki banyak keutamaan apabila dibandingkan dengan waktu-waktu yang lainnya.

3. Doa Setelah Sholat Hajat

Doa Setelaah Sholat Hajat

Doa Setelaah Sholat Hajat

Ada doa yang bisa kita panjatkan apabila telah selesai melaksakan sholat. Tetapi sebelum kita melantunkan doa tersebut sebaiknya kita terlebih dahulu beristighfar 100x. Kemudian dilanjutkan bersholawat, wirid dan berdzikir sebanyak 100x. Baru di akhiri dengan doa, berikut salah satu doa setelah sholat Hajat dengan bahasa arab, tulisan latin dan artinya.

Doa Setelaah Sholat Hajat

lenterahidup.net

Artinya: Tiada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut serta Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji untuk Allah, Tuhan seluruh alam. Kepada-Mu-lah aku meminta sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada setiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa dari pada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang.

Dalam melakukan sholat Hajat menurut riwayat Wahiib Ibnu Al-Ward ia mengatakan. Bahwa doa yang dikabulkan merupakan doa seorang hamba yang melakukan sholat hajat 12 rakaat. Dan pada setiap rekaatnya ia setelah membaca surat Al-Fatihah dianjurkan membaca ayat kursi dan surat Al-Ikhlas.

Doa Setelaah Sholat Hajat

lenterahidup.net

Demikian doa setelah sholat Hajat yang bisa saya bagikan, semoga apa yang saya bagikan ini bisa bermanfaat bagi saya maupun teman-teman sekalian. Baca juga doa setelah sholat sunnah lainnya yang bisa kita pelajari dan amalkan, Wassalamuallaikum Warohmatullohi Wabarokatu.

Sebelumnya Doa Setelah Sholat Tahajud       Selanjutnya Doa Setelah Sholat Jenazah

 

Comments (2)

  1. Alris 5 November 2016

Leave a Reply

error: Content is protected !!