Makna Sumpah Pemuda Bagi Pelajar Generasi Muda Dalam Kemerdekaan

Makna sumpah pemuda, kita sebagai generasi penerus bangsa jangan sampai tergerus akan perkembangan jaman. Sehingga melupakan kita akan sejarah bangsa kita sendiri yaitu bangsa Indonesia. Salah satu dari berbagai macam sejarah kemerdekaan yang ada di Negara Indonesia adalah Makna Sumpah Pemuda. Maka dari itu kali ini lenterhidup akan membagikan apa itu pengertian, isi, makna sumpah pemuda bagi pelajar generasi muda dalam kemerdekaan.

Pengertian Sumpah Pemuda

Makna Sumpah Pemuda adalah salah satu satu tonggak utama yang ada di dalam sejarah terjadinya pergerakan kemerdekaan di negara Indonesia. Ikrar dalam sumpah pemuda ini telah dianggap sebagai kristalisasi pengukuhan semangat supaya menegaskan akan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

makna sumpah pemuda

Yang dimaksud “Sumpah Pemuda” adalah suatu keputusan yang ada pada Kongres Pemuda Kedua yang telah diselenggarakan selama waktu dua hari yaitu pada tanggal 27 sampai 28 Oktober Tahun 1928 terletak di Batavia (Jakarta).

Apa itu yang dimaksud Sumpah Pemuda?

makna sumpah pemuda

Keputusan sumpah pemuda isinya menegaskan cita-cita akan adanya “tanah air Indonesia”, “bangsa Indonesia”, dan “bahasa Indonesia”. Keputusan dalam sumpah pemuda ini juga diharapkan menjadi suatu asas bagi setiap “perkumpulan kebangsaan Indonesia” yang ada dan supaya “disiarkan kesegala surat kabar dan dibacakan di muka rapat perkumpulan-perkumpulan”.

Isi Sumpah Pemuda

makna sumpah pemuda

Istilah “Sumpah Pemuda” sendiri sebenarnya tidak begitu saja muncul saat ada didalam putusan kongres tersebut. Istilah sumpah pemuda diberikan setelahnya. Berikut ini adalah bunyi dari tiga keputusan dalam kongres sumpah tersebut. Sebagaimana yang telah tercantum pada prasasti di dinding Museum Sumpah Pemud. Penulisan teks sumpah pemuda saat itu menggunakan ejaan van Ophuysen.

Pertama: Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kedoea: Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Ketiga: Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Makna Sumpah Pemuda Bagi Pelajar Generasi Muda Dalam Kemerdekaan

makna sumpah pemuda

Makna Sumpah Pemuda adalah salah satu sejarah yang sangat penting di negara Indonesia khususnya bagi para pemuda generasi bangsa. Seperti yang sudah diketahui, bahwa isi dari kongres sumpah pemuda itu ada tiga hal penting yang disampaikan saat itu.

Isi sumpah pemuda yang disampaikan saat itu yaitu bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu. Tiga hal itu merupakan suatu faktor yang sangat penting bagi negara Indonesia.

Sumpah Pemuda adalah sebuah bukti otentik bahwaannya pada tanggal 28 oktober 1928 Bangsa Indonesia telah dilahirkan. Proses kelahiran Bangsa Indonesia itu merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu.

Kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi Mengangkat Harkat dan Martabat Hidup Orang Indonesia Asli. Kemudian tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil dalam mencapai kemerdekaanya 17 tahun kemudian. Yaitu pada tanggal 17 Agustus 1945.

Sesuai dengan namanya, Sumpah Pemuda dirumuskan oleh para pemuda. Kemudian mereka menjadikannya sebagai dasar dalam membangkitkan rasa nasionalisme. Para pemuda tidak lagi berjuang sendiri, melainkan berjuang bersama-sama.

Perlu kita ketahui, Sumpah Pemuda terlahir tidak lahir begitu saja. Ada banyak hal yang telah melandasi para pemuda untuk bertekad dalam bersatu. Mereka saat itu berpikir tidak akan bisa membuat Indonesia menjadi merdeka apabila berjuang dengan kelompoknya sendiri.

Kegagalan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia membuat mereka sadar bahwa rasa nasionalisme harus dipadukan. Karena itu, diadakanlah Kongres Pemuda I dan II. Mereka menjadi satu, menjadi “Pemuda Indonesia”.

Semangat persatuan para pemuda dulu harus diikuti pemuda masa kini. Yaitu, mengisi kemerdekaan dengan hal positif yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Para pemuda jangan suka berfoya-foya, jangan saling adu domba, jangan hanya memikirkan harta, wanita dan tahta, karena itu HINA…!!!

Bangun Agamamu dengan baik, bangun kecerdasanmu, bangun pengetahuanmu, bangun wawasannmu, bangun akhlakmu dengan sebaik-baiknya. Kita berasal dari air hina, kemudian dibentuk menjadi bayi yang suci lalu kemudian berakhir menjadi bangkai.

Gambar Sumpah Pemuda

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Leave a Reply

error: Content is protected !!