7 Makanan Bergizi Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Pada saat hamil wanita membutuhkan asupan gizi yang lebih banyak dari pada orang normal biasanya. Makanan yang banyak mengandung nutrisi sangat dibutuhkan untuk membantu menjaga kesehatan ibu dan juga janin di dalam kandungan. Jenis-jenis makanan yang dikonsumsi harus dapat mengandung gizi seimbang, yang dapat memenuhi kebutuhan gizi selama kehamilan. Makanan yang dikonsumsi harus diperhatikan dari segi jenis, kuantitas, dan kualitas.

Masa awal kehamilan sering sekali menemukan kasus para wanita mengalami gangguan makanan, rasa lemas, dan gangguan kondisi emosional. Padahal janin di dalam kandungan calon ibu perlu mendapatkan asupan gizi dan nutrisi yang baik, untuk membantu tumbuh kembangnya. Oleh karena itu tubuh sang calon ibu harus tetap mendapat asupan makanan yang baik, sehingga mendapat energi yang baik pula.

Pola makan pada awal kehamilan perlu sekali penjagaan dan perhatian, karena pada awal kehamilan sering sekali mengalami muntah dan mual. Sehingga akan membuat asupan makanan menjadi lebih buruk. Bagi wanita hamil yang merasakan mual dan muntah diusahakan untuk tetap mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil

makanan bergizi untuk ibu hamil

Berikut ini makanan bergizi untuk ibu hamil yang bisa dikonsumsi setiap harinya :

1. Sayuran bayam

Sayuran-sayuran hijau merupakan salah satu makanan bergizi untuk ibu hamil yang sangat baik. Sayuran bayam memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi yang berfungsi untuk dapat mencegah janin cacat tabung saraf atau cacat lahir bagian otak atau sumsum tulang belakang. Bayam juga memiliki kandungan serat, zat besi, vitamin C, dan vitamin A yang sangat baik untuk wanita pada masa kehamilan. Serta bisa menjadi obat pelancar asi.

2. Buah pepaya

Buah pepaya dapat mudah didapatkan di pasar. Buah ini memiliki banyak sekali manfaat untuk sistem pencernaan dan sangat baik untuk wanita hamil. Buah pepaya memiliki kandungan serat, vitamin C, potasium, dan asam folat yang mampu memberikan kebutuhab nutrisi pada wanita hamil. Buah ini juga dapat mengatasi sembelit pada wanita yang sedang hamil.

3. Buah pisang

Buah pisang sangat baik untuk dikonsumsi oleh wanita hamil pada trimester pertama, karena pisang dapat mengurangi rasa mual yang biasanya dialami oleh wanita hamil muda tiga bulan pertama. Buah ini merupakan sumber B6 yang dapat membantu mengatasi morning sickness, pisang juga memiliki kandungan vitamin C, serat, potasium, dab asam folat yang baik untuk wanita hamil.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah makanan bergizi untuk ibu hamil yang menjadi sumber protein dan juga serat yang baik untuk mengatasi sembelit pada wanita hamil. Penyebab seringnya wanita hamil mengalami sembelit, karena adanya tekanan rahim yang semakin membesar. kacang ini bisa menjadi obat penambah asi.

5. Alpukat

Mengkonsumsi buah alpukat sangat dianjurkan bagi ibu hamil, terutama pada trisemerter dua masa kehamilannya. Beberapa kandungan buah alpukat yang bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil adalah vitamin K, vitamin C, vitamin B6, asam folat dan kalium. Selain itu alpukat juga mengandung lemak tak jenuh yang dapat membantu melindungi ibu hamil dari penyakit jantung.

6. Mengkonsumsi telur

Telur merupakan makanan bergizi untuk ibu hamil yang sangat baik untuk memenuhi asupan gizi. Nutrisi pada telur akan membantu dalam perkembangan otak bayi atau janin di dalam kandungan.

7. Madu

Madu sudah digunakan sejak lama untuk memenuhi nutrisi manusia. Selain itu madu juga digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Madu sudah digunakan sejak lama untuk memenuhi nutrisi manusia. Selain itu madu juga digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, seperti meningkatkan kekebalan tubuh, meringankan sakit tenggorokan, mengurangi rasa mulas, menyembuhkan luka bakar dan sederet manfaat lain.

Bagi Anda yang sulit hamil, mengkonsumsi madu secara rutin juga dapat menambah tingkat kesuburan kandungan. Jadi kalau Anda ingin cepat hamil dan mendapat momongan, bisa mencoba untuk minum madu penyubur kandungan asli. Selamat mencoba.

Kunjungi juga: Rental Motor di Bali

Leave a Reply

error: Content is protected !!