Doa Setelah Sholat Tarawih Bacaan Kamilin Dan Arti Lengkap Keutamaannya

Bacaan Doa Setelah Sholat TarawihAssalamuallaikum Warohmatullohi Wabarokatuh, sholat tarawih atau taraweh merupakan sholat sunnah yang dilaksanakan hanya saat pada bulan Ramadhan. Di dalam kata Tarawih memiliki artian dalam bahasa arab yaitu “waktu sesaat untuk istirahat”.

Doa Setelah Sholat Tarawih

http://lenterahidup.net/

Sholat tarawih sendiri memiliki hukum dalam agama Islam yaitu sunnah muakkad. Yang berarti sholat tarawih boleh dilaksanakan dengan berjamaah maupun dilaksanakan secara sendiri. Sesuai dengan apa yang dipraktekan dalam melaksanakan sholat Tarawih pada umumnya dilaksanakan sebanyak 8 rakaat supaya tidak memunculkan keberatan.

Dan sedangkan pada masa Khalifah Umar Bin Khattab, menunaikan sholat tarawih sebanyak 20 rakaat dan di tambah 3 rakaat sholat witir. Karena pada masa itu banyak pendapat bahwasannya orang-orang Isalam pada masa itu tidak merasa keberatan melaksanakannya.

A. Fadhilah Keutamaan Sholat Tarawih

Doa Setelah Sholat Tarawih

http://lenterahidup.net/

Di dalam sholat tarawih sendiri memiliki banyak fadhilah keutamaah di dalamnya yang bisa kita amalkan pada saat di bulan Ramadhan. Beberapa fadhilah keutamann yang berada di dalam sholat sunnah tarawih yaitu.

1. Keutamaan Sholat Tarawih Mendapat Ampunan Dosa

Dengan melaksanakan sholat tarawih kita bisa mendapat ampunan dosa dari Allah SWT atas dosa-dosa yang pernah kita lakukan terdahulu. Di dalam hadits Bukhori nomer 37 dan hadits riwayat Muslim nomer 759 menyatakan bahwa Rasulullah pernah bersabda.

Doa Setelah Sholat Tarawih

http://lenterahidup.net/

Yang diartikan dalam qiyam Ramadhan yaitu sholat tarawih seperti yang disampaikan oleh An Nawawi. Hadits ini menunjukkan kalau shalat tarawih sanggup menggugurkan dosa melalui syarat karena iman. yaitu membenarkan pahala yang telah dijanjikan oleh Allah serta mencari pahala dari Allah, bukan disebabkan riya’ maupun alasan yang lainnya.

Yang diartikan “pengampunan dosa” dalam hadits tersebut yaitu sanggup meliputi dosa besar serta dosa kecil sesuai dengan tekstual hadits. Seperti yang telah dijelaskan oleh Ibnul Mundzir. tetapi An Nawawi menyatakan bahwa yang diartikan pengampunan dosa tersebut merupakan khusus sebagai dosa kecil.

2. Keutamaan Ganjaran Sholat Tarawih

Dalam melaksanakan shalat tarawih dengan dilaksanakan bersama imam, ganjarannya seperti melaksanakan shalat semalaman penuh. Berdasarkan riwayat dari Abu Dzar, bahwa Rasulullah SAW pernah mengumpulkan sahabat serta keluarganya. Kemudian Rasul bersabda.

Doa Setelah Sholat Tarawih

http://lenterahidup.net/

perihall tersebut adalah anjuran kepada umat Muslim supaya melaksakan sholat tarawih dengan cara berjamaah di Masjid. Dan melaksanakannya dengan mengikuti imam.

3. Keutamaan Sholat Tarawih Dilakukan Berjamaah

Di dalam sholat tarawih sendiri merupakan sholat sunnah yang sutama-utamanya sholat. Para ulama Hanabilah atau para ulama yang mengikuti madzhab Hambali mengutarakan bahwasannya. Sholat sunnah yang paling utama ialah sholat yang dilaksanakan dengan cara berjamaah.

Sebab sholat seperti tersebut hampir memiliki kemiripan serupa dengan sholat fardhu. Lalu sholat yang lebih utama lagi yaitu sholat rowatib, sholat rowatib merupakan sholat yang mengiringi sebelum maupun sesudah sholat fardhu.

Kemudian sholat yang lebih ditekankan lagi untuk dilaksanakan secara berjamaah yaitu sholat kusuf atau biasa yang disebut sholat gerhana.

4. Keutamaan Sholat Tarawih Dalam 30 Hari Dalam 1 Bulan Ramadhan

  1. Malam tarawih pertama, dosa-dosa yang ada pada orang beriman akan keluar atau dihapuskannya seperti pada hari baru dilahirkan.
  2. Malam tarawih kedua, akan dihapuskannya dosa-dosa kedua orangtuanya apabila kedua orang tuanya beriman.
  3. Malam tarawih ketiga, dari bawah Arsy para malaikat memanggil, mulailah melaksanakan amal, Semoga Allah mengampuni dosa-dosamu yang telah lalu.
  4. Malam tarawih keempat, pahalanya akan seperti orang yang telah embaca kitab Taurat, Injil, Zabur dan Al-Furqan/Al-quran.
  5. Malam tarawih kelima, diberikannya oleh Allah SWT bagaikan orang yang melaksanakan sholat di Masjidil Haram, Madinah serta Aqsha.
  6. Malam tarawih keenam, diberikannya pahala bagaikan orang yang telah melaksanakan Thawaf mengelilingi baitul Makmur. Serta bebatuan meminta memohonkan ampunan untuknya.
  7. Malam tarawih ketujuh, bagaikan telah bertemu dengan Nabi Musa AS atas kemenangannya dengan Firaun dan Haman.
  8.  Malam tarawih kedelapan, diberikannya bagi yang melaksanakan sholat tarawih seperti apa yang telah diberikan kepada Nabi Ibrahim AS.
  9. Malam tarawih kesembilan, seakan-akan telah melakukan ibadah kepada Allah SWT seperti Rasulullah SAW.
  10. Malam tarawih kesembilan, diberikannya rezeki oleh Allah SWT kepadanya tentang kebaikan dunia dan akhirat.
  11. Malam tarawih kesebelas, dihapuskannya dosa seakan dirinya baru keluar seperti hari kelahirannya dari rahim ibunya.
  12. Malam tarawih keduabelas, disaat hari kiamat ia akan datang bagaikan bulan di malam purnama.
  13. Malam tarawih ketigabelas, disaat hari kiamat ia akan datang dengan aman akan keburukan.
  14. Malam tarawih keempatbelas, datangnya malaikat untuk menyaksikannya dalam melaksanakan sholat tarawih. Dan nanti pada hari kiamat, Allah tidak akan menghisabnya.
  15. Malam tarawih kelimabelas, bershalawat kepadanya para malaikat.
  16. Malam tarawih keenambelas, ditetapkannya oleh Allah SWT kepadanya kebebasan dari api neraka lalu dimasukkannya ke dalam surga.
  17. Malam tarawih ketujuhbelas, diberikannya pahala bagaikan pahalanya para Nabi.
  18. Malam tarawih kedelapanbelas, para malaikat memanggil dengan meridhoinya dan orangtuanya.
  19. Malam tarawih kesembilanbelas, diangkatnya ia ke Surga Firdaus.
  20. Malam tarawih keduapuluh, diberikan kepadanya pahala para syuhada serta orang-orang sholeh.
  21. Malam tarawih keduapulusatu, dibangunkannya oleh Allah SWT sebuah rumah yang berasal dari cahaya di surga.
  22. Malam tarawih keduapuluhdua, disaat hari kiamat dia akan datang dengan rasa aman dari segala kesulitan serta kecemasan.
  23. Malam tarawih keduapuluhtiga, dibangunkannya sebuah kota oleh Allah SWT di durga untukya.
  24. Malam tarawih keduapuluhempat, terkabulkannya 24 macam doa.
  25. Malam tarawih keduapuluhlima, diangkatnya darinya akan siksa kubur.
  26. Malam tarawih keduapuluhenam, diangkatkan kepadanya oleh Allah SWT, seperti halnya pahala 40 ulama.
  27. Malam tarawih keduapuluhtujuh, pada saat melewati Shiratul Mustaqim pada hari kiamat ia bagaikan kilat yang menyambar.
  28. Malam tarawih keduapuluhdelapan, diangkatnya ia ke 1000 derajat saat di surga.
  29. Malam tarawih keduapuluhsembilan, diberikannya ganjaran untuknya sebanyak 1000 hujjah atau argumentasi yang bisa diterima.
  30. Malam tarawih ketigapuluh, diberikannya makanan buah-buahan di surga, mandi dari air Salsabil serta minum dati telaga Kautsar.

Sangat mulia akan keutamaan dalam melakukan sholat tarawih yang cuma bisa dilakukan dibulan Ramadhan. Betapa baiknya apabila sebagai umat muslim pada saat di dalam bulan Ramadhan tidak melewatkan satupun sholat tarawih.

B. Doa Setelah Sholat Tarawih

Doa Setelah Sholat Tarawih

http://lenterahidup.net/

Sesuai dengan apa yang telah diketahui bahwasannya saat mempraktekkan shalat tarawih ada yang melakukannya sebanyak 8 rakaat. Dan ada juga yang melaksankannya sebanyak 8 rakaat, kemudian setelah selesai melaksanakannya biasanya imam membacakan doa Kamilin.  Doa Kamilin merupakan doa setelah sholat tarawih baru setelah itu di lanjutkan dengan sholat witir.

Berikut ini lafadz akan doa setelah sholat tarawih atau biasa disebut doa kamilin dengan bahasa arab serta terjemahnya.

Doa Setelah Sholat Tarawih

http://lenterahidup.net/

Doa Setelah Sholat Tarawih

http://lenterahidup.net/

Ya Allah, jadikanlah kami pada malam yang mulia dan diberkahi ini tergolong orang-orang yang bahagia dan diterima amalnya, dan janganlah Engkau jadikan kami tergolong orang-orang yang celaka dan ditolak amalnya, Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya atas penghulu kita Muhammad, keluarga beliau dan shahabat beliau semuanya, berkat rahmat-Mu, oh Tuhan, Yang Paling Penyayang di antara yang penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.
Demikian akan bacaan doa kamilin doa setelah sholat tarawih yang bisa kita hafalkan dan amalkan. Biasanya pada saat bulan puasa Ramadhan di dalam pengurus masjid membagi tugas khusus seperti salah satunya membacakan doa kamilin. Dengan hafal doa kamilin doa setelah sholat tarawih ini kita bisa tidak akan kawatir lagi apabila mendapat bagian untuk membaca doa setelah sholat tarawih.
Doa Setelah Sholat Tarawih

http://lenterahidup.net/

Semoga apa yang saya bagikan ini akan menjadi manfaat untuk menjadi lebih baik bagi saya khususnya dan bagi teman-teman semua. Semoga apa yang kita lakukan penuh dengan keimanan dan penuh keberkahan dari Allah SWT. Baca juga kumpulan doa setelah sholat sunnah lainnya, Wassalamuallaikum Warohmatullahi Wabarokatu.

Sebelumnya Doa Setelah Sholat Jenazah       Selanjutnya Doa Setelah Sholat Witir

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!