Ini Dia! 7 Lokasi Wisata Terpopuler di Kediri

Jika masyarakat Jawa Barat mengenal Sumedang sebagai Kota Tahu, maka di Jawa Timur, Kota Tahu, ya Kediri. Kota penghasil tahu kuning yang kenyal, atau yang biasa disebut Tahu Poo ini memiliki sejumlah lokasi wisata yang layak untuk Anda kunjungi.

Akses menuju Kediri pun cukup mudah. Sebab, kawasan ini dilalui jalur kereta api dengan rute yang cukup banyak.

Untuk pemesanan tiket kereta api, Anda bisa memanfaatkan Aplikasi Kereta Api di Google Play buatanTraveloka Indonesia.

Tidak hanya melayani pemesanan tiket kereta, Traveloka bahkan juga bisa mengakomodasi kebutuhan menginap Anda selama berada di Kediri. Anda bisa memilih berbagai pilihan hotel menarik dengan harga dan fasilitas yang beragam.

Setelah sampai di stasiun kereta api Kediri, Anda bisa segera melanjutkan perjalanan menuju lokasi-lokasi wisata terpopuler berikut ini.

7 Lokasi Wisata Terpopuler di Kediri

  1. Gunung Kelud

Lokasi Wisata Terpopuler di Kediri

Gunung Kelud – Infotempatwisataterbaru.com

Selain Merapi, salah satu gunung teraktif di Pulau Jawa adalah Gunung Kelud. Gunung yang pernah meletus pada tahun 2014 ini memiliki pemandangan yang begitu menawan. Anda bisa menyaksikan deretan gunung-gunung dengan warna hijau dan abu-abu, serta sisa-sisa aliran lava yang membentuk sungai pasir di bagian bawah gunung.

Berada di ketinggian, kawasan wisata Gunung Kelud juga memiliki hawa yang cukup dingin. Selama perjalanan menuju ke lokasi, Anda akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan dari pepohonan dan perkebunan di sekitar Gunung Kelud.

Kawasan wisata ini juga memiliki sebuah museum yang menyajikan berbagai koleksi foto serta deskripsi peristiwa letusan yang pernah terjadi selama ratusan tahun.

Ada juga sebuah ruang teater yang menyajikan film tentang panorama alam sekitar Gunung Kelud, kondisi masyarakat sekitar, hingga peristiwa meletusnya gunung tersebut.

  1. Simpang Lima Gumul

Lokasi Wisata Terpopuler di Kediri

Simpang Lima Gumul – Wisatajawatimur.com

Salah satu ikon terpopuler di Kota Paris adalah Monumen Arc de Triomphe. Namun jika belum berkesempatan ke sana, Anda bisa menggantinya dengan berkunjung ke Monumen Simpang Lima Gumul (SLG).

Monumen yang menyerupai ikon Kota Paris tersebut terletak di Desa Tugurejo, Kediri. Monumen SLG memiliki 6 lantai dengan ketinggian 25 m dan luas 804 m2. Ukuran tersebut disesuaikan dengan hari jadi Kabupaten Kediri, yakni 25 Maret 804 M.

Di Monumen SLG, Anda bisa melihat berbagai pahatan yang menampilkan seni dan budaya Kediri. Apabila naik ke lantai teratas, Anda bisa menyaksikan panorama cantik yang berupa area persawahan hijau di sekitar monumen, serta pemandangan Kota Kediri dari kejauhan. Sementara untuk memasuki monumen, Anda bisa melewati lorong panjang yang terhubung dengan tempat parkir.

  1. Air Terjun Dolo

Lokasi Wisata Terpopuler di Kediri

Air Terjun Dolo – Mday.info

Air terjun yang terletak di Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri ini berada di lereng Gunung Wislis. Air terjun cantik ini memiliki karakteristik dengan tebing batu yang cukup tinggi, yakni sekitar 80 m.

Untuk mencapainya, Anda harus melewati kawasan hutan yang asri dengan hawa yang cukup dingin. Selama perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan yang memukau dari panorama hijau di sekitar hutan.

  1. Gua Selomangleng

Lokasi Wisata Terpopuler di Kediri

Gua Selomangleng – Jelajah-nesia.blogspot.com

Gua Selomangleng dahulu merupakan tempat persembunyian Putri Raja Kediri yang bernama Dewi Kilisuci, yang melarikan diri dari lamaran seorang pangeran buruk rupa dari Banyuwangi.

Kini, gua tersebut ramai dikunjungi wisatawan karena selain bentuknya yang unik, Gua Selomangleng juga memiliki cerita yang menarik.

Berbeda dari gua-gua pada umumnya yang terbuat dari batuan kapur, Gua Selomangleng berasal dari batu andesit yang berwarna hitam, keras, dan kedap air.

Di sana, Anda tidak akan menemukan stalaktit atau stalagmit, tetapi ada beberapa pahatan batu atau relief yang bisa Anda saksikan di bagian dalam dan luar gua.

  1. Sumber Ubalan

Lokasi Wisata Terpopuler di Kediri

Sumber Ubalan – 1001wisata.com

Lokasi wisata Sumber Ubalan berada di kawasan hutan lindung di daerah Mojoroto Kediri. Dahulu, masyarakat mengunjungi tempat tersebut karena di sana terdapat sebuah mata air dengan kolam yang sangat jernih.

Namun kini, Sumber Ubalan kini sudah dikembangkan menjadi sebuah taman wisata keluarga. Tempat wisata ini tidak hanya menyuguhkan wisata mata air, tetapi juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti: kolam renang, taman bermain anak, kolam pemancingan, panggung hiburan, dan taman yan dihiasi bungan danĀ rumput taman yang asri di dalam hutan lindung.

  1. Kediri Waterpark

Lokasi Wisata Terpopuler di Kediri

Kediri Waterpark – Tekooo.com

Jika ingin merasakan sensasi meluncur di salah satu wahana terpanjang di Asia, silakan datang ke Kediri Waterpark. Di sana, Anda juga bisa menikmati berbagai permainan air di beberapa kolam berbagai ukuran dan kedalaman.

Tidak hanya itu, Kediri Waterpark juga menyediakan beragam jenis permainan non-air, seperti: gajah terbang, bianglala, komedi putar, dan wahana helikopter.

Untuk menuju ke sana, Anda bisa berkendara sejauh 5 km ke arah barat Terminal Kediri. Kawasan wisata seluas 6 hektar ini berada di Jalan Raya Pagung, Kecamatan Semen, Kediri.

  1. Gua Maria Pohsarang

Lokasi Wisata Terpopuler di Kediri

Gua Maria Pohsarang – Sebuahcatatanpetualangan.com

Gua Maria Lourdes yang terletak di Desa Pohsarang ini merupakan lokasi wisata religi, khususnya bagi Anda para pemeluk Agama Katolik. Di sana, ada bangunan gereja dengan bentuk bangunan unik yang merupakan perpaduan gaya arsitektur Hindu-Buddha, beberapa tempat berdoa, taman yang asri, serta ruang serbaguna.

Kediri mempunyai berbagai lokasi wisata menarik yang bisa Anda kunjungi, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata religi. Jadi, sudah siapkah Anda menjelajahi Kota Tahu ini?

Leave a Reply