145 Kenangan Terindah Pada Generasi 90an, Awas! (Bikin Mata Menangis)

145 Kenangan Terindah – Pada kesempatan kali ini kita akan bernostalgia dengan kenangan terindah cerita indah pada kenangan generasi 90an. Karena sekarang jarang sekali kita temui baik itu film, permainan, jajanan, lagu, alat komunikasi, kebiasaan dan juga alat transportasi jaman dulu yang pernah kita ketahui dan lalui.

Kenangan Terindah

Sebagai generasi pada jaman 90an terkadang kita pada suatu waktu merasakan kerinduan akroadan cerita kenangan terindah pada masa kecil yang pernah dilalui. Karena waktu yang memang begitu cepat berlalu, sehingga kita merasa ingin kembali lagi pada jaman-jaman dulu pada waktu kecil itu.

Untuk melepaskan kerinduan kita dalam cerita kenangan terindah saat masa kecil yang pernah kita lalui dulu. Berikut ini kita akan menikmati nostalgia bersama kenangan terindah kita, bagi yang tidak kuat jangan menangis sedih melihatnya, nikmatin.


A. Kenangan Terindah Film Jaman Dulu

Untuk kita yang merupakan generasi 90an, masih ingat tidak dengan film-film kenangan terindah kita yang sering kita tonton di televisi?. Ini ada banyak kumpulan film-film kenangan terindah kita yang bisa membuat mata menangis sedih. Serasa ingin kembali ke masa-masa yang pernah kita lalui dulu.

1. Film Gundam

Kenangan Terindah

Film Gundam adalah serial film anime dari Jepang buatan Yoshiyuki Tomino serta Hajime Yatake yang diproduksi Sunrise Inc. Film Gundam pertama kali di rilis di Jepang pada tanggal 7 April 1979 sampai 26 Januari 1980.

Serial Film Gundam sendiri tidak populer ketika pertama kali ditayangkan, bahkan film ini malah diberhentikan sebelum serialnya selesai. Mulanya Gundam memiliki 52 episode, namun dipotong sampai 39 episode oleh para sponsor film ini. Termasuk juga oleh para pembuatan mainan film ini.

Namun para staff bernegosiasi dengan mereka, sehingga akhirnya mendapat satu bulan tambahan dengan menamatkan 43 episode. Kemudian Bandai menerima lisensi dari pembuatan mecha film ini.

Lalu banyak hal yang berubah dengan signifikan setelah diperkenalkan beberapa model Gundam milik mereka. Kepopuleran Gundam pun merangkak naik dengan laris terjual, bahkan film Gundam sampai diulang dalam bentuk teater yang berisikan kompilasi 43 episode film Gundam.

Para audiens saat itu berharap akan tayangan robot raksasa kemudian menemukan Mobile Suit Gundam. Yang merupakan pertama kali sebuah karya anime yang menggunakan genre baru yang bersifat real robot.

Kemudian Mobile Suit Gundam ditayangkan pada jaringan televisi satelit yang menawarkan anime ke seluruh Jepang, sebelum untuk ditayangkan ke Hongkong, Asia tenggara, Selatan, latin serta beberapa benua negara lainnya.

2. Film Inuyasha

Kenangan Terindah

Film Inuyasha adalah film anime yang berasal dari negara Jepang karya dari Rumiko Takahashi, Urusei Yatsura, Maison Okkoku dan juga Ranma terbitan Shugakukan. Arti dari judul Inuyasha sendiri adalah Inu berarti anjing dan yasha berarti siluman.

Film Inuyasha merupakan film anime buatan Jepang yang bergenre shonen yang berisi petulangan, romantis, dengan unsur komedi dan horor. Didalam film Inuyasha menceritakan tentang petualangan Inuyasha dengan teman-temannya yang mencari Shikon No Tama.

Selain mencari Shikon No Tama di dalam film Inuyasha juga berisi petualangan Inuyasha dan sesshoumaru yang akan mengalahkan Naraku.

3. Kartun Hamtaro

Kenangan Terindah

Hamtaro adalah program film kartun program acara televisi untuk anak-anak yang menceritakan petualangan Hamtaro dan teman-temannya.

4. Film Digimon

Kenangan Terindah

Di dalam Film Digimon, Digimon adalah singkatan dari Digital Monster yang berasal dari negara Jepang. Digimon merupakan karya dari Akiyoshi Hongo. Film Digimon sendiri dirilis pertama kali pada tanggal 26 Juni 1997 oleh perusahaan Bandai.

Di dalam film Digimon terdapat makhluk-makhluk monster yang unik dengan berbagai bentuk, tingkah dan jurus serangan. Digimon sendiri merupakaan salah satu film anime dari Jepang yang cukup sukses dan populer pada masanya.

5. Film Detective Conan

Kenangan Terindah

Detektif Conan adalah film manga dari Jepang yang bergenre manag detektif karya dari Gosho Aoyama. Film Detektif Conan sudah dipublikasikan sejak tahun 1994 di majalah mingguan Shonen Sunday sampai November 2015 yang berkumpul 86 volume.

Kemudian cerita detektif conan tersebut beradaptasi menjadi film animasi yang diproduksi TMS Entertainment dan Yomiuri telecasting Corporation Jepang.

Di dalam film Detektif Conan menceritakan tentang seorang Shinchi Kudo yang merupakan seorang detektif di sekolah menengah atas. Shinchi Kudo memiliki badan yang kecil karena efek dari sebuah racun dari sindikat misterius.

Shinchi Kudo usianya 17 tahun, ia selalu membantu polisi untuk memecahkan berbagai kasus kejadiaan masalah. Shinchi Kudo menyembunyikan identitasnya dengan mmenyamarkan namanya menjadi Conan Edogawa.

6. Film P-Man

Kenangan Terindah

Film kartun P-Man adalah serial acara televisi buatan negara Jepang yang pertama kali di tayangkan di TVRI pada tanggal 11 Maret 1987. Di dalam cerita film kartun P-man menceritakan seorang super hero yang bernama Bird Man yang tinggal disalah satu planet untuk mengawasi dan menjaga alam semesta.

Kemudian Bird Man mengutus Mitsuo seorang anak yang masih duduk di kelas 4 sekolah dasar dari Bumi untuk menjaga keamanan Bumi. Kemudian Mitsuo di beri topeng dan jubah agar mendapatkan kekuatan untuk menjaga keamanan bumi.

Dalam menjalankan tugasnya menjaga keamanan Bumi Mitsuo dibantu temannya. Yaitu Kabao, Sabu dan Mican yang merupakan gadis cantik  yang disukai Masao. Masao juga memiliki adik bernama Ganko yang mempercayai bahwa P-Man adalah kakaknya Masao, namun Ganko tidak bisa membuktikannya.

7. Kartun Kobo Chan

Kenangan Terindah

Kobo Chan merupakan film kartun yang menceritakan cerita komik yang berasal dari negara Jepang. Kobo Chan terbit di Indonesia pada tanggal 2 januari 2000 yang diterbitkan oleh Elex Media Komputindo.

Di dalam film kartun Kobo Chan menceritakpan tentang seorang anak yang berusia 5 tahun bernama Kobo Tabata yang tinggal di rumah sederhana di Tokyo Jepang. Disana ia tinggal bersama kedua orangtuanya, kakek neneknya, dan juga pamannya.

8. Kartun Chibi Maruko Chan

Kenangan Terindah

Chibi Maruko Chan adalah film kartun yang diambil dari manga yang populer karangan dari Momoko Sakura. Film kartun Chibi Maruko Chan rilis sejak tanggal 7 januari 1990.

Chibi Maruko Chan sendiri merupakan nama panggilan tokoh utama yang berupa anak berusia 9 tahun kelas 3 sekolah dasar. Di dalam kisahnya terdapat tema komedi dalam kehidupan sehari-hari anak sekolah yang berdasarkan akan pengalaman dari pengarangnya.

9. Film Ninja Hatori

kenangan terindah

Film Ninja Hatori adalah film kartun yang berasal dari serial manga dari negara Jepang karya Fujiko Fujio. Film Ninja Hatori pertama kali tayang pada tanggal 7 Juli 1997.

Di dalam cerita film Ninja Hatori menceritakan seorang anak bernama Kenichi Mitsuba yang berusia 10 tahun yang merupakan anak biasa menjalani hari-harinya pergi ke sekolah untuk belajar.

Ia berteman dan tinggal bersama seorang ninja kecil bernama Hattori Kenzo yang kemudian menjadi dari bagian keluarga. Hattori membantu Kenichi dalam berbagai hal yang dihadapinya.

10. Film One Piece

kenangan terindah

Film One Piece adalah film anime yang diambil dari cerita manga karya dari Eiichiro Oda yang sudah dimulai komiknya sejak tahun 1997 di Shonen Jump terbitan Shueisha. Film One Piece sendiri telah tayang di tv pada oktober 1999.

Isi cerita dari film One Piece menceritakan tentang sekelompok bajak laut yang dipimpin oleh Monkey D Luffy. Untuk mencari sebuah harta karun yang legendaris bernama One Piece.

Luffy tidak sengaja memakan buah Gomu-gomu yang merupakan salah satu buah iblis, sehingga menjadikan tubuhnya elastis menjadi seperti  karet. Luffy mmenggunakan tubuhnya itu menjadi kekuatan untuk melawan musuh yang beragam saat perjalannya mencari harta karun legendaris itu.

11. Kartun Ninja Boy

kenangan terindah

Film Ninja Boy sendiri sebenarnya bernama Nintamma Rantarou yang diterbitkan oleh NHK dari Jepang sebagai program pendidikan serta hiburan. Ceritanya diambil dari sebuah manga berjudul Rakudai Ninja Rantarou karya dari Amako Soubee.

Film Ninja Boy telah tayang pertama kali pada 10 April 1993. Isi cerita dari film Ninja Boy sendiri menceritakan Rantarou seorang anak lelaki yang berkacamata dengan rambut merah memasuki sebuah Ninjutsu Gakuen/Sekolah Ninja.

Rantarou berusaha untuk menjadi seorang ninja yang elit agar tidak seperti ayahnya yang hanya menjadi ninja biasa serta miski. Di Ninjutsu Gakuen rantarou bertemu dengan Kirimaru dan Shinbei.

12. Film Pokemon

kenangan terindah

Film Pokemon merupakan film kartun anime yang berasal dari negara Jepang. Nama Pokemon sendiri berasal dari kata Poketto Monsuta yang artinya Pocket Monster, Pokemon sendiri telah masuk di Indonesia sejak tahun 2001.

Film Pokemon ini menceritakan seorang anak muda bernama Satoshi Tajiri bersama teman-temannya yang berambisi untuk menjadi Pokemon Master. Satoshi memilih Pikachu untuk menjadi Pokemon pertamanya sebagai partner dalam team.

13. Ge Ge Ge No Kitaro

kenangan terindah

Ge Ge Ge No Kitaro adalah film yang di ambil dari sebuah cerita manga yang diciptakan pada tahun 1959 oleh seniman manga Shigeru Mizuki. Serial manga ini memperkenalkan dan mempopulerkan makhluk pada cerita rakyat Jepang yang biasa disebut Yokai.

Sejak tahun 1968 Ge Ge Ge No Kitaro telah beberapa kali di adaptasi menjadi anime, film dan video game. Asli judul cerita Ge Ge Ge No komoitaro adalah hakaba No Kitaro yang memiliki arti Kitaro dari Makam. Kisah tersebut merupakam kisah rakyat Jepang yang sudah ada pada awal abad 20an.

14. Bakabon

kenangan terindah

The Genius Bakabon atau Re Re no Tensai Bakabon merupakan judul dari film manga karya dari Fujio Akatsuka yang mengisahkan anggota keluarga bakabon yang aneh. Bakabon pertama kali muncul pada tahun 1967 dan di siarkan pada tahun 1971.

Dalam cerita Bakabon merupakan seorang anak yang mempunyai papa yang Papa Bakabon sendiri sering melakukan hal aneh dan gila tanpa alasan. Karena ada yang salah pada kepalanya akibat kecelakaan yaang pernah dialami. Walaupun begitu Papa bakabon merupakan orang yang baik.

15. Kartun Powerpuff Girl

kenangan terindah

The Powerpuff Girl merupakan serial kartun yang berasal dari Amerika Serikat karya dari Craig Mc Cracken. Kemudian diproduksi oleh Hanna Barbera dan Cartoon Network.

Pertama kali ditayangan film kartun The Powerpuff Girl pada tahunn 2000. Di dalam film kartun ini mengisahkan tiga orang gadis yang berjuang untuk melawan musuh yang mencoba untuk mengacaukan Townsville.

16. Film Satria Baja Hitam

kenangan terindah

Satria Baja Hitam merupakan seriscooal acara televisi karya Shotaro Ishinomori dari Toei negara Jepang. Judul asli Satria Baja Hitam adalah Kamen Rider Black atau bahasa Jepangnya Kamen Raida Burakku.

Serial film superhero ini pertama kali ditayangkan pada tahun 1993 di RCTI kemudian di ulang lagi pada tahun 2004 sampai 2006 di indosiar. Pemeran utama pada film hero ini adalah Tetsuo Kurata yang memerankan karakter utama Black.

Dalam cerita Ksatria Baja Hitam, ia memiliki badan baja dengan bentuk seperti serangga berwarna perak dan hitam dengan membawa satan Saber/Pedang Setan. Selain itu ia juga mempunyai kendaraan belalang tempur untuk beraksi melawan musuh-musuhnya.

17. Film Saint Saiya

kenangan terindah

Saint Saiya/Seinti Saiya merupakan film kartun anime karya Masami Kurumada yang kemudian diproduksi oleh Toei Animation negara Jepang. Arti Saint Saiya adalah Kesatria-kesatria Zodiak.

Pertama kali di tayangannya film animasi ini di TV Asahi Jepang pada tanggal 11 Oktober 1986 dan kemudian di siarkan pertama kali di Indonesia pada tanggal 1987.

Di dalam film kartun animasi Saint Saiya ini menceritakan 5 pendekar yang mempunyai kekuatan sesuai pelindung/armor tubuh yang disebut cloth. Cloth sendiri berasal dari rasi bintang pada masing-masing pemiliknya.

Sehingga pada setiap Saint Saiya memiliki kekuatan khusus yang disebut cosmo. Para Saint Saiya diberi tugas untuk melindungi Saori Kido yang merupakan renkarnasi dari Dewi Athena yang dulunya berada di Sanctuary. Tempat para Saint Saiya mengabdi pada Athena.

18. Film Astroboy

kenangan terindah

Film Astroboy adalah film kartun animasi yang berasal dari negara Jepang karya dari Osamu Tezuka yang kemudian diterbitkan oleh Kobunsha/Kodansha. Dalam bahasa Jepan Astroboy bernama Tetsuwan Atomu.

Astroboy sendiri merupakan seri cerita film anime yang ditulis pada tahun 1952 sampai tahun 1968. Kemudian pertama kali ditayangkan di Indonesia pada tahun 1963, lalu di tayangkan kembali dengan versi baru pada akhir tahun 1990.

Dalam film kartun anime Astroboy menceritakan tentang tokoh utama Astroboy yang mmerupakan sebuah robot manusia yang memiliki sifat yang rendah hati dan suka menolong seperti manusia. Dia hidup bersama Dokter Tenma yang merupakan kepala bidang pengetahuan dalam membuat robot.

dokter Tenma merupakan pencipta dari robot Astroboy sendiri, Dokter Tenma membuat robot Astroboy berbentuk seperti manusia untuk mengenang anaknya Tobio yang telah tiada.

19. Robo Kabutaku

kenangan terindah

Robo Kabutakku adalah karya dari Shotaru Ishinomori dan Saburo Yatsude dari Toei negara Jepang. Robo Kabutaku yang beranama B Robo Kabutakku merupakan film serial Metal hero yang pertama kali tayang di TV Asahi jepang pada tanggal 23 Februari 1997.

Film ini menceritakan tentang sekumpulan robot yang berbentuk binatang seperti Kumbang, Lebah, Ular dan lainnya. Mereka saling bersaing agar bisa mengabulkan segala jenis permintaan.

20. Film Ultraman

kenangan terindah

Ultraman/Urotaramen adalah film pahlawan super karya dari Eiji Tsuburaya produksi dari Tsuburaya Productions negara Jepang yang tokoh utamanya yaitu Ultraman. Ultraman sendiri ditayangkan pertama kali di Jepang pada tanggal 17 Juli 1996 di channel TBS.

Dalam kisah awal film Ultraman, Utraman sedang mengejar monster bernama Bemular. Tetapi Ultraman bertabrakan dengan sebuah pesawat tempur dari pesawat luar angkasa bernama SSIT yang berasal dari bumi.

Di dalam pesawat tempur tersebut terdapat pilot bernama Shin Hayata yang hampir saja terbunuh karena kejadian itu. Karena merasa bersalah pada saat kritis itu akhirnya Ultraman memutuskan untuk membagikan energinya dengan Shin Hayata agar  tetap bertahan hidup.

Kemudian Ultramen hidup bersatu dengan Shin Hayata dengan menetap di bumi. Di saat itu ketika monster mencoba untuk menyerang bumi Shin Hayata berubah menjadi Ultramen. Yang dibantu dengan alat yang bernama Beta Capsule yang selalu disimpan pada sakunya.

21. Film Doraemon

kenangan terindah

Doraemon adalah film anime managa yang sangat populer karanga dari Fujiko F Fujio pada tahun 1969 kemudian diterbitkan oleh Shogakukan.

Dalam film Doraemon menceritakan kehidupan seorang anak kelas lima yang pemalas bernama Nobita yang bertemu robot kucing bernama Doraemon. Doraemon merupakan robot kucing yang datang dari abad ke 22 yang dikirim untuk menolong Nobita.

Nobita selalu mendatangi Doraemon untuk meminta bantuan apabila nilai ulangannya jelek serta setelah diganggu Giant dan Suneo. Dan Doraemon pun sering membantu Nobita dengan peralatan-peralatan yang canggih pada kantong ajaib miliknya.

22. Film Dragon Ball

kenangan terindah

Dragon Ball atau Dragon Boru adalah film anime manga dari Jepang karangan Akira Toriyama pada tahun 1984 sampai tahun 1995. Kemudian diterbitkan pertama kali oleh Shueisha.

Didalam cerita Dragon Ball menceritakan seseorang bernama Goku yang sonmejalani hidup sendirian di tengah gunung. Goku selalu bertemu dengan Bulma yang merupakan seorang gadis cantik yang genius.

Mereka berusaha untuk mengumpulkan 7 kristal bola naga yang tersebara si penjuru Dunia. Bola tersebut berwarna jingga yang terdapat pola bintang didalam kristal bola naga tersebut.

Jika berhasil mengumpulkan ketujuh kristal bola naga tersebut maka kemudian akan muncul dewa naga yang bisa mengabulkan seluruh keinginan apa saja termasuk menghidupkan orang mati.

Di dalam perjalanan untuk mencari kristal bola naga, Goku dan Bulma mendapatkan rintangan dalam perjalanannya. Mereka selalu dihalangi oleh musuh-musuh sehingga harus bertarung dalam memperebutkan kristal bola naga tersebut.

23. Film Power Rangers

kenangan terindah

Power Rangers adalah acara serial tv yang bertemakan superhero yang berasal dari negara Jepang. Pertama kali ditayangkannya Power Rangers pada tahun 1993 oleh FOx Kids. Di Indonesia sendiri Power Rangers pertama kali tayang pada tahun 1995.

Di dalam film Power Rangers sendiri menceritakan sekelompok superhero yang beranggotakan 5 samapai 6 orang yang berusaha menjaga Bumi.

24. Film Let’s and Go

kenangan terindah

Let’s and Go atau Bakuso Kyodai Let’s and Go adalah film manga anime karangan Tetsuhiro Koshita dari Jepang. Kemudian di terbitkan oleh Shogakukan. Film ini pertama kali muncul di tv Indonesia pada tanggal 8 September 2002 sampai 18 September 2005.

Dalam film Let’s and Go menceritakan sebuah balapan mobil mini 4 WD yang terkenal dengan sebutan Tamiya. Tokoh utama pada film manga Jepang ini adalah Retsu Seiba dan Go Seiba yang merupakan adik kakak.

Retsu berumur 11 tahun yang biasa memakai topi warna hijau sebagai ciri khasnya namun ia menyukai warna merah. Mobil tamiya 4 WD miliknya adalah Sonic. Sedangkan Go Seiba adalah karakter kedua yang bberumur 10 tahun biasa menggunakan aksesoris berwarna biru. Mobil Tamiya 4 WD miliknya adalah Magnum.

25. Film Sailor Moon

kenangan terindah

Pretty Soldier Sailor Moon atau Bishojo Senshi Sera Mun adalah judul film terkenal karya seniman manga dari Jepang bernama Naoko Takeuchi. Film ini diterbitkan pertama kali oleh Kodansha.

Di dalam film anime ini menceritakan kepahlawanan 5 orang gadis yang memiliki kekuatan super dai berbagai macam elemen alam. Mereka berjuang untuk melawan berbagai musuh dari kegelapan dan memiliki misi untuk mencari putri bulan dan kristal perak.

26. Kera Sakti

kenangan terindah

Kisah film Kera Sakti yang telah dikenal luas selama ini sebenarnya berasal dari cerita novel klasik China yang berjudul Journey to the West yang baru pertama kali terbit ketika zaman Dinasti Ming pada abad ke-16. Sebagai salah satu novel bentuk klasik yang berpengaruh dalam kesastraan China, Journey to the West pun juga sering diadaptasikan menjadi beberapa film panjang. Dan alhasil, karakter pada Kera Sakti sebagai si Raja Kera menjadi semakin populer.

27. Film Keluarga Cemara

kenangan terindah

Film Keluarga Cemara adalah sebuah sinetron yang ditayangkan pertama kali pada tanggal 6 oktober 1996 dan tamat pada tanggal 29 Agustus 2004. Sinetron ini produksi dari Asmo Production.

28. Film Si Doel Anak Sekolahan

kenangan terindah

Film Si Doel Anak Sekolahan adalah sinetron dari Indonesia yang pertama kali di tayangkan pada televisi pada tahun 1994. Film Si Doel Anak Sekolahan di sutradarai dan dibintangi oleh artis Rano Karno yang berperan sebagai Doel.

Di dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan ini menceritaan tentang kisah kehidupan Doel dan keluarganya. Keluarga si Doel adalah keluarga yang mempertahankan tradisi Betawi walau berada di tengah-tengah arus perkotaan serta modernisasi.

29. Film Jin dan Jun

kenangan terindah

Jin dan Jun adalah acara sinetron pada tayangan televisi Indonesia yang pertama kali tayang pada tahun 1996. Produksi dari Multivision Plus yang di sutradarai Raam Punjabi.

Di dalam film Jin dan Jun menceritakan kisah persahabatan antara manusia dan jin. Pertama kali pertemuannya Jun/Junaidi yang berperan adalah Sahrul Gunawan menemukan sebuah botol di pantai laut kidul.

Karena Jun penasaran kemudian ia membuka botol tersebut kemudian secara tiba-tiba muncul Jin dari dalam botol tersebut. Karena merasa telah dibebaskan oleh Jun kemudian si Om Jin mengabdi kepada Jun.

30. Tuyul dan Mbak Yul

kenangan terindah

Tuyul dan Mbak Yul adalah judul sinetron dalam acara sinetron televisi Indonesia yang sudah tayang sejak tanggal 1 April 1997. Film ini di sutradarai oleh Arizal dan produsernya raam Punjabi kemudian Produser Eksekutifnya Raakhee Punjabi.

Dalam cerita Tuyul dan Mbak Yul menceritakan Ucil yang merupakan tuyul yang insaf. Tetapi karena Ucil insaf dan ingin melakukan kebaikan Ucil selalu dikejar-kejar oleh algojo yang diutus raja tuyul.

Perjalanan dalam kisah Tuyul dan Mbak Yul berlanjut sampai Ucil bertemu dengan Yulia atau yang akrab disapa Mbak Yul. Dan kemudian ucil tinggal bersama Mbak Yul dirumahnya.

31. Panji Manusia Milenium

kenangan terindah

Panji Manusia Milinium adalah acara sinetron pada tayangan televisi Indonesia yang pertama kali tayang pada tahun 1999. Film Sinetron Panji Manusia Milenium merupakan film produksi Multivision Plus yang di sutradarai oleh Shahad Sharan.

Dalam film Panji Manusia Milenium tokoh utamanya adalah Primus Yustisio yang berperan sebagai Panji yanng merupakan tokh superhero.Panji sendiri adalah sosok seorang pemuda yang baik yang mengelola sebuah panti asuhan.

32. Saras 008

kenangan terindah

Saras 008 adalah acara film sinetron pada tayangan acara televisi Indonesia yang pertama kali tayang pada tahun 1998. Film sinetron Saras 008 diproduksi oleh Rapi Film.

Film Saras 008 menceritakan sebuah superhero wanita yang berusaha menjaga kedamaian dunia untuk melawan musuh jahat yang mencoba menghancurkan dunia. Musuh utama dalamm sinetron Saras 008 adalah Mister Black.

33. Film Boboho

kenangan terindah

Kalian juga pasti kangen juga sama film-film yang di perankan oleh Boboho karena kelucuan dan keluguan pada perannya. Berikut ini judul-judul film yang dulu diperankan oleh Boboho.

Grandpa’s Love (1994), Shaolin Popey (1994), Shaolin Popey II Messy Temple (1994), Ten Brothers (1995), Trouble Maker (1995). China Dragon (1995), Super Mischieves (1995), Dragon in Shaolin (1996), Adventurous Treasure Island (1996).

The King of Comic (1996), Kid Vs the Cop (1997), Jail in Burning Island (1997), Ninja Kids (1997). Naughty Boys &Soldiers (1997), Me and You and a Girl Named Ugly (1997), Boys Faces The soldier (1998), Faces of Horror (1998).

Heavenly Legend (1999), A Tale of Rascal (1999), Shaolin – Let’s Go (2003), Bed Man (2010), You Are the Apple of My Eye (2011). 

34. Film Si Unyil

kenangan terindah

Si Unyil adalah film pada acara televisi yang sudah tayang pada tanggal 5 April 1981 yang merupakan produksi dari PPFN karya dari Suyadi.

Film ini menceritakantentang anak sekolah yang di targetkan kepada anak-anak. Di dalam fil si unyil sendiri banyak tokoh yang dibuat film boneka pewayangan seperti pak Ogah, pak Raden dan lainnya.

35. Film Kapten Tsubasa

kenangan terindah

Kapten Tsubasa atau Kyaputen Tsubasa adalah film anime tentang sepakbola karangan Yoichi Takahashi yang Kemudian diterbitkan oleh Shueisha. Kapten Tsubasa merupakan film anime yang cukup populer di Indonesia.

Dalam film Kapten Tsubasa menceritakan tentang seorang anak SDyang baru pindah dari kota lain dan kemudian disekolahkan di Sekolah Nankatsu Jepang. Tokoh utamanya adalah Tsubasa yang berkeinginan menjadi pemain sepak bola terbaik.

36. Film Casper

kenangan terindah

Casper adala judul film animasi buatan Amerika Serikat yang menceritakan kehidupan hantu bernama Casper yang memiliki sifat baik. Dia selalu ditentang dan diganggu oleh paman-paman hantunnya ketika membantu atau menolong manusia yang kesulitan.

37. Felix The Cat

kenangan terindah

Felix The Cat adalah film kartun animasi karya dari Pat Sullivan dan Otto Messmer dari Australia. Tokoh utama dalam film ini adalah Felix, si kucing yang memiliki badan berwarna hitam dan putih. Film Animasi ini telah dibuat sejak taahun 1923.

38. Film Tom and Jerry

kenangan terindah

Film kartun animasi Tom and Jerry adalah film kartun produksi MGM yang di sutradarai William Hanna dan Joseph Barbera dari Amerika Serikat. Film animasi kartun ini sudah tayang di televisi sejak tahun 1975.

Film kartun ini dulu telah mendapatkan penghargaan piala Oscar. Dalam filim ini menceritakan seekor kucing yang bernama Tom dan tikus bernama Jerry. Dalam cerita kehidupannya mereka selalu bertengkar dengan aksi yang lucu.

39. Film Hunter X Hunter

kenangan terindah

Hunter X Hunter atau Hanta X Hanta adalah film animasi manga karya dari Yoshihiro Togashi yang kemudian diterbitkan Shueisha dari negara Jepang. Pertama kali tayangnya film ini di siarkan di Fuji TV Jepang pada tanggal 16 Oktober 1999.

Film Hunter X Hunter sendiri menceritakan tentang kehidupan anak lelaki berusia 12 tahun beranama Gon Freecss yang berusaha untuk menemukan ayahnya Ging Freecs.

Ging Freecs merupakan seorang Hunter yang menjadi anggota kelompok dari salah satu anggota kelompok yang elit. Yang merupakan kelompok dengan memiliki berbagai macam izin untuk melakukan apapunn dan dianapun berada.

40. Film Honey Bee Hutch (Hatchy)

kenangan terindah

Honey Bee Hutch merupakan judul film yang menceritakan seekor lebah madu bernama Hatchy yang hidup sebatang kara. Dalam cerita Hatchy berusaha keras untuk mencari Ibunya yang telah lama berpisah dengannya. Di dalam perjalanan untuk mencari Ibunya Hatchy mendapat berbagai tantangan dan rintangan .

41. Looney Tunes

kenangan terindah

Looney Tunes adalah sekumpulan film kartun serial yang mempunyai puluhan episode didalamnya. Film ini merupakan produksi dari Warner Bros milik Walt Disney. Di dalam tokoh film kartun ini banyak sekali yang terkenal seperti Bugs Bunny, Daffy Duck, Porky Pig, Elmer Fudd, Sylvester, Tweety, Marvin The Martianz, Taz, Wile E Coyote dan Road Runner dan lainnya.

42. Film Popeye

kenangan terindah

Popeye si Pelaut adalah film kartun animasi aksi humor dan petualangan yang merupakan karya dari Elzie Crisler Segar sejak tahun 1919. Film Popeye terbitan dari King Features Syndicate pertama kali tayang pada tanggal 17 Januari 1929.

43. Wile E Coyote dan Road Runner

kenangan terindah

Wile E Coyote dan Road Runner adalah tokoh karakter dari seri film kartun looney tunes milik Walt Disney yang berasal dari Amerika. Pertama kali rilis film kartun ini pada tanggal 17 September 1949.

Film ini menceritakan seekor koyote yang berwarna coklat yang selalu mengejar-ngejar Road Runner seekor burung yang memiliki leher dan kaki yang panjang. Namun dalam aksi Koyote mengejar Road Runner selalu saja gagal karena selalu terkena jebakan dan masalah lainnya.

44. Film Sonic

kenangan terindah

Sonic adalah film kartun animasi unggulan yang dirilis dan di produksi oleh TMS Entertainment dan News Corporation dengan bekerjasama bersama SEGA. Film ini tayang perdana pada tanggal 6 April 2003.

Film ini menceritakan tentang sebuah karakter bernama Sonic the Hedgehog yang planet tempat tinggalnya mengalammi ledakan hebat. Sehingga ledakan itu mengakibatkan Sonic dan Dr.Eggman terlempar pada suatu tempat yang asing.

Ketika telah sadar ternyata Sonic berada di tempat terpencil di Bumi dan kemudian ditemukan oleh Christopher Thorndyke. Di Bumi Sonic berusaha untuk menghentikan perbuatan jahat dari Eggman dan Metarex.

45. Film Slam Dunk

kenangan terindah

 

Slam Dunk adalah sebuah film animasi manga karangan penulis Takehiko Inoue dari Jepang. Slam Dunk pertama kali tayang pada tahun 1990 yang diterbitkan oleh Shueisha dan kemudian di terbitkan di Indonesia oleh Elex Media Komputindo.

Dalam Film animasi manga ini menceritakan suatu tim bola basket yang berada di SMA Shohoku. Awal cerita fil animasi ini ketika Hanamachi Sukaragi yang merupakan seorang berandalan yang sudah 50 kali telah ditolak perempuan untuk menjadi pacarnya.

Kemudian ia bertemu dengan Akagi Haruko yang merupakan seorang gadis idamannya yang menganjurkan Sukaragi untuk ikut bergabung dalam tim basket SMA Shohoku. Walaupun agak enggan karena belum memiliki kemampuan untuk bermain basket.

Sakuragi tetap memutuskan untuk ikut bergabung kedalam tim basket SMA Shohoku itu. Sakuragi berusasha agar membuat Akagi Haruko terkesan dengannya dengan mmembuktikan kemampuannya bahwa dia pantas untuk menjadi pacar Akagi Haruko.

46. Film Scooby Doo

kenangan terindah

Scooby Doo adalah film serial animasi untuk anak-anak yang berasal dari negara Amerika Serikat dibuat sejak tahun 1969. Scooby Doo merupakan film karya dari Joe Ruby, Ken Spears dan Iwao Takamoto yang merupakaan produksi Hanna Barbera Productions. namun kemudian dibeli oleh Warne Bross pada tahun 1997.

Film Scooby Doo ini menceritakkan tentang masalah-masalah misteri hantu dan keanehan yang di alami tokoh Scooby Doo yang merupakan anjing. Ia memecahkan segala misteri itu bersama teman-temannya bernama Freddie Jones, Daphne Blake, velma Dinkley, dan Norville Shaggy.

47. Teenage Mutant Ninja Turtles

kenangan terindah

Teenage Mutant Ninja Turtles atau Kura-kura Ninja atau biasa di singkat TMNT atau Ninja Turtles. Adalah cerita karangan tentang 4 ekor mutant kura-kura ninja yang dilatih seorang guru bernama Splinter supaya menjadi pahlawan ninja yang handal.

Mereka tinggal di Manhattaan, disana mereka berjuang untuk melawan berbagai musuh sambil agar tidak diketahui oleh masyarakat umum. Pada tahun 2000 film ini awal kali dirilis dan sangat laris dipasaran.

48. Tazmania

kenangan terindah

Tazmania adalah film animasi karangan dari Art  Vitello yang disutradarai oleh dirinya sendiri. Pertama kali ditayangkannya film ini di Negara Amerika Serikat ABC lalu kemudian tersebar di tv-tv lokal berbagai negara.

Film kartun Tazmania ini merupakan film kartun lelucon yang di tokohkan Taz yang tidak mampu bicara secara nyata dan sempurna. Ia sering berputar-putar dan merusak dinding.

49. Woody Woodpecker

kenangan terindah

Woody Woodpecker adalah film kartun produksi dari Walter lantz yang di distribusikan oleh Universal Pictures. Pada tahun 1940 Woody Woodpecker dibuat oleh Ben Bugs Hardaway di Schlesinger Warner Bros studio.

50. Jigoku Sensei Nube

kenangan terindah

Jigoku Sensei Nube atau jika diartikan Guru Ahli Roh adalah film serial manga yang merupakan karya ciptaan dari Shou Makura dan seniman yang bernama Takeshi Okano. Film animasi ini diterbitkan oleh Shueisha.

Kemudian cerita ini dubuat animasi oleh Toei Animation dan mulai pertama kali di siarkan pada tahun 1996. Film animasi manga ini menceritakan tokoh Nube yang merupakan makhluk supranatural yang berada dalam fenomena misterius.

Dalam cerita sering sekali murid dari Nube mendapatkan konflik dengan makhluk supranatural yang baik maupun yang jahat. Ketika roh jahat itu menyerang, Nube langsung turun tangan untuk mengatasi situasi itu.

51. Film Samurai X

kenangan terindah

Samurai X adalah film animasi manga sebuah karangan karya dari Nobuhiro Watsuki yang dilatar belakangi dari pada masa era Meiji di Jepang. Film ini pertama kali terbit di Indonesia pada tahun 2002 terbitan Elex Media Komputindo.

52. Crush Gear Turbo

kenangan terindah

Crush Gear Turbo atau Geikito! Crush Gear Turbom adalah sebuah judul flim serial anime manga yang diproduksi oleh Sunrise. Film ini pertama kali tayang di Jepang pada tanggal 7 Oktober 2001 dan kemudiann di Indonesia sendiri tayang pada tanggal 26 januari 2003.

53. Kartu Yugioh

kenangan terindah

 

Yugioh atau yang memiliki arti dalam bahasa Indonesia Raja Permainan adalah judul film anime manga karya karangan Kazuki Takahasi pada tahun 1996. Dalam serial ini menceritakan tentang  pertualangan yang dilakukan anak laki-laki bernama Yugi Mutou.

Awal cerita dalam film serial anime manga ini menceritakan bahwa ia belum mempunyai teman sehingga pada suatu hari ia diberi sebuah kotak oleh kakeknya. ternyata dalam kotak itu berisi kepingan puzzle yang antik yang dahulu disebut millenium puzzle.

Setelah beberapa tahun menyusun, akhirnya roh yang ada pada puzzle tersebut keluar dan kemudian merasuki diri Yugi. Sehingga Yugi menjadi memiliki kepribadian yang lain.

54. Film Naruto

kenangan terindah

Naruto adalah sebuah judul film anime manga yang merupakan karya karangan dari masashi Kishimoto. Kemudian film anime manga ini di terbitkan oleh Shueisha pada bulan Agustus 1997.

Dalam cerita film animasi Naruto ini menceritakan seorang tokoh ninja yang bernama Uzumaki Naruto. Tingkahnya sangat hiperaktif, periang serta ambisius ingin mewujudkan menjadi seorang Hokage yang kuatdan cerdas.

55. Baby Huey

kenangan terindah

Baby Huey atau di artikan Bayi Besar ini merupakan judul film kartun karya dari Martin taras produksi paramount Pictures Famous Studios pada tahun 1950. Dala film ini menceritakan kelucuan dan kekocakan Baby Huey.

56. Wiro Sableng

kenangan terindah

Wiro Sableng Pendekar 212 adalah judul sebuah film aksi pada acara tv Indonesia karya karangan dari Bastian Tito. Dalam cerita film Wiro Sableng ini terlahir dengan gemblengan seorang guru yang bernama Sinto Gendeng yang merupakan pendekar sengan senjata kapak maut naga geni 212.

57. Angling Dharma

kenangan terindah

Angling Dharma adalah sebuah kisah dan juga judul dari sebuah acara tayangan tv Indonesia yang mengisahkan tokoh Prabu Angling Dharma. ia merupakan tokoh jawa yang  dianggap sebagai titisan Batara Wisnu.

Dalam kisahnya Prabu Angling Dharma memiliki kemampuan untuk mengetahui bahasa dari berbagia macam binatang. Selain itu juga Prabu Angling Dharma disebutkan sebagai keturunan dari Arjuna yang merupakan tokoh dari Mahabarata.

58. Misteri Gunung Merapi

kenangan terindah

Misteri Gunung Merapi adalah sebuah judul dari film acara sinetron pada tayangan tv Indonesia. Film ini merupakan produksi dari Genta Buana Pitaloka yang ditayangkan pertama kali pada tahun 1999 ampai 2005 di channel siaran Indosiar.

Dalam film ini menceritakan sejarah Mak Lampir yang dikurung di dalam peti mati oleh Kyai Ageng Prayogo utusan Sunan Kudus bertuliskan ayat Alquran. Sunan Kudus diperintah untuk memusnahkan ajaran sesat yang disebarkan oleh Mak Lampir oleh Sultan Raden Fatah.

59. Si Manis Jembatan Ancol

kenangan terindah

Si Manis Jembatan Ancol adalah judul film sinetron acara tv Indonesia yang telah dirilis sejak tahun 1993 yang disutradarai oleh Atok Suharto. Film ini merupakan film cerita legenda dari masyarakat Betawi.

Pada awal cerita film Si Manis Jembatan Ancol ini menceritakan bahwa Mariam Si manis Jembatan Ancol dengan sahabatnya makhluk halus yaitu Karina. Mereka menyelamatkan Gilang yang arwahnya mereka temukan pada saat tubuhnya koma di rumah sakit karena pemmbunuhan oleh Iwan.

Dengan cara yang lucu saat melawan sesama makhluk halus bernama Jin Volker, akhirnya nyawa Gilang berhasil untuk dikembalikan ke tubuhnya dan mampu hidup dengan normal bersama kekasihnya.

60. Warkop

kenangan terindah

Warkop yang sebelumnya bernama Warkop Prambors yang kemudian terkenal dengan Trio DKI merupakan grup lawak yang dibentuk oleh Nanu Mulyono (Nanu), Rudy Badil (Rudy), Wahjoe Sardono (Dono), Kasino Hadiwibowo (Kasino), dan Indrodjojo Kusumonegoro (Indro).

Rudy, Dono, dan juga Kasino merupakan mahasiswa UI Universitas Indonesia di Jakarta. Sedangkan Indro saat itu merupakan mahasiswa Universitas Pancasila di Jakarta. Pertama kali meraih kesuksesan mereka melalui acara Obrolan Santai di Warung Kopi.

Pada acara itu Rudy badil sering berperan menjadi Mr.James dan Bang Cholil, Indro dari Purbalingga menjadi berbagai macam peran seperti Mastowi (Tegal), Paijo (Purbalingga), Ubai atau Anshori.

Kasino yang berasal dari Gombong juga lebih menjadi berbagai macam peran seperti Mas Bei (jawa), Acing/Acong (Tionghoa), Sanwani (Betawi), dan Buyung (Minang). Nanu yanng berasal dari Madiun sering berperan menjadi Poltak (Batak).

Dan sedangkan Dono sendiri berperan menjadi Slamet (Jawa). Banyak sekali karya film yang telah mereka hasilkan yang telah menghibur masyarakat Indonesia.


B. Kenangan Terindah Permainan Jaman Dulu

Untuk Generari 90an apakah kalian masih ingat permainan apa yang pernah kalian mainkan dulu? Permainan yang memiliki kenangan terindah bersama teman kecil sepermainan.

Permainan yang mampumelenakan kita sehingga membuat kita sering di omelin Bapak ataupun Ibu. Di bawah ini berbagai permainan yang mungkin pernah kita mainkan pada waktu kecil dulu yang bisa membuat mata menangis sedih. Karena mengingat waktu yang begitu cepat berlalu.

1. Dam-daman

Permainan dam daman, hampir mirip dengan permaianan catur. setiap pemain harus bergantian menjalankan pionnya, hanya saja yang membedakan permaianan ini dengan catur yaitu permaianan dam daman tidak ada skak mat. Adanya, cuma makan/dimakan, biasanya Anak – anak dalam permainan ini cukup menggunakan kapur kemudian digambarkan di lantai.

Kemudian pemain pertama menggunakan batu dan pemain ke dua menggunakan pecahan genteng agar berbeda. Dalam permainan dam – daman semua pion dapat bergerak sama yaitu maju, mundur, serong dan kesamping. Biasanya untuk dapat memakan lawan yang banyak maka harus mengumpan salah satu pion-nya. Saat di beri umpan maka lawan harus memakan dengan cara melompati musuhnya. Permainan ini yang kalah adalah yang habis pion-nya.

2. Permainan Gangsing

Salah satu permainan tradisional tertua yang ada di Nusantara, permainan gasing dapat dimainkan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Biasanya dilakukan di halaman rumah yang kondisi tanahnya datar dan keras. Permainan gasing dapat dilakukan secara perorangan ataupun berkelompok dengan jumlah pemain yang bervariasi, sesuai dengan kebiasaan di tiap daerah masing-masing.

3. Permainan Kelereng

Permainan kelereng sangat favorit untuk anak cowok pada masa dulu. Permainan kelereng sendiri bisa dimainkan dengan 2 sistem yakni, kompetisi dan hukuman. Kompetisi, mereka yang kalah akan kehilangan kelerengnya. Sementara hukuman, mereka yang kalah akan dihukum oleh pemenang. Biasanya hukumannya berupa dijatuhi kelereng pada tangannya.

4. Permainan Engklek

Permainan Engklek  adalah permainan tradisional di indonesia. Permainan engklek ini sangat baik untuk anak – anak dikarenakan anak akan belajar bersosialisasi dan juga baik untuk kesehatan karena permainan ini cukup banyak gerakan sehingga mengurangi peningkatan obesitas pada anak. Cara bermainya pertama kita menggambar di atas tanah ataupun di jalan.

5. Permainan Masak Masakan Anak Jaman 90an

Waktu kecil memang belum bisa masak, jadi ide apa saja yang ada di fikiran tentang memasak, di tuangkan bersama teman dengan bermaian permainan masak masakan. Lebih banyak permainan ini di mainkan oleh anak perempuan, tapi jangan salah, juga ada anak laki-laki yang memainkan masak masakan.

6. Bekelan

Bila anak wanita zaman saat ini kerap merengek minta beli boneka Barbie, anak wanita dahulu kala merengeknya menginginkan dibelikan bola bekel. Permainan di butuhkan ketangkasan si pemain dalam menangkap bola sekalian membolak-balik biji bekel. Yang bikin seru, bekelan juga mempunyai tingkat level kesusahan. Makin lama pemain bertahan, makin susah tantangan untuk membalikkan biji bekelnya.

7. Permainan Bongkar Pasang

Masih ingat tidak dengan permainan masa kecil kita dulu yang kita kenal dengan permainan bongkar pasang ? Tentu saja sebagian dari kita yang pernah mengecap permainan ini akan selalu ingat bahwa di masa kecil dulu kita pernah memainkannya. Permainan boneka plus baju-baju yang fashionable terbuat dari kertas ini biasanya dimainkan oleh anak perempuan.

8. Permainan ABC

Ini salah satu permainan yang sangat menarik, menghibur, dan juga bisa jadi sarana belajar. Yang terpenting dalam permainan ini adalah teman. Anak-anak jaman dulu kalau lagi ngumpul salah satu yang dilakukan ya mainan ABC 5 Dasar ini. Cara mainnya gampang banget: Tiap anak megang secarik kertas dan pensil/pulpen.

Kertas itu ditulis kategori: Nama Orang, Buah, Negara, dll (terserah kategorinya mau berapa banyak). Setelah itu mulai lah gambreng sambil ngomong,”ABC 5 Daaaasar,” Kemudian hitung total jari yang muncul dari hasil gambreng dan totalnya diurutkan sama huruf. Misalnya ada 10 jari maka huruf yang digunakan adalah J. Cari deh tuh nama orang, negara, dan buah dari huruf J. Setiap anak yang berhasil jawab bakal dapat nilai 100. Kalau ada jawaban yang sama maka setiap anak dapet 50. Seru kan?

9. Permainan Dokter-dokteran

Siapa yang mau jadi Dokter siapa yang mau jadi pasienya, sering kali berebut dalam memilih jadi karakter mana, kalau jadi dokter kita yang mengobati pasienya seperti ala dokter kecil. Kalau jadi pasien ya harus pura-pura sakit biar dapat pertolongan dari dokter kecil, Masih ada tidak ya anak-anak jaman sekarang yang memainkanya,

10. Batu Tumpuk/Nggoinan

Kawan tahukah kalian tentang permainan goin-goinan? Permainan ini, umumnya banyak ditemukan di desa-desa, pedesaan. Dulu, saat saya masih kecil, hampir tiap hari (jika tiba musimnya) saya dan teman-teman yang lain bermain permainan ini. Sebuah permainan yang membutuhkan kegesitan, tenaga, dan kecepatan menata tumpukan genteng atau keramik, dan menghidar dari lemparan bola.

11. Main Sepak Bola

Permaian sepak bola, tentu tidak akan terlewatkan dalam masa kecil dulu, sering sekali bermain sepak bola sama temen-temen baik di sekolahan atau waktu pulang sekolah di sore hari. Permainan sepak bola permainan yang masih populer dari jaman dulu sampai jaman sekarang, masih banyak yang memainkanya..

12. Permainan Gobak Sodor/Galasin

Salah satu permainan tradisional Indonesia, biasanya permainan ini dimainkan pada saat jam istirahat sekolah, atau pada sore hari di lingkungan rumah. Tentu saja permainan yang sangat di gemari dimainkan oleh anak-anak ini bisa juga untuk melatih berbagai kecakapan keterampilan pada diri anak terutama untuk fisik tubuh anak.

13. Permainan Bentengan

Bentengan adalah salah satu permainan anak-anak tempo dulu. Permainan bentengan biasa dimainkan berkelompok dengan lapangan sebagai lokasinya. Perkiraan luas lapangan minimal 10 x 5 meter2. Semakin luas akan membuat anak-anak leluasa bermain secara ramai dan bergembira. Begitu pula anggota permainan ini. Minimal 6 anak yang ikut bentengan. Semakin banyak, lebih seru dan menantang.

14. Petak Umpet

Permainan petak umpet, permainan yang membutuhkan konsentrasi dan trik dalam mencari dan bersembunyi, pemain yang mencari hanya 1 orang saja dan yang lain bersembunyi dengan caranya masing-masing. Permainan yang sangat seru yang bisa dimainkan bersama teman-teman pada waktu kecil dulu.

15. Permainan Karambol

Karambol adalah permainan tradisional atau adopsi dari luar, namun bermain karambol memiliki keasyikan tersendiri bagi saya. Karena banyak kekonyolan yang terjadi ketika bermain karambol, terutama yang menang bisa mencoret muka lawan dengan bedak yang sekaligus berfungsi untuk pelicin koin karambol.

16. Pesawat Kertas/Perahu Kertas/Topeng Kertas

Menyobek-nyobek kertas memang hobi pada saat kecil dulu, buku tinggal tipis gara-gara sering di sobek buat mainan, sering buku tulis kami sobek pada garis tengahnya, dan di buat mainan dari kertas. Seperti pesawat kertas, perahu kertas, topeng kertas, tergantung suasana hati pada saat itu, mau buat yang mana.

17. Lompat Tali 

Mainan lompat tali banyak dilakukan oleh anak perempuan, aturannya kalau melompat, kaki tidak boleh kena tali karetnya. dalam permainan lompat tali kita harus melewati level selutut, sepinggang, hingga setinggi ubun-ubun, ada yang lucu dari permainan ini adalah, munculnya berbagai ‘jurus’ melompat dari teman-teman. Ada yang salto, loncat indah, bahkan ada juga yang seperti lompat batu Nias.

18. Yoyo Kayu

Yoyo kayu adalah permainan jaman dahulu yang perkembangannya semakin meningkat dengan munculnya film kartun yang bertemakan yoyo, tapi di Indonesia sendiri permainan yoyo kayu menjadi permainan favorit.Permainan yoyo kayu banyak dimainkan oleh anak-anak 90 an, terutama anak laki-laki. Saya sendiri termasuk pernah bermain yoyo kayu, kamu pasti mengetahui macam-macam yoyo kayu, ada yang mempunyai bentuk besar dengan beban yang cukup berat.

19. Dakocan

Mainan yang satu ini emang kurang seru kalau cuma sekedar untuk dimenangkan belasan atau puluhan aja. Nggak heran mainan plastik yang berbentuk aneka jenis hewan dan berwarna-warni ini kadang bikin ketagihan. Nggak puas rasanya kalau dakocan yang terkumpul jumlahnya belum ratusan.

20. Permainan Layang-layang

Bermain layang-layang, sangat seru sekali apalagi kalau menerbangkan di lapangan atau sawah, karena tempatnya lebih luas, hal yang paling disenangi pada saat menerbangkan layang-layang adalah ketika layang-layang yang diterbangkan putus. Semua teman yang melihat akan lari untuk berburu layang-layang yang putus itu, siapa yang menemukan terlebih dulu maka itu miliknya.

21. Kapal Air Mainan

Perakitan kapal ini dengan cara dipatri, kemudian dicat dengan kombinasi warna biru-kuning-merah-hijau. Dan mainan ini sangat nasionalis, karena selalu terpasang bendera merah putih. Cara memainkan kapal otok-otok ini yaitu kapal ditaruh di atas baskom yang telah diberi air.

Kemudian isi air dari “knalpot” kapal, lalu nyalakan sumbunya dan tunggu beberapa saat sampai air dalam “tangki” kapal mendidih. Kapal akan segera berjalan dengan bunyi khasnya otok…otok…otok… mengitari keliling waskom. Ada yang unik. Bahan bakar yang digunakan bukan bensin atau solar loh, tapi minyak kelapa/minyak goreng.

22. Lari Pagi/Jalan Pagi

Kalau hari minggu, biasanya udah janjian dulu kalau mau lari pagi atau jalan-jalan, tentuin besok pagi kumpul dimana atau rumah siapa, baru kita berangkat. Tentunya banyak cerita yang bisa di obrolin saat di jalan, itulah keseruan yang bisa dirasakan saat bisa kumpul sama teman, bisa berbagi canda dan tawa bersama.

23. Mobil Tamiya

Memang tak bisa dipungkiri, jika tayangan kartun Let’s & Go yang dulu pernah mengudara di channel RCTI setiap Minggu pagi, sukses merubah mainan anak-anak. Ya, saat itu hampir semua anak-anak memiliki tamiya dengan motif berbeda-beda, mulai dari Sonic, Magnum, Broken G, dan masih banyak lagi.

24. Mainan Tazos

Jajanan yang sangat populer pada jaman dulu, salah satunya adalah Chiki karena di dalamnya terdapat hadiah. Bahkan saking melegendanya, sampai saat ini jajanan yang semacamnya masih disebut “ciki-cikian”. Dan hadiah yang ada di dalam kemasan tersebut adalah Tazos, sebuah kepingan yang bergambar Pokemon, Digimon, dan tokoh kartun lainnya.

25. Permainan Tamagochi

Di dalam game tamagochi, kamu akan disuruh memberi makan minum ‘peliharaanmu’ itu. Selain itu kalau udah kekenyangan pasti akan tertidur atau di ajak main. Meski dengan tampilan yang sangat sederhana, akan tetapi pada saat itu dianggap sudah sangat keren banget, Tamagotchi sukses ‘menghipnotis’ anak-anak.

26. Main Gambar

Hayo siapa yang mau duel kartu sama saya, kartu berbentuk kecil bergambar karakter film / kartoon jaman dulu ini, membuat keseruan tersendiri buat kami anak-anak kecil jaman 90an dulu. Cara main kita bisa ambil satu kartu milik sendiri kemudian kita tos ketangan lawan, siapa yang gambarnya tengkurap maka itu yang kalah.

Hukuman, bagi kalah harus menyerahkan kartu yang digunakan duel tadi, ke teman yg menang, bisa juga dimainkan banyak teman dengan cara. Ambil satu kartu milik sendiri dan terbangkan ke atas, peraturan masih sama dengan yang pertama, kartu yang bertahan menghadap ke atas maka itu yang menang.

27. Permainan Ular-Ularan

Nama sebenarnya saya lupa, hanya cara bermainnya dengan melibatkan banyak anak yang meliuk-liuk seperti ular dan melewati dua orang yang saling berpegangan tangan. Secara acak ada anak yang melewati nya nanti ditangkap dan diberi pertanyaan. Biasanya dimainkan dengan disertai tembang-tembang dolanan.

28. Meriam Bambu

Mainan ini biasanya terbuat dari bambu yang sudah tua dan tebal, agar tahan terhadap ledakan. Biasanya anak-anak desa sering memainkan permainan ini pada saat menjelang buka puasa. Petasan bambu ini berfungsi layaknya meriam, hanya beda bahan pemicunya saja, hasil suara yang di timbulkan lumayan kencang di telinga.

29. Ketapel

Waktu kecil biasanya jika berpetualang mau cari burung, senjatanya ya ketapel ini, Mainan satu ini, terbuat dari batang kayu yang berbentuk Y, dan karet pentil beserta potongan ikat pinggang. Yang menggunakan batu kerikil sebagai pelurunya, cara menggunakanya tinggal tarik ke belakang dan, lepaskan peluru akan meluncur kesasaran.

30. Egrang

Siapa yang pernah menangis gara-gara permainan egrang ini karena tak ada yang membuatkannya? Egrang merupakan permainan dari bambu yang dibentuk seperti bambu panjang dan memilki alas bambu juga. Semakin tinggi alasnya semakin menantang untuk berjalan.

31. Hujan-hujanan

Kalau hujan turun, yang namanya anak kecil senang sekali kalau disuruh main hujan-hujanan, apalagi kalau ada teman yang bisa di ajak main hujan-hujan. Bisa betah lama mainya, lari kesana kesini cari tempat seru buat main hujan-hujan, tidak kenal waktu, berangkat hujan-hujan pulang sekolah, pulang-pulang udah sore.


C. Jajanan Jaman Dulu

Berikut ini nostalgia kenangan terindah terindah kita tentang jajanan anak generasi 90an dahulu kala.

1. Mie Anak Mas

Jajanan yang satu ini memang bikin kangen, kalau soal rasa mungkin biasa saja, tetapi saat sudah dewasa, banyak juga yang kangen dengan mie kering ini, yang di remas dan di taburi bumbu serbuk di dalamnya. Saat ini, jajanan, anak mas masih diproduksi, meski rasa dan bentuk kemasan sudah berbeda dari waktu kecil dulu.

2. Mie Gemez

Dengar namanya saja mie gemez, cara makanya juga di remas terlebih dahulu, baru di beri bumbu tabur didalamnya. Sering beli mie gemez gara-gara ingin mengumpulkan koleksi hadiah kartu didalamnya.

3. Taro

Nikmati petulanganmu dengan taro, masih ingat tidak suara iklan yang sering muncul di televisi ini, rasa jajan taro yang begitu gurih dan renyah membuat nikmat.

4. Nyam-nyam

Stik wafer, dengan coklat cream yang terpisah didalam bungkus berbentuk gelas, cara memakanya tinggal kita colek coklat cream yang ada didalam dengan steak wafer.

5. Chiki Balls

Di dalam bungkus Chiki Balls selalu tersimpan tazos beraneka gambar dan warna. Nah mainan inilah yang selalu menjadi rebutan untuk dikoleksi. Tidak hanya sebagai koleksi, mainan ini juga bisa dirangkai dan dibentuk sesuka hati.

6. Gulai Ayam

Berbentuk bulat, berwarna kuning dengan rasa gulai ayam yang lezat, itulah ciri khas dari jajanan ini, rasa lezat, membuat ketagihan di lidah, jajan ini masih di produksi lho. Dengan kemasan yang sama lebih besar dan rasa masih sama, yang membedakan harga jaman dulu dengan sekarang sudah berbeda.

7. Super-man

Wafer cokat berbentuk panjang, dengan rasa yang gurih dan kemasan bergambar superman membuat kenangan tersendiri sampai sekarang.

8. Coklat Choyo-choyo

Cokelat Coyo Coyo hadir berbeda, dengan kemasan seperti gelas mini dan sendok miniya, membuat masa kecil saya dulu begitu terkesan terhadap coklat choyo-choyo, warna beraneka ragam semakin menggoda untuk dimakan.

9. Coklat Choki-choki

Coklat cream pasta, dengan rasa yang nikmat yang di bungkus dalam kemasan berbentuk panjang, sehingga memudahkan untuk memakanya.

10. Permen Pendekar Biru

Permen yang dinamakan pendekar biru ini, akan membuat lidah kamu berwarna biru, sehingga memberikan sensasi saat kamu mengemut di lidah.

11. Permen Sugus

Permen rasa buah yang beraneka rasa, dengan kekenyalan dan rasa yang manis, membuat waktu kecil dulu ketagihan, dan permen ini salah satu dari beberpa permen favorit pada masa kecil dulu.

12. Permen Hot-hot Pop

Permen berbentuk kaki berwarna merah ini, siapa yang tidak pernah mencobanya, dengan tampilan permen unik ini, meski sudah lama sekali sejak saya kecil dulu sampai sekarang masih ada juga permen ini di toko-toko.

13. Permen Pagoda Pastiles

Permen di dalam kaleng yang memiliki ciri khas gambar pagoda ini, memiliki begitu banyak rasa yang bermacam-macam di dalam, ada rasa manis dan rasa mint. Meski bentuk permenya kecil tetapi banyak sekali isinya didalam kaleng, sehingga terasa lama untuk menghabiskanya.

14. Permen Milton

Banyak rasa yang beraneka ragam, dengan bentuk kecil segitiga di dalam kemasan bungkus pelastik dan juga ada dalam kemasan kaleng, membuat permen ini sangat digemari pada masa kecil dulu.

15. Permen Yosan

Permen karet apa yang paling kita ingat waktu masih kecil? Permen karet Yosan adalah salah satunya, permen karet dimana jika berhasil mengumpulkan tulisan YOSAN dari bungkusnya. Maka bisa di tukar dengan hadiah, tapi susah untuk bisa mengumpulkan tulisan yosan itu sendiri.

16. Permen Rokok

Mengapa di sebut permen rokok, bentuknya saja bulat panjang seperti rokok, sehingga seringkali gaya saat mengemut permen yang satu ini. Bergaya seperti orang merokok, padahal itu permen berbentuk rokok saja.

17. Permen Asem

Kapan terakhir saya lihat permen ini sampai lupa, permen asli dari buah asem ini dengan taburan gula yang manis denga rasa yang asam, membuat rasa yang nikmat.

18. Jagoan Neon

Jagoan neon adalah permen lollipop yang jika diemut lidah kita akan berwarna-warni seperti warna permen tersebut. Yang menarik dari jagoan neon adalah hadiah kartu jika kita membeli permen ini satu set.

19. Coklat Payung

Entah apa merk coklat ini, tetapi bentuknya seperti payung, jadi lebih sering kalau mau beli coklat ini waktu dulu nyebutnya coklat payung, salah satu cokelat yang sangat enak di masanya. Biasanya dijual dalam toples plastik bening.


D. Lagu Kenangan Terindah Anak-anak 90an.

Berikut ini nostalgia kenangan terindah terindah kita tentang lagu anak-anak generasi tahun 90an dahulu kala.

1. Jangan Marah_Trio Kwek-Kwek

Selain populer, Trio Kwek-kwek juga sukses bersama judul lagu yang berjudul “jangan marah”, musik ini bertema tentang rasa hormat kepada orang tua yaitu bagaimana menjaga Ayah-Mama agar tidak marah.

2. Katanya_Trio Kwek-Kwek

Trio Kwek-kwek merupakan kelompok kecil yang beranggota Leony, Affandy, Dhea. musik yang populer berjudul “katanya” yang beisi tentang pengetahuan sosial seperti keunikan negara-negara di dunia, seperti Indonesia.

3. Du Di Dam_Enno Lerian

Musik ini mengajak kita untuk lebih mengetahui barbagai jenis makanan mulai dari tempe hingga ayam goreng

4. Nyamuk-Nyamuk Nakal_Enno Lerian

Musik ini tidak hanya enak untuk di dengar akan tetapi juga mengarahkan anak-anak menjaga kebersihan di rumah

5. Air_Joshua

Joshua ini dikenal sebagai anaka ajaib dikarenakan peranya dalam sebuah serial televisi dengan judul tersebut. Populernya lagu berjudul Air lebih dikenal dengan judul di Obok-obok.

6. Cit Cit Cut_Joshua

Dalam Lagu ini Joshua mengajak untuk bernyanyi sambil belajar, dengan mengajarkan jenis-jenis binatang.

7. Si Lumba-Lumba_Bondan Prakoso

Dalam bernyanyi, Bondan Prakoso gaya dalam bernyanyi cilik ini dibawakan dengan ala rock,, Lagu berjudul Lumba-lumba ini bercerita tentang betapa lumba-lumba sangat di gemari oleh anak kecil

8. Menabung_Saskia & Geofanni

Makna lagu ini mengajak anak-anak agar gemar dalam hal menabung, melalui lagu ciptaan titik puspita.

9. Susan Punya Cita-Cita_Ria Enes

Pesan dalam lagu mengajarkan agar anak-anak untuk rajin belajar dan mencapai cita-cita yang diinginkan.

10. Si Komo Lewat Tol_Melisa

Lagu yang populer di kalangan anak-anak tahun 90an ini. Selain serial tivi, ia juga hadir sebagai tohoh yag dinyanyikan oleh Melisa. Lagu ini bercerita tentang kemacetan Jakarta sekaligus pengetahuan tentang ibu kota Indonesia ini.

11. Tukang Bakso_Melisa

Sangat populer lagu abang tukang bakso, yang juga dipopulerkan oleh melisa, lagu ini menceritakan tukang bakso ketika lewat di depan rumah.

12. Bolo Bolo_Tina Toon

Lagu bolo bolo dinyanyikan oleh Tina toon, dengan ciri khan pembawaan lagu saat menyanyi dengan gerakan leher yang meliuk-liuk. sehingga membuat keter tarikan yang sangat unik.

13. Paman Datang_Tasya

14. Anak Gembala_Tasya

Lagu anak gembala. lagu yang di bawakan Tasya yang sering kita dengar waktu kecil dulu, dengan nada gembira, lagu ini menceritakan seorang anak gembala yang rajin dalam kesehariannya.

15. Gembira_Tasya

16. Jangan Takut Gelap_Tasya

17. Arti Puasa_Tasya

18. Bintang Kejora_Khalista

19.  Kring-kring Ada Sepeda_Vito

20. Baju Baru_Dhea Ananda


E. Kenangan Terindah Alat Komunikasi Jaman Dulu

Berikut ini nostalgia kenangan terindah terindah kita tentang alat komunikasi dahulu kala.

1. Telepon Umum

Masih ingat tidak dengan telepon umum? Fasilitas umum yang sangat berjasa dan pernah menjadi bagian dari kehidupan rakyat negeri ini. Namun, kemajuan teknoligi pada saat ini telah membuat, telepon umum terbengkalai dan kini nyaris dalam keaadan sekarat tidak bisa di pergunakan lagi.

Telepon umum koin mulai diperkenalkan pada tahun 1981. Pada kurun masa 1983-1988 tercatat terpasang sebanyak 5.724 unit. Telepon umum kartu mulai digunakan pada 1988. Mulai terpasang sebanyak 95 unit, jumlahnya meningkat pesat menjadi 7.835 unit pada 1993.

2. Surat Pos

Sepeda onthel dengan dua buah keranjang yang terbuat dari kain kanvas sebelah kiri dan kanan, yang sedang berhenti di halaman rumah. Turunkah seorang yang memakai seragam Pos menyapa dan memberi salam dengan ramah. kemudian ia mengeluarkan beberapa dokumen yang dibawanya. Ada surat, ada wesel, ada telgram.

Dia lalu memisahkan mana yang surat, mana yang wesel dan mana telegram yang sesuai untuk penerima di alamat tersebut, setelah memberikan surat. Pergilah tukang Pos tersebut untuk melanjutkan tugasnya menuju jalan ke jalan, lorong ke lorong dalam 1 atau 2 kecamatan sehari. memberikan surat kepada rumah atau kantor tujuan.

3. Telegram

Sarana komunikasi yang dikirim melalui sandi Morse ini hampir identik dengan berita penting, darurat atau rahasia. Misal,berita duka atau kematian sanak saudara, orang tua sakit, tertimpa musibah atau rencana penyerangan dalam dunia militer.

Atau bisa juga berita yang sebenarnya tidak terlalu gawat tapi jika dikirim lewat surat biasa diperkirakan akan terlambat diterima yang berkepentingan, maka telegramlah solusinya. Seperti yang saya alami ketika menerima panggilan wawancara kerja lewat telegram

4. Pager

Pager atau radia panggil merupakan alat telekomunikasi untuk menyampaikan dan menerima pesan pendek, sekarang mungkin sudah jarang ditemukan alat komunikasi satu ini. Tetapi alat ini masih sering dipakai untuk orang-orang yang bergerak dibidang jasa seperti jasa informasi dari kesehatan.

Pager ditemukan tahun 1956 oleh Multitone Electronic di Rumah Sakit St. Thomas London oleh dokter-dokter yang sedang bertugas dalam kondisi darurat. Sejak itu pager semakin berkembang, Pager itu sendiri sudah masuk ke indonesia Sebelum tahun 1997.

5. Telegraf

Telegraf merupakan alat untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak jauh. Alat ini ditemukan oleh seorang warga Amerika, Samuel F.B. Morse bersama asistennya Alexander Bain pada tahun 1837. pesan pertamanya dikirim pada 6 Januari 1838.

Pesan yang dikirimkan oleh operator menggunakan kode morse, pesan ini sering dinamakan pesan kabel atau kawat. Media ini sangat efektif dan dulu menjadi primadona meskipun yang bisa mengirim dam menerima hanyalah orang yang paham kode Morse.

F. Kebiasaan

Berikut ini nostalgia kenangan terindah terindah kita tentang kebiasaan anak dahulu kala.

1. Memanggil Teman

Hayo siapa yang dulu kalau mau ngajak bermain temannya suka manggil dengan keras dan bareng-barengi di depan rumah sampai teman kita atau orangtuanya keluar? Biasanya paling serung waktu sore mau sepakbola, pas mau kerja kelompok, ataupun waktu setelah subuh untuk jalan-jalan.

2. Menggambar Pemandangan

Tidak jarang juga kalau anak jaman dahulu kalau menggambar pemandangan sukanya berisi sawah, pohon rumah dan 2 gunung. Siapa yang sering gambar kayak gitu hayo ngaku?

3. Tukang Ramal

Anak-anak polos jaman dulu suka meramal pada pergelangan tangannya ddengan cara di pencet sampai keluar tonjolan di pergelangan dalam tangan. Kalau tonjolannya gede di pergelangan tangan kanan kanan menunjukkan jumlah anaknya nanti dan bila tonjolan disebelah kiri menunjukkan jumlah istri. wkwkwk

4. Jahil

Kejahilan anak dahulu yaitu suka menggoda temannya satu bangku dengan menggelitiki temannya sampai ketawa hampir nangis.

5. Senam Kesegaran Jasmani

Biasanya kalau disekolah dulu kalau hari Jum’at selalu di setelin irama senam poco-poco atau lagu tradisional lainnya untuk mengiringi gerakan senam kita yang pimpin bapak guru olahraga.

6. Dunia Dalam Berita

Pagi Siang Dan Malam biasanya nongkorong di depan TV buat ngliat acara berita di stasiun tv TVRI buat mencari berita dalam dan luar negeri di Dunia Dalam Berita.

7. Belajar Mengaji

Jaman dulu itu kalau waktu sore dan sehabis maghrib bisanya jadwal kita untuk belajar mengaji menambah wawasan kita tentang Agama.

8. Kerja Kelompok

Serinng sekali di sekolah mendapatkan tugas di sekolah, dan saat itu kalau kita mendapat kesulitan pasti akan berkumpul di tempat teman yang dirasa pintar untuk mengerjakannya bersama-sama.

9. Unggah Ungguh

Anak jaman dulu itu masih kental akan adat istiadat sopan santunnya apalagi dengan orang yang lebih tua.

10. Basa Krama

Kami sebagai anak 90an lebih di tekankan bagaimana cara ngomong dan tutur kata yang baik kepada orang yang lebih tua dari kami, senakal nakal kami, kami juga pernah di jewer orang tua, guru itu sudah biasa. Karena itu wajar kami yang bandel, tetapi kami tidak pernah membalasnya apa lagi sampai ngomong kotor kepada mereka.

12. Kebersamaan

Main bareng, pulang bareng, dimarahi bareng, jajan bareng itu sudah biasa kami lakukan bersama-sama, yang terpenting adalah bagaimana bisa kumpul bareng sama teman-teman, entah mau main apa mau kemana biasanya difikir belakangan kalau sudah kumpul.

G. Kenangan Terindah Alat Transportasi Jaman Dulu

Berikut ini nostalgia kenangan terindah terindah kita tentang kendaraan transpotasi dahulu kala.

1. Kuda Delman/Dokar

Delman adalah kendaraan transportasi tradisional yang beroda dua, tiga atau empat yang tidak menggunakan mesin tetapi menggunakan kuda sebagai penggantinya. Variasi alat transportasi yang menggunakan kuda antara lain adalah kereta perang, kereta kencana dan kereta kuda.

2. Sepeda Onthel

Sepeda Onthel atau terkadang disebut sepeda unta, sepeda kebo, atau pit pancal adalah sepeda standar dengan ban ukuran 28 inchi. Dulu, biasa digunakan masyarakat perkotaan hingga tahun 1970-an sebagai alat berkendara.

Ada berbagai macam merek sepeda onthel beredar di pasar Indonesia. Pada segmen premium terdapat merek Gazelle (Belanda) dan Simplex (Belanda).

3. Becak

Becak merupakan alat transportasi hasil dari modifikasi sepeda. Becak adalah alat transportasi yang bertahan cukup lama di Jakarta. Keberadaan becak mulai hilang sedikit demi sedikit pada tahun 1980-an karena dianggap “eksploitasi manusia oleh manusia”.

Pada masa kepemimpinan Gubernur Sutiyoso becak dilarang beredar dalam rangka modernisasi transportasi umum di Jakarta. Selain itu becak dianggap membuat jalan macet karena jalannya lambat. Sampai saat ini becak masih bisa ditemui dipinggiran kota Jakarta.

4. Bemo

Asal mula nama bemo berasal dari kata Becak Motor. Bemo merupakan salah satu produk dari produsen besar otomotif Jepang yaitu Daihatsu dengan nama Daihatsu Midget. Keberadaan bemo sendiri dimaksudkan untuk mengantikan keberadaan becak dan helicak.

Karena kapasitasnya yang lebih besar dapat memuat lima sampai enam orang sekaligus. Bemo pertama kali muncul di Jakarta pada tahun 1962. Bemo sempat menjadi alat transportasi favorit masyarakat pada era 60-an, 70-an, sampai awal 80-an sebelum banyakknya keberadaan angkot.

5. Bentor

Alat kendaraan Bentor adalah singkatan dari Becak Motor yang merupakan kendaraan roda tiga. Menurut laman Wikipedia, Bentor berasal dari Gorontalo.

Namun, dibeberapa daerah, Bentor juga bisa dijumpai selain Gorontalo.
Sepeda motor menjadi alat kemudi Bentor yang berada dibelakang. Beda dengan Delman, dimana alat kemudinya berada di depan.

6. Oplet

Oplet merupakan kendaraan yang identik dengan salah satu judul film besutan H. Rano Karno “Si Doel Anak Sekolahan”. Jika dibandingkan dengan bemo, oplet jauh lebih nyaman ketimbang bemo.

Selain luas, oplet juga tidak berisik Kebanyakan oplet berasal dari produk Morris dan Austin. Yang unik dari oplet yaitu hampir seluruh bodynya terbuat dari kayu. Oplet kini tidak beroperasi lagi, dan saat ini banyak diburu kolektor sebagai barang koleksi.

 

Leave a Reply

error: Content is protected !!