Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap Dengan Arab, Latin, Arti dan Keutamaannya

Bacaan Doa Setelah Tahajud-Assalamuallaikum Warohmatullohi Wabarokatu, kali ini saya akan membagikan tentang doa setelah sholat Tahajud. Teman-teman semua pasti sudah tidak asing lagi dengan sholat Tahajud, dan pastinya sudah hafal dan tahu akan cara melakukan sholat Tahajud.

Doa Setelah Sholat Tahajud

IOU Blog – Islamic Online University

Pada kesempatan ini, saya akan membahas tentang bacaan doa setelah sholat Tahajud dengan bahasa arab, latin dan artinya. Di dalam melakukan sholat Tahajud banyak sekali keutamaan dan manfaatnya bagi kita yang mau mengerjakannya dengan khusyuk dan sungguh-sungguh. Dan jangan lupa untuk berdoa.

1. Fadhillah Keutamaan Sholat Tahajud

Doa Setelah Sholat Tahajud

merodja

Pesan untuk Shalat Sunnah Tahajud sesuai pada Hadist Nabi Muhammad SAW yang berkata, “Perintah Allah Turun ke langit dunia pada saat waktu sepertiga yang akhir dari waktu malam hari.Kemudian berseru : Adakah orang–orang yg meminta (Berdoa) niscaya tentu Aku kabulkan. Orang yang meminta, tentu niscaya kuberi dan orang memohon ampunan, niscaya akan Aku ampuni untuknya, sampai datang waktu sholat subuh.”

Doa Setelah Sholat Tahajud surat-al-isra-79

lenterahidup.net

Bisa kita simpulkan pada hadist Nabi Muhammad SAW dan kandungan ayat surat Al-Isra ayat 79 tersebut. Bahwa akan dikabulkannya semua permintaan atau doa yang dipanjatkan setelah melakukan Sholat Tahajud. Serta diampuni semua dosa-dosa saat memohon ampunan setelah melakukan Sholat Tahajud kepada Allah SWT.

2. Waktu Untuk Sholat Tahajud

Doa Setelah Sholat Tahajud

www.reddit.com

Sholat Tahajud merupakan sholat sunnah yang dilakukan pada saat malam hari, dengan rekaat paling sedikit 2 rakaat dengan satu salam. Dan untuk jumlah maksimalnya tidak terbatas untuk dikerjakan, sesuai, keikhlasan, kekhusyukan, kemampuan dan kesungguhan yang di setiap 2 rekaatnya terdapat salam.

Waktu untuk sholat tahajud pada malam hari itu, yaitu pada waktu seusai waktu dan seusai mengerjakan sholat Isya sampai menjelang subuh. Walaupun sehabis Isya, namun untuk melakukan sholat sunnah Tahajud harus tidur telebih dahulu. Yang berarti baru bisa dikerjakan ketika sesudah bangun tidur selepas Isya.

Waktui-waktu yang utama untuk melaksanakan sholat sunnah tahajud dibagi menjadi 3 waktu sepanjang malam. Waktu yang pertama yaitu sepertiga malam pertama, sekitar jam 20.00 sampai jam 22.00 malam yang merupakan waktu utama.

Waktu yang kedua yaitu sepertiga malam kedua, sekitar jam 22.00 malam sampai jam 01.00 pagi yang merupakan waktu yang lebih utama. Waktu yang ketiga adalah sekitar jam 01.00 pagi sampai masuknya waktu subuh sekitar jam 03.30-04.00 pagi, waktu ini merupakan waktu yang paling utama untuk melakukan sholat Tahajud.

3. Doa Setelah Sholat Tahajud

Doa Setelah Sholat Tahajud

lenterahidup.net

Dari banyaknya fadhilah keutamaan sholat Tahajud, salah satunya adalah dengan terkabulkannya doa-doa yang kita sampaikan. Maka dari itu untuk para teman-teman yang rutin melaksanakan sholat tahajud sebaiknya berdoa yang baik-baik dengan khusyuk.

Teman-teman sekalian jangan bingung tentang bagaimana bacaan doa setelah sholat Tahajud. Karena pada kesempataan kali ini kita akan mempelajari secara bersama-sama akan doa setelah sholat sunnah Tahajud. Berikut bacaan doa setelah sholat Tahajud berupa bahasa arab, latin dan artinya.

lenterahidup.net

lenterahidup.net

Artinya: “Wahai Allah! Milik-Mu lah semua puji. Engkaulah penegak serta pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah semua puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah semua puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah semua puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu merupakan benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, serta hari kiamat itu benar(ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dengan-Mu lah ku hadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang sudah ku lakukan dan yang (mungkin) akan ku lakukan, yang ku rahasiakan dan yang ku lakukan dengan terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya dari pada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu serta Engkaulah Yang Maha Terakhir. tidak ada Tuhan selain Engkau, dan tidak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”
Memang cukup lumayan panjang akan ayat doa bacaan setelah sholat Tahajud, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghafal. Namun apabila kita baca dengan berulang-ulang dan istiqomah insya’allah akan lebih cepat terhafal karena terbiasa.
Teman-teman sekalian juga bisa menambahkan doa-doa lain seusai membaca doa tersebut. Seperti doa memohon untuk memintakan ampunan untuk orang tua, saudara-saudara, anak eturunan maupun teman-temannya. Meminta keselamatan untuk dunia dan akhirat,
Doa Setelah Sholat Tahajud

lenterahidup.net

Demikian bacaan doa setelah sholat tahajud yang bisa saya sampaikan kepada teman-teman sekalian.  Semoga apa yang saya bagikan ini bisa menjadi bahan pelajaran untuk saya maupun teman-teman semua. Sehingga bisa bermanfaat untuk kehidupan kita saat di dunia maupun saat di akhirat.

Baca juga kumpulan doa setelah sholat sunnah, Wassalamuallaikum Warohmatullohi Wabarokatu.

Sebelumnya Doa Setelah Sholat Dhuha       Selanjutnya Doa Setelah Sholat Hajat

 

No Responses

Leave a Reply

error: Content is protected !!