Kisah Nabi Yusuf dan Zulaikha Lengkap Dengan Mukjizat Ketampanan Nabi Yusuf

Berikut ini cerita sejarah kisah nabi Yusuf dan Zulaikha lengkap dengan mukjizat ketampanan wajah nabi Yusuf AS yang menurut sejarah nabi paling ganteng/tampan.

Dalam cerita sejarah kisah Nabi Yusuf AS yang ayah Nabi yusuf AS adalah Nabi Yakub AS, yang merupakan Nabi utusan oleh Allah SWT untuk menjadikan akhlak yang baik di bumi. Nabi Yusuf AS mendapatkan mukjizat ketampanan wajah dari Allah SWT.

Kisah Nabi Yusuf AS

lenterahidup.net

A. Kelahiran Kisah Nabi Yusuf AS

Dalam kisah Nabi Yusuf AS merupakan putra ke 7, salah satu dari 12 anak Nabi Yakub AS dengan Istrinya Rahil. Yusuf merupakan cucu Nabi Ishaq dan buyut Nabi Ibrahim AS. Sejak lahir dia sudah dikaruniai Allah SWT dengan wajah dan parasnya yang tampan dengan postur tubuh yang tegap. Sehingga menjadi dambaan para wanita dan gadis-gadis remaja saat itu.

I. Kisah Kematian Ibu Nabi Yusuf AS

Kisah Nabi Yusuf AS

civilizationix.blogspot.com

Suatu hari disaat Nabi Yusuf menginjak usia sekitar 12 tahun, ibu kandungnya Rahil wafat setelah mengandung Benyamin. Dan ayahnya Nabi Yakub AS memberikan perhatian lebih kepada mereka dari pada saudara-saudaranya yang lain. Kemudian muncul perasaan iri dan tidak adil dari saudara-saudara Nabi Yusuf, atas perlakuan ayahnya Nabi Yakub kepada-Nya.

II. Kisah Pertemuan Saudara-saudara Nabi Yusuf AS

kisah Nabi Yusuf AS

lenterahidup.net

Setelah itu saudara-saudara Nabi Yusuf AS mengadakan suatu pertemuan rahasia untuk merundingkan akan nasib yang mereka alami. Karena mereka merasa ayahnya memperlakukan mereka secara tidak adil. Kemudian mereka berunding mengatur aksi untuk menyadarkan ayahnya tersebut.

Berkatalah seorang diantara mereka, “Apakah kalian merasa perlakuan ayah terhadap kita sebagai anak-anaknya tidak adil? Ia lebih memanjakan serta menyayangi Yusuf dan Benyamin, seolah-olah Yusuf dan Benyamin saja anak kandungnya.

Padahal kita lebih tua dari pada mereka berdua, serta kita yang yang selalu mendampingi Ayah mengurus segala keperluannya. Saya merasa heran mengapa harus Yusuf dan Benyamin saja yang menjadi istimewa disisi ayah. Apakah mungkin hati ayah lebih dekat kepada hati ibu mereka dibanding hati ayah ke hati ibu kita?

Apabila memang itu alasannya, apa salah kita? terlahir dari ibu yang mendapat tempat kedua di hati ayah. Atau karena paras Yusuf yang lebih tampan dari pada paras kita. Yang memang telah demikian Tuhan menciptakan, bukan kehendak maupun dari usaha kita. Saya amat menyesali perlakuan ayah yang salah ini, sehingga kita harus melakukan sesuatu untuk mengakhiri keadaan yang menjengkelkan ini.”

Saudara mereka Yahudza putra keempat berkata: “Kita semua merupakan keturunan Yakub AS utusan Allah SWT dan anak Nabi Ishaq yang merupakan buyut Nabi Ibrahim kekasih Allah SWT. Kita semua merupakan orang yang beragama dan berakal sehat.

Membunuh merupakan perbuatan yang dilarang agama dan tidak di terima akal sehat, apa lagi yang di bunuh saudara kita sendiri. Ia lebih disayangi ayah karena karena di luar kekuasaannya den tidak akan di timpa dosa kepadanya.

Menurut fikiran saya lebih baik mlenyakan Yusuf dengan melemparkannya ke dalam sebuah perigi kering yang terletak di persimpangan jalan.  Tempat dimana para musafir berhenti untuk beristirahat makan dan minum. Sehingga ada kemungkinan musafir itu menemukan dan memungutnya menjadi hamba sahaya. dengan cara inin tanpa harus merenggut nyawa adik kita.”

III. Kisah Hasil Perundingan Saudara Nabi Yusuf

kisah Nabi Yusuf AS

www.akbarelhamed.com afikrubik

Apa yang di sampaikan Yahudza mendapat persetujuan yang baik dari saudara -saudaraNya lain. Mereka akan melakukan semua rencananya di waktu dan saat yang tepat dengan penuh kerahasiaan. Yaitu akan mengasingkan Nabi Yusuf AS ke dalam sumur disuatu tempat agar di temukan untuk di temukan kan para musyafir

IV. Mimpi Kisah Nabi Yusuf

kisah nabi yusuf as

lenterahidup.net

Di suatu malam Nabi Yusuf AS bermimpi seakan-akan sebelas bintang, matahari dan rembulan turun dari langit untuk bersujud di depannya. Kemudian Ia terbangun dan segera menghampiri ayahnya untuk menceritakan apa yang Ia alami. Mendengar cerita mimpi Nabi Yusuf AS, ayahnya Nabi Yakub AS terlihat gembira.

Ayahnya mengatakan bahwa mimpi Nabi Yusuf AS itu merupakan kabar gembira dari Allah SWT kepadanya. Tentang masa depannya yang cerah dengan kebahagian, kebesaran dan kenikmatan.

V. Kisah Nabi Yusuf AS di Masukkan ke Dalam Sumur

kisah nabi yusuf as

blogs.bible.org

Setelah saudara-saudara Nabi Yusuf berunding semalaman, merancang untuk menyingkirkan Nabi Yusuf AS. Keesokan harinya mereka datang kepada Nabi Yakub AS meminta izin untuk membawa Yusuf pergi bersama mereka keluar kota.

Tetapi Nabi Yakub AS berkata bahwa ia merasa fikirannya tidak tenang bila Nabi Yusuf AS jauh dari pantauannya. Karena di luar sana banyak binatang buas yang siap menerkam, tetapi para saudara Nabi Yusuf AS meyakinkan nabi Yakub AS. Bahwa mereka bertanggung jawab akan keselamatannya. Hingga tak ada alasan untuk Nabi Yusuf AS menolak, dalam Alquran Allah berfirman akan kisah nabi Yusuf AS.

Kisah Nabi Yusuf AS

lenterahidup.net

Keesokan harinya berangkatlah mereka kecuali Benyamin keluar kota yang mereka tuju atau tempat yang mereka rencanakan untuk meninggalkan Yusuf. Setibanya disana mereka menuju sumur yang sering di lewati musafir, mereka berencana memasukkan Nabi Yusuf ke dalamnya.

Mengetahui itu Allah SWT mengilhami Nabi Yusuf AS bahwa ia akan selamat maka ia tidak perlu takut. Saudara-saudara Nabi Yusuf AS berusaha menceburkannya ke dalam sumur, Nabi Yusuf sempat melakukan perlawanan. Namun mereka memukuli Nabi Yusuf AS dan memerintahkannya untuk melepaskan bajunya.

Kemudian mereka menceburkan nabi Yusuf AS ke dalam sumur dalam keadaan telanjang. Didalam sumur penuh dengan air, namun tubuh Nabi Yusuf AS tidak terkena hal yang membahayakan. Lalu saudara-saudara yang membenci Nabi Yusuf AS meneyembelih sebuah hewan sejenis rusa, dan melumurkan darahnya ke pakaian Nabi Yusuf AS.

VI. Kisah Kepulangan Saudara-saudara Nabi Yusuf AS

Kisah Nabi Yusuf AS

wol.jw.org

Kemudian mereka pulang membawa pakaian Nabi Yusuf AS itu dengan berlumuran darah. Mereka sampai dirumah pada saat malam hari dengan tangisan kebohongannya. Nabi Yakub AS sedang duduk di rumahnya dan mereka masuk kedalam rumah. Lalu Nabi Yakub menanyakan kepada mereka kenapa mereka menangis.

Mereka mengatakan bahwa nabi Yusuf As telah meninggal dimakan srigala, dalam Alquran Allah SWT berfirman tentang kisah Nabi Yusuf AS.

Lalu Nabi Yakub AS memegang pakaian anaknya Yusuf, Dia perhatikan pakaiannya di bawah cahaya di dalam kamar. Setelah membalikkannya Ia tidak melihat bekas cakaran maupun robekan pada bajunya alias utuh. Nabi Yakub AS bertanya-tanya, serigala apa yang telah memakan nabi yusuf AS.

Apa mungkin ia memakannnya dari dalam pakaian tanpa harus merobeknya, seandainya serigala itu memakan Yusuf saat memakai pakaian pasti baju itu robek. Dan apabila baju telah di lepas untuk bermain dengan saudara-saudaranya, maka bagaimana bisa pakaian itu terlumuri oleh darahnya.

Berdasarkan bukti yang Ia dapatkan, akhirnya Nabi Yakub AS menyimpulkan bahwa mereka berbohong. Nabi Yusuf AS tidak dimakan srigala, dalam Alquran Allah SWT berfirman tentang kisah Nabi Yusuf AS.

B. Kehidupan Kisah Nabi Yusuf AS

Dalam kisah Nabi Yusuf AS, atas izin Allah SWT Nabi Yusuf AS telah terselamatkan dari saudara-saudaranya walau ia di masukkan ke dalam sumur. Karena Allah SWT telah menjamin akan keselamatannya.

I. Kisah Nabi Yusuf AS Ditemukan di Sumur

kisah Nabi Yusuf AS

vidsshare.com

Di suatu hari ada segerombol musafir yang melakukan perjalanan untuk menuju ke Negara Mesir. Para musafir bernamakan Sayyarah, mereka menuju sumur untuk berhenti mengisi bekal air. Mengetahui ada orang yang akan mengambil air Nabi Yusuf AS berusaha menggelantungkan dirinya di atas tali timba.

Musafir yang mengulur timba untuk mengambil air itu mengira embernya sudah terisi penuh dengan air. Namun mereka terkejut setelah mengetahui bahwa yang muncul adalah seorang anak lelaki yang tampan rupanya.

Pada saat zaman itu ada aturan, bagi siapa yang menemukan sesuatu yang hilang maka Ia akan menjadi pemiliknya. Orang yang menemukan Nabi Yusuf AS amatlah senang, namun ia memiliki rasa khawatir pada dirinya akan tanggung jawab yang ditanggungnya.

II. Kisah Nabi Yusuf AS Dijual di Pasar

Kisah Nabi yusuf AS

lenterahidup.net

Kemudian musafir Sayyarah yang menemukan Nabi Yusuf AS ini berencana untuk menjual Nabi Yusuf AS ke Pasar. Setelah tiba di Mesir akhirnya Ia menjualnya ke Pasar dengan harga yang sangat murah sebagai hama sahaya. lalu ada Futhifar seorang anggota pemerintahan di Mesir yang mengambilnya untuk dijadikan anak angkat.

Dirawat dengan baiknya Nabi Yusuf AS oleh istri pembesar itu yang bernama Zulaikha. Dalam Alquran Allah SWT berfirman tentang kisah Nabi Yusuf AS.

Kisah Nabi Yusuf AS

lenterahidup.net

III. Kisah Godaan Zulaikha Kepada Nabi Yusuf AS

Kisah Nabi Yusuf AS

lenterahidup.net

Nabi Yusuf AS hidup dengan tenang dan tentram di rumah Futhifar pejabat pemerintahan Mesir itu. Nabi Yusuf AS mendapat kepercayaan penuh untuk mengurus rumah tangga mereka untuk melaksanakan segala keperluan yang mereka butuhkan. Dengan hati yang ikhlas dan penuh kejujuran Ia lakukan kehidupan disana.

Hari semakin hari Nabi Yusuf AS tumbuh menjadi remaja yang gagah dan tampan rupawan. Wanita muda cantik pun bisa terpikat dengan perbuatan maksiat jika tanpa dilandaskan iman dan takwa yang menghalang bila melihatnya.

Sehingga pada suatu hari, Zulaikha sudah tidak menganggap Nabi Yusuf AS sebagai Hamba Sahaya yang giat, jujur dan berakhlak mulia lagi. Ia mulai mengagumi Nabi Yusuf AS karena ketampanan, hingga tumbuh perasaan rasa cinta kepada Nabi Yusuf AS.

Zulaikha selalu memperhatikan gerak-gerik dan tingkah laku Nabi yusuf AS dengan lirikan dan kehati-hatian.  Bunga cinta yang tumbuh di hati Zulaikha kepada Nabi yusuf AS semakin hari semakin kian bertambah besar bila melihat maupun mendengar Nabi Yusuf AS.

Walaupun Zulaikha sudah berusaha untuk memendam rasa itu, ia tidak mampu menahan perasaaan hati dan hawa nafsunya. Mendapat dukungan setan dan Iblis di tepislah semua kedudukan, martabat, kehormatan dan semuat pertimbangan yang dimiliki Zulaikha.

Sehingga Zulaikha sudah buta mengikuti hawa nafsunya, menggunakan segala cara untuk mendekati Yusuf dengan menjaga kehormatannya sebagai istri pejabat. Salah satu caranya dengan berdandan dan berhias rapi bila Nabi yusuf AS berada di rumah. Dan merangsangnya dengan wangi-wangian dan dengan gerakan tubuh yang bisa meningkatlan nafsu lelaki.

Kemudian Zulaikha tidak tahan akan sikap Nabi Yusuf AS yang dingin itu. Akhirnya ada kesempatan saat suaminya tidak berada di rumah, Zulaikha memanggil yusuf di suatu ruangan. Lalu ia mengunci dan menutupnya, dan ia mulai menggoda Nabi Yusuf AS untuk melakukan maksiat dengan memberikan tuhnya.

IV. Kisah Kemarahan Zulaikha

Kisah Nabi Yusuf AS

www.theweeklyportion.com

Langsung Nabi Yusuf AS memalingkan wajahnya ke arah lain, dan berdoa semoga terlindungi dari godaan syaitan yang terkutuk. Dan ia juga mengatakan bahwa ia tidak ingin berkhianat dengan Futhifar pejabat yang telah menolongnya untuk menjaga kehormatannya. Serta Allah SWT mengetahui segala sesuatu yang diperbuat oleh hambanya.

Dengan Zulaikha melotot dan marah, merasa dirinya telah dihina dan diremehkan oleh Nabi Yusuf AS. Kemudian nabi Yusuf AS berusaha lari menuju pintu yang tertutup dan berusaha membukanya. Namun ditariknya dengan kuat baju belakang milik Nabi Yusuf AS.

Tepat pada waktunya datanglah Futhifar dengan mengetahui mereka dalam keadaan yang mencurigakan. Tanpa memberi Nabi Yusuf AS membuka mulut berkatalah Zulaikha dengan cepat kepada suaminya yang masih tercengang melihat mereka.

Zulaikha mengatakan dengan bohong bahwa dia telah dipaksa Nabi Yusuf AS untuk melakukan hal kurang ajar. Namun Nabi Yusuf AS memberikan pembelaan yang benar kepada dirinya, bahwa ia telah digoda oleh Zulaikha hingga kemeja belakangnya terkoyak.

Futhifar bingung melihat kedua keterangan yang berbeda dari mereka berdua. Karena Yusuf terkenal dengan kejujurannya selama ini dan Zulaikha yang bijaksana dan pandai dalam berbagai pertimbangan.

Kemudian berkatalah saudara Futhifar, bila baju yusuf sobek di bagian belakang berarti Zulaikha berdusta, tetapi bila di bagian depan. Berarti Yusuf yang telah berdusta. Akhirnya terungkap, bahwa Zulaikha telah berdusta terhadap Futhifar. Dan menyuruh Nabi Yusuf AS menjaga rahasia itu kepada masyarakat untuk menganggap masalah itu sudah selesai.

Tiap rahasia yang diketahui 2 orang pasti akan tersiar ramai-ramai. Sehingga peristiwa Zulaikha dan Nabi yusuf AS yeng telah ketat dirahasiakan, menjadi suatu rahasia umum. Pertamanya berbisik dari mulut ke mulut hingga tersebar luas.

V. Kisah Nabi Yusuf AS di Penjara

Kisah Nabi Yusuf AS

lenterahidup.net

Kemudian muncul kecaman dan gunjingan terhadap Zulaikha hingga terdengar olehnya, sebagai istri seorang pejabat ia menjadi malu, tersinggung dan marah. Akhirnya Zulaikha mengundang mereka untuk makan malam di rumahnya, memperlihatkan Yusuf yang telah menawan hatinya.

Dalam pesta mereka disuguhi makanan lezat berupa daging dan buahan segar. Saat mereka sibuk mengupas buah dan mengiris daging, Zulaikha memanggil Nabi Yusuf. Tanpa di sadari semua tamu yang di dominasi wanita itu terpukau melihat paras Nabi Yusuf.

Mereka terlena jika sedang mengupas buah dan mengiris daging, sehingga mereka mengupas dan mengiris daging mereka sendiri. Mereka juga berkata kalau ini bukan manusia melainkan seorang malaikat. Zulaikha bertepuk tangan dan menunjukkan kepada tamunya bahwa tangan mereka telah teriris dan bercucuran darah.

Kemudian Zulaikha dengan terus terang mengakui kelakuannya menggoda Yusuf yang terlena akibat ketampanannya yang sesuai dengan akhlaknya. Zulaikha juga berkata bahwa Yusuf adalah seorang hamba sahaya, jika Dia tidak mau menuruti kehendaknya. Maka Zulaikha tidak segan untuk memasukkannya ke penjara.

Namun Nabi Yusuf berdoa kepada Allah SWT untuk memberi ketetapan iman dan keteguhan tekat agar tidak tersesat  oleh godaaan syaitan. Dia berkata lebih baik di penjara daripada harus memperturuti hawa nafsu seorang wanita.

Kemudian Zulaikha menjatuhkan Nabi Yusuf AS ke penjara dengan berbagai tuduhan buruk. Namun Futhifar sesungguhnya telah mengetahui bahwa Nabi Yusuf AS bersih dari segala tuduhan yang diberikan kepadanya. Ia juga tahu bahwa istrinyalah yang menjadi biang keladi mencemari nama baik keluarga. Dalam Alquran Allah berfirman tentang kisah Nabi Yusuf AS

lenterahidup.net

lenterahidup.net

Futhifar tidak mampu menolak akan nasehat istrinya memasukkan Yusuf ke penjara demi menjaga kehormatan nama besar keluarganya. Akhirnya pendapat umum disalahkan pada Nabi Yusuf AS melainkan bukan Zulaikha. Demikian mereka mengharapkan nama baik mereka akan pulih kembali.

VI. Kisah Nabi Yusuf AS di Dalam Penjara

Kisah Nabi Yusuf AS

khazanah islam republika

Akhirnya Nabi Yusuf AS di masukkan ke dalam penjara, sebagai penutup aib sebuah keluarga itu. Namun bagi Nabi Yusuf AS, penjara merupakan tempat yang lebih aman untuk menghindari segala tipu daya yang akan menjerumuskannya ke dalam kemaksiatan dan perbuatan munkar. Penjara merupakan tempat yang sempit dimana gerak badan dan mata dibatasi sehingga lebih baik.

Saat di penjara Nabi yusuf AS bertemu dengan dua orang pemuda yang di penjara, karena berusaha akan meracuni Raja atas perintah musuh istana. Dua orang pemuda itu merupakan pegawai istana bagian gudang makan dan pelayan istana.

Suatu saat pemuda tahanan itu pergi menghampiri Nabi Yusuf AS untuk menceritakan bahwa mereka telah bermimpi. Pemuda pelayan mengalami mimpi sedang berada di kebun anggur dengan memegang gelas yang sering digunakan Raja berisi perahan buah anggur. Sedangkan pemuda penjaga gudang bermimpi membawa roti di keranjang di atas kepalanya . Kemudian disambar gerombolan burung dan dibawanya terbang.

Para kedua pemuda itu berharap meminta Nabi Yusuf AS unutk menafsirkan mimpinya. Nabi Yusuf AS akhirnya menafsirkan mimpi para pemuda itu, Ia menafsirkan bahwa mereka pemuda pelayan akan segera keluar dari penjara. Tetapi pemuda penjaga gudang akan di hukum mati dengan di salib.

Ia juga berpesan kepada pelayan, apabila sudah keluar dan bekerja lagi di istana untuk menyebutkan nama Nabi Yusuf AS kepada Raja. Selain itu katakanlah padanya bahwa bahwa Yusuf telah dipenjarakan sewenang-wenang, tanpa adanya kesalahan.

Sesuai tafsir mimpi yang di karuniakan Allah kepada Nabi yusuf AS, akhirnya datang surat pengampunan kepada pemuda pelayan. Dan datang surat hukuman mati salib kepada penjaga gudang. Setelah pelayan keluar dari gudang , Syaitan menjadikannya lupa.

Sehingga membuat Nabi Yusuf tetap berada di dalam penjara beberapa tahun lamanya, dengan menghibur para tahanan yang tidak berdosa. Ia mendidik mereka dan berdakwah agar mereka menjadi orang-orang yang baik dan bermanfaat bagi sesama.

VII. Kisah Kebebasan Nabi Yusuf AS dari Penjara

Kisah Nabi Yusuf AS

yesmaya.blogspot.com

Suatu hari, para pejabat dan penasihat berkumpul di istana Mesir untuk memberikan arti mimpi Raja. Raja bermimpi melihat 7 ekor sapi betina yang kurus, dan tujuh butir gandum hijau yang kering. Namun tidak ada satu pejabat dan penasihat mampu mengartikan mimpi tersebut.

Kemudian pelayan Raja mengetahui itu dan teringat pesan Nabi Yusuf saat masih di penjara. Lalu ia beranikan diri menghampiri Raja untuk menyampaikan bahwa ia mempunyai teman di penjara yang pandai menafsirkan mimpi.

Ia juga menyampaikan bahwa temannya, dipenjara tanpa melakukan kesalahan apapun, karena fitnah tuduhan palsu. Selain itu ia juga menceritakan bahwa Nabi Yusuf telah menafsirkan mimpinya saat di penjara dengan tepat. Dan bila Raja berkenan, ia akan pergi berkunjung ke penjara untuk menanyakan tafsiran mimpi Raja.

Atas izin Raja pergilah pelayan itu mengunjungi Nabi Yusuf, menanyakan arti tafsiran mimpi Raja yang tidak seorang mampu menafsirkannya. Dan pemuda pelayan menyampaikan kepada Nabi Yusuf jika Raja dapat dipuaskan atas pemberian tafsirnya maka ia akan bisa dikeluarkan dari penjara.

Kemudian berucaplah Nabi Yusuf mengartikan tafsir mimpi Raja, bahwa negara akan makmur dan subur selama tujuh tahun. Dimana semua tumbuhan tanaman akan mengalami panen yang baik menghasilkan makanan melimpah. Dan disusul musim kemarau selama tujuh hari, sungai Nil tidak memberikan air cukup untuk ladang-ladang yang kering.

lanjutan tafsiran Nabi Yusuf setelah mengalami kedua musim 7 tahun itu, akan turun hujan dengan lebatnya. Dimana hujan akan turun dengan lebat menyirami tanah-tanah yang kering sehingga tumbuhan hidup kembali menghasilakan buah dan sayuran.

Hingga Raja mengetahui bahwa Nabi Yusuf AS merupakan orang yang berakhlak baik dan sholeh. Pertemuan antara Raja dan para wanita itu di ketahui oleh seluruh kalangan masyarakat. Sehingga atas perintah Raja Nabi Yusuf AS keluar dari penjara secra bersih dari segala tuduhan dan terhormat.

VIII. Kisah Nabi Yusuf AS Diangkat Sebagai Wakil Raja Mesir

Kisah Nabi Yusuf AS

yusufnabi.blogspot.com

Akhirnya Nabi Yusuf AS keluar penjara, Raja mendengar banyak tentang Nabi Yusuf dari pelayannya dan para tamu Zulaikha. Setelah Nabi Yusuf keluar penjara Raja menemuinya untuk berbincang-bincang. Akhlak, kejujuran, kecerdasan, pengetahuannya yang luas, kesabaran dan keramahan yang dimiliki Nabi Yusuf AS membuat raja terkagum-kagum.

Raja berfikir akan sangat bermanfaat bagi kerajaan Mesir apabila Nabi Yusuf AS diserahi untuk memimpin negara dan para rakyat. Sehingga ketika pertemuan pertamanya dengan Raja Nabi Yusuf AS ditawari Raja untuk tinggal di istana mewakili raja mengurus dan mengatur negara Mesir. Karena akan menghadapi masa-masa yang sulit.

Nabi Yusuf AS tidak menolak tawaran yang diberikan Raja Mesir, asalkan diberi kekuasaan di bidang keuangan dan bahan makanan. Sebab menurut Nabi Yusuf AS kedua bidang itu berkaitan satu sama lain yang merupakan kunci dari kesejahteraan rakyat dan keseimbangan negara.

Karena Raja sudah percaya dengan Nabi Yusuf AS terhadap kecerdasan otak, kejujuran serta kemampuan memberi pendapat yang baik. Makan Raja memutuskan menyerahkan kekuasaannya kepada Nabi Yusuf AS. Saat hari penobatan Nabi Yusuf AS menjadi wakil Raja, dihadiri para pembesar negeri dan para pemuka masyarakat.

Kemudian Nabi Yusuf AS dinobatkan menjadi wakil Raja dengan dikenakan pakaian kerajaan dan kalung emas. Lalu raja melepas cincinnya yang berada dijari tengah dan di pasangkan ke jari Nabi Yusuf AS, sebagai tanda penyerahankekuasaan kerajaan.

IX. Kisah Pernikahan Nabi Yusuf AS

Kisah Nabi Yusuf AS

ep.upy.ac.id

Setelah penobatan serah terima jabatan kepada Nabi Yusuf AS selesai, Raja menikahkan Nabi Yusuf AS dengan Zulaikha. Zulaikha saat itu menjadi janda karena saat Nabi Yusuf berada di penjara majikan Nabi Yusuf telah mati.

Saat setelah Nabi Yusuf AS bergaul dengan istrinya Zulaikha ia berkata, “bukankah ini lebih baik dari pada yang kamu lakukan dahulu.” Zulaikha menjawab, “Wahai orang jujur dan baik, jangan mencelaku. Engkau kan mengetahui bahwa aku muda dan cantik dalam keadaan yang mewah. Sedangkan suamiku lemah dan tidak mampu memuaskan istri, kemudian di datangkan engkau dengan sedemikian tampannya, makan aku kalah dengan nafsu.” 

Dengan demikian Nabi Yusuf AS menikahi Zulaikha dalam keadaan masih seorang gadis. Dan dalam pernikahan, mereka di karuniai 2 orang putra yaitu Ifratsim dan Minsya.

X. Kisah Kepemimpinan Nabi Yusuf AS

Kisah Nabi Yusuf AS

www.pilarislam.com

Sebagai penguasa yang bijaksana, Nabi Yusuf AS memulai tugasnya dengan menuju daerah-daerah yang termasuk kekuasaannya untuk berkenalan dengan rakyat dari dekat. Sehingga peraturan dan rencana dapat dilakukan sesuai keperluan dan keadaan daerah itu.

Selama tujuh tahun pertama rakyat merasa tentram dan sejahtera akan pemerintahan Nabi Yusuf AS di Negara Mesir. Semua kebutuhan terjangkau ke semua lapisan masyarakat yang ada. Nabi Yusuf AS tidak lupa akan peringatan yang terkandung di dalam mimpi raja Mesir, bahwa akan datang 7 tahun yang sulit.

Untuk menghadapi masa-masa sulit itu Nabi Yusuf AS telah persiapkan gudang untuk menyimpan makanan di musim kemarau yang akan datang. Sehingga pada saat musim kemarau tiba rakyat Mesir tidak  sampai kehabisan bahan makanan sampai musim subur berikutnya.

XI. Kisah Pertemuan Nabi Yusuf AS dan Saudaranya

Kisah Nabi Yusuf AS

biblestudynpt.wordpress.com

Kemudian datang dengan berduyung-duyung dari daerah pinggiran Mesir, bahkan negara lain untuk berharap pertolongan kepada Nabi Yusuf AS. Mereka kehabisan bahan makanan, sehingga mengharuskan mereka pergi ke Mesir untuk membeli kebutuhan makanan yang tersedia di gudang Mesir.

Diantara rombongan itu terdapat rombongan yang berasala dari Palestina, termasuk saudara-saudara Nabi Yusuf AS yang membencinya dulu. Nabi Yusuf AS langsung mengenali mereka , tetapi mereka tidak mengenali saudaranya yang mereka sia-sia dulu Nabi Yusuf AS.

Karena mereka tidak terlintas dalam fikirannya bahwa Nabi Yusuf AS masih dalam keadaan hidup. Apalagi Nabi Yusuf sekarang menjadi orang besar di Mesir sebagi wakil Raja yang berkuasa mutlak.

Tanpa mengenali Nabi yusuf AS rombongan putra yaqub itu berusaha memohon untuk membeli gandum dari gudang negara Mesir. Dan Nabi Yusuf mengizinkan mereka untuk membelinya dengan syarat, jika ingin mengambil bahan makanan lagi mereka harus membawa saudara bungsunya.

Dan apabila tidak mau membawa saudara bungsunya maka tidak akan diizinkan lagi membeli bahan makanan selanjutnya. Sebenarnya Nabi Yusuf AS tidak ingin mempersulit keadaan mereka dan berbalas dendam. Hanya saja Nabi Yusuf AS ingin mengetahui kabar adik bungsunya Benyamin dan ayahnya yang sudah bertahun-tahun berpisah.

Kemudian nabi Yusuf AS memerintah pegawainya untuk mengisi kebutuhan makanan yang mereka butuhkan pada saat itu. Sedangkan emas dan perak yang mereka bawa, Nabi Yusuf sisipkan lagi ke dalam karung makanan secara diam-diam.

XII. Kisah Tidak Diizinkannya Saudara Yusuf Membawa Benyamin

Sesampainya di Palestina mereka menceritakan perjalanannya ke Mesir kepada ayahnya Nabi Yaqub AS. Mereka menceritakan bahwa wakil Raja penguasa sangat ramah, rendah hati, sabar, adil dan bijaksana. Sehingga sedikit kesulitan yang mereka dapatkan saat membeli bahan makan di sana.

Mereka juga menceritakan kepada Ayahnya bahwa mereka harus membawa adik bungsu mereka ke Mesir jika kembali membeli bahan makanan lagi. Dan apabila tidak membawa adik bungsu, mereka tidak akan dilayani untuk membeli bahan makanan yang mereka perlukan.

Maka dari itu mereka meminta izin kepada ayahnya untuk membawa adiknya Benyamin jika akan membeli bahan makanan ke Mesir. Namun Nabi Yakub AS tidak mempercayai apa yang mereka katakan setelah apa yang terjadi pada Nabi Yusuf AS di masa yang lalu.

Dahulu waktu mengajak Nabi Yusuf AS mereka telah berjanji akan menjaganya dengan baik dan sanggup mengorbankan jiwa raganya. Tetapi yang terjadi mereka meninggalkan Yusuf entah kemana, sehingga Nabi Yakub AS tidak ingin kejadian itu terulang kembali pada Benyamin.

XIII. Kisah Nabi Yakub AS Perintahkan Anak-anaknya Mengambil Bahan Makanan

Kemudian mereka membongkar karung-karung bahan makanan yang telah mereka bawa dari Mesir. Mereka tercengang setelah melihat apa yang ada di dalam karung yang terdapat emas dan perak yang telah mereka bayarkan.

Berlarilah mereka menuju ayahnya utnuk menyampaikan bahwa mereka tidak berdusta bahwa penguasa Mesir itu sangat baik hati. Dengan menunjukkan emas dan perak yang telah mereka bayarkan dipulangkan kembali ke dalam karung bahan makanan. Jadi apa yang mereka terima adalah pemberian percuma dari penguasa Mesir.

Keluarga Nabi Yakub AS menjadi tenang untuk beberapa waktu mendapatkan pemberian percuma dari penguasa Mesir yang tidak mereka kenali itu. Namun persediaan bahan makanan yang terbatas tidak akan bertahan lama tanpa pengisian stok selama musim kemarau habis.

Melihat persediaan bahan makanannya semakin menipis, terpaksa Nabi yakub AS mengutus putra-putranya ke Mesir untuk membeli bahan makanan. Karena para putranya tidak akan berangkat ke Mesir tanpa Benyamin, maka dengan terpaksa Nabi Yakub mengikut sertakan Benyamin bersama mereka.

Diiringi nasihat serta doa Nabi Yakub AS berangkatlah putra-putra Nabi Yakub AS ke Mesir. Sesampai di perbatasan Mesir mereka terbagi menjadi beberapa kelompok untuk menghindari prasangka iri bahwa mereka mata-mata. Setiba di istana kerajaan mereka bertemu dengan pemimpin kerajaan yang merupakan adik mereka sendiri Nabi Yusuf yang tidak mereka kenali.

XIV. Kisah Pertemuan Nabi Yakub AS Dengan Benyamin

Dengan keramahan dan rasa hormat Nabi Yusuf menjamu mereka makan dan disediakan tempat menginap di setiap 2 orang satu rumah. Namun Benyamin diajak bersamanya untuk menginap di istana. Benyamin bercucuran air mata ketika berdua dengan Nabi Yusuf AS yang masih belum dia kenal sebagi Pemimpin Mesir.

Mendengar perkataan adiknya yang menyentuh hati, bercucur juga air mata Nabi Yusuf AS. Kemudian Ia memeluk Benyamin adiknya dengan dan mengaku bahwa dirinya adalah Yusuf kakanya yang telah lama berpisah. Kemudian Nabi Yusuf AS menceritakan penderitaannya selama ia di campakkan ke dalam sumur oleh saudaranya yang lain.

Selain itu Ia juga bercerita diperjual belikan menjadi hamba sahaya, ditahan bertahun-tahun di dalam penjara tanpa kesalahan. Dan atas rahmat Allah SWT pada akhirnya ia di angkat menjadi Wakil Raja Mesir yang berkuasa mutlak. Ia juga berpesan kepada Benyamin untuk merahasiakan apa yang ia ketahui kepada saudaranya yang lain.

Benyamin merasa senang dan gembira setelah mengetahui kakaknya Nabi Yusuf AS yang telah hilang sejak beberapa tahun yang lalu. Benyamin tidak bisa membayangkan bahwa Nabi Yusuf masih hidup dalam keadaan sehat dan tinggal di istana menguasai suatu kerajaan besar.

Karena sejak Nabi Yusuf menghilang, ayahnya Nabi yakub AS tidak pernah terlihat gembira. Nabi Yakub AS selalu diliputi perasaan yang sedih, tidak terlepas di ingatannya tentang putranya Nabi Yusuf AS. Sampai-sampai menjadi putih matanya tiada henti karena kesedihan dan tangisannya. Dalam Alquran Surat Yusuf Ayat 58 sampai 69 Allah SWT berfirman tentang kisah Nabi Yusuf AS.

(gambar yusuf 58-69)

XV. Kisah Nabi Yusuf AS Menahan Benyamin Menjadi Tahanan

Nabi Yusuf AS menerima saudara-saudaranya menjadi tamu selama 3 hari 3 malam. Setelah usai mereka bertamu, bersiap-siaplah saudara-saudara Nabi Yusuf AS untuk pulang kembali ke Negaranya. Karug-karung mereka diisi penuh dengan bahan makanan yang diperlukan.

Kemudian berangkatlah mereka menuju pintu gerbang perbatasan, namun tiba-tiba pengawal istana yang berkuda mengejar mereka. Mereka di suruh berhenti, dilarang untuk meneruskan perjalanan. Akhirnya mereka berhenti dan para pengawal itu mengatakan bahwa piala gelas Raja telah hilang.

Para pengawal itu mencurigai salah satu rombongan putra Nabi Yakub AS telah mengambilnya. Namun saudara-saudara Nabi Yusuf itu terheran-heran karena mereka kesana tidak bertujuan mengacau dan telah merasa berhutang budi. Sehingga tidak mungkin dari mereka mencuri piala gelas itu.

Dan para putra Nabi Yakub tidak keberatan jika para pengawal kerajaan itu menggeledah karung-karung mereka di atas punggung unta. Kemudian para pengawal istana itu membongkar dan memerikasa barang-barang rombongan putra Nabi yakub itu.

Beberapa waktu berselang, salah pengawal kerajaan yang memeriksa berteriak dengan membawa piala di tangannya. Menunjukkan bahwa gelas piala milik Raja telah di temukan. Para putra Nabi Yakub AS itu terkejut dengan heran musibah apa yang menimpa diri mereka.

Mereka tidak percaya bahwa seseorang diantara mereka ada yang melakukan perbuatan yang akan mencemarkan nama baik mereka. Tetapi mereka tidak dapat memungkiri akan kejadian yang menimpa rombongannya. Kemudian salah satu ketua rombongan putra Nabi yakub itu bertanya kepada pengawal, dari mana mereka dapatkan piala itu.

Pengawal istanya menunjukkan kepadanya, ia dapatkan di sebuah bagasi. Ternyata bagasi itu merupakan bagasi milik adik bungsu mereka Benyamin. Sesuai dengan kesepakatan yang telah mereka disetujui maka ditangkaplah Benyamin, ditahan tidak diizinkan ikut rombongan pulang.

XV. Kisah Khawatirnya Saudara-saudara Nabi Yakub Saat Benyamin Ditangkap

Terbayanglah oleh saudara-saudara Nabi Yusuf dan Benyamin, tentang keadaan ayahnya Nabi Yakub AS. Yang sekarang sedang mengalami sakit buta, selalu mengingat-ingat Nabi Yusuf AS. Dan telah dengan berat hati untuk mengizinkan Benyamin untuk ikut bersama mereka ke Mesir.

Karen takut terulang kembali kejadian yang menimpa Nabi Yusuf AS terjadi kepada Benyamin. Walau bagaimanapun mereka harus berhadap dengan ayahnya dengan membawa Benyamin kembali. Dan bila pulang tanpa adanya Benyamin pasti akan membuat penyakit Nabi Yakub makin parah.

Disaat pertanyaan-pertanyaan itu berada dalam fikiran mereka, Benyamin sedang termenung seorang diri tanpa sepatah kata. Benyamin heran, bagaimana bisa gelas piala itu berada di dalam bagasi miliknya. Padahal ia merasa tidak pernah mengambilnya, Ia ingin mnolak akan tuduhan yang diberikan, namun ha itu akan sia-sia.

Berpasrahlah Benyamin kepada Allah SWT akan semua tuduhan yang tidak benar itu kepadanya. Kemudian rombongan putra Nabi Yakub AS dengan beramai mendatangi Wakil Raja Nabi Yusuf AS. Mereka memohon kepada penguasa itu untuk diberikan kebijaksanaan agar Benyamin digantikan salah satu dari antara mereka.

Mereka khawatir akan keadaan ayahnya yang lanjut usia akan membuatnya binasa bila tanpa Benyamin kembali ke rumah. Karena Benyamin merupakan penghibur hatinya setelah Yusuf tiada. Dan disaat mengambil bahan makanan ke Mesir ayahnya dengan berat hati mengizinkan Benyamin ikut bersama mereka.

XVI. Kisah Pulangnya Saudara-saudara Nabi Yusuf AS tanpa Benyamin

Nabi Yusuf AS tetap berpegang teguh pada kesepakatan yang dijanjikan. Barang siapa yang telah ditemukan gelas piala di salah satu bagasi, maka ditangkap dijadikan seorang hamba selama satu tahun.

Karena gagal mendapatkan persetujuan untuk melepaskan Benyamin dari tahanan, maka berkatalah Yahudza kakak tertua mereka. Bahwa ia sudah malu dengan ayahnya bila pulang tanpa Benyamin. Karena mereka telah mendurhakai ayahnya Nabi Yakub dengan melemparkan Yusuf ke dalam sumur, sehingga membuat ayah menderita sepanjang hayat.

Dan kini akan bertambah penderitaan ayahnya apabila ditinggalkannya Benyamin seorang diri di Mesir. Selain itu mereka telah berjanji kepada ayahnya menjaga dan membawa Benyamin kembali pulang. Demi menjaga keselamatan Benyamin, Yahudza memilih tinggal di Mesir tidak pulang ke rumah sebelum sebelum ayahnya Nabi Yakub mengizinkannya pulang.

Kemudian Yahudza menyuruh saudara-saudaranya untuk segera pulang meninggalkan dirinya di Mesir. Dan berpesan kepada saudara-saudaranya untuk mengatakan kepada ayahnya tentang apa yang telah terjadi. Lalu pulanglah rombongan putra Nabi Yakub yang sekarang menjadi 9 dari sebelumnya 11 orang. Karena Yahudza memilih untuk tetap bersama Benyamin yang sedang ditahan di Mesir.

Setiba mereka dirumah, mereka menceritakan tentang apa yang terjadi sebenarnya pada Benyamin dan Yahudza. Nabi Yakub AS menjadi sedih dan merasa tambah menderita setelah kehilangan putranyauntuk yang kedua kalinya. Dan Nabi Yakub berdoa agar diberikan kesabaran dan dapat dipertemukan kembali dengan anak-anak-anaknya.

Sebenarnya mengenai Benyamin yang sedang ditahan oleh pengawal-pengawal kerajaan. Setelah kepergian saudara-saudaranya kembali ke kampung halamannya, Nabi Yusuf memberitahu kepada Benyamin. Bahwa piala raja yang terdapat pada bagasinya merupakan perbuatan para pengawalnya yang memang sengaja diperintahnya.

Nabi yusuf AS bermaksud menahan Benyamin untuk tinggal bersamanya di istana. Dan Yusuf berkata pada Benyamin bahwa kelak di suatu saat nanti akan berkumpul satu keluarga lagi.

Dalam Surat Yusuf ayat 79 sampai 86 Allah berfirman tentang kisah Nabi Yusuf AS.

(gambar yusuf 70-86)

XVII. Kisah Pengakuan Wakil Raja Mesir Tentang Dirinya Sebenarnya

Selama kembalinya putra-putra Nabi Yakub dari Mesir tanpa benyamin dan Yahudza, Ia merasakan kesedihan semakin mendalam. Disetiap malam Nabi Yakub tidak bisa tidur karena mengenang ketiga putranya yang tidak diketahui akan nasibnya. Ia bisa tenang saat sedang menghadap Allah SWT untuk sholat dan bersujud memohon untuk diberikan kesabaran dan keteguhan iman.

Seringkali air matanya bercucuran, hari semakin hari tubuhnya menjadi semakin kurus yang hanya tulang dan kulit. Ditambah lagi kebutaan yang Beliau alami dan matanya menjadi putih. Sehingga menjadi kekhawatiran putra-putranya akan kelangsungan hidup Nabi Yakub. Nabi Yakub yakin pada hatinya bahwa Nabi Yusuf masih hidup.

Kemudian putra-putra Nabi Yakub itu  berusaha ingin menyenangkan hati ayahnya dengan membawa Benyamin dan Yusuf pulang kerumah. Mereka akhirnya berunding membuat rancangan rencana untuk mencari Yusuf dan Benyamin. Mereka memulai pencarian dari Mesir dengan maksud sampingan mengisi persediaan makanan yang telah berkurang.

Tibalah mereka di Mesir untuk ketiga kalinya, mereka bertemu dengan penguasa yang tak lain adalah Yusuf. Mereka meminta agar Benyamin dilepaskan untuk dibawa kembali kepada ayah mereka yang sudah kurus dan menderita buta sejak kakaknya Yusuf tiada.

Mereka sangat mengaharapkan kebijaksanaan Wakil Raja untuk mengabulkan permohonan mereka. Karena dangan kembalinya Benyamin dapat meringankan beban batin dan kesehatannya. Perkataan yang di ucapkan saudara Nabi Yusuf membuatnya terharu mengenai lubuk hatinya.

Sehingga Wakil Raja Mesir yang merupakan Nabi Yusuf menunjukkan mengenalkan siapa sebenarnya dirinya. Nabi Yusuf juga menceritakan kembali secara terperinci tentang perbuatan mereka saudara-saudaranya terhadap dirinya. Kemudian para saudaranya bingung dan kemudian tercengang setelah menyadari bahwa Wakil Raja yang baik hati itu adik mereka Yusuf.

Saudara-saudara Nabi Yusuf menyesali perbuatan mereka dan mereka telah merasa berdosa kepadanya. Mereka pasrah jika Nabi Yusuf akan menimpakan balasan kepada mereka. Nabi Yusuf dengan rendah hati berkata tidak ada manfaatnya menyesali yang sudah lalu, cukup dijadikan pelajaran saja. Nabi Yusuf mendoakan semoga Allah mengampuni dosa mereka.

XVIII. Kisah Pertemuan Nabi Yakub AS Dan Anak-anakNya

Dalam Kisah Nabi Yusuf AS, kemudian Nabi Yusuf AS menyuruh para saudaranya pulang dengan membawa bajunya, dan mengusapkannya pada kedua mata ayahnya. Yang insya’allah akan membuat matanya terang kembali, lalu bawa seluruh keluarga untuk ke istana secepat mungkin.

Maka pulanglah para putra Nabi Yakub AS menuju ke Palestina dengan membawa berita yang gembira untuk ayah mereka. Nabi Yakub AS telah menanti putra-putranya akan pencarian Yusuf dan Benyamin. Disaat para putranya dalam perjalanan pulang, nabi yakub mendapat firasat bahwa Ia akan segera bertemu dengan Nabi Yusuf AS.

Firasat yang Ia dapat, diperoleh saat berada di mihrab beribadah kepada Allah SWT. Suara tangisan Nabi Yakub AS yang menggema di seluruh kota berubah seketika menjadi gelak tawa. Setelah itu berhenti para putra Nabi Yakub AS di depan pintu rumah, dan beramai-ramai masuk ke dalam rumah.

Mereka memeluk ayahnya Nabi Yakub AS dan mengusapkan baju milik Nabi Yusuf AS pada kedua matanya. Dengan seketika mata nabi yakub AS terbuka lebar bersinar memanangi wajah anak-anaknya. Putra-putra Nabi yakub menceritakan kepada ayahnya bahwa mereka telah menemukan Benyamin dan Yusuf.

Selain itu mereka juga menyampaikan bahwa Yusuf mengundang keluarga Yakub untuk berhijrah ke Mesir untuk bergabung menjadi satu di Istana. Kemudian segera berkemas mereka untuk berhijrah ke Mesir.

Setibanya di halaman istana, Nabi Yusuf AS bercucuran air mata dan langsung memeluk ayahnya bersama seluruh keluarga. Demikian pula ayahnya yang bercucuran air mata bahagia, kemudian semuanya bersujud syukur kepada Allah SWT. Dalam Alquran surat Yusuf ayat 87 sampai 101, Allah SWT berfirman tentang kisah Nabi Yusuf AS.

C. Wafatnya Kisah Nabi Yusuf AS

Kisah Nabi Yusuf AS wafat pada umurnya yang ke 120 tahun di Negara Mesir dan di makamkan secara rahasia hingga terkubur di dasar sungai Nil selama waktu 300 tahun. Kemudian Allah SWT mewahyukan kepada Nabi Musa AS untuk memindahkan jenazahnya Nabi Yusuf AS dekat berada makam Nabi Ibrahim AS. Tepatnya di Kota Khalil Negara Palestina.

Demikian kisah Nabi Yusuf AS kali ini, dengan adanya cerita kisah Nabi Yusuf AS ini kita dapat mengambil hikmah dan pelajaran yang dapat kita petik. Yang semoga dapat bermanfaat bagi kehidupan kita kedepannya untuk lebih beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.

Sebelum ======= Selanjutnya

Leave a Reply

error: Content is protected !!