Manfaat Organisasi Bagi Kehidupan Serta Pengertian, Fungsi & Tujuannya

Fungsi Tujuan Manfaat Organisasi dan Pengertian Organisasi – Sebagai manusia kita yang hakikatnya merupakan sebagai makhluk sosial. Bertergantungan terhadap orang lain yang tidak bisa hidup sorang diri. Dalam kegiatan sehari-hari kita perlu adanya interaksi sosial yang dilakukan, salah satunya di dalam organisasi. Adapun manfaat organisasi  sangatlah banyak bagi  kita.

Manfaat Organisasi

Lenterahidup.net

Bentuk organisasipun beragam dari anak-anak sampai orang dewasa, dari organisasi yang buruk sampai organisasi yang baik. Dan kini baru saya rasakan ternyata banyak sekali manfaat organisasi. Karena waktu sekolah dulu tidak pernah saya mengikuti sebuah organisasi. Dan kini saya berkumpul bersama orang yang terbiasa berorganisasi.

Ternyata wawasan orang yang berorganisasi dan yang tidak pernah berorganisasi itu berbeda. Berikut saya akan membahas sedikit tentang organisasi.

Pengertian Organisasi

Manfaat Organisasi

Lenterahidup.net

Organisasi ialah sekumpulan atau sekelompok orang yang berada dalam satu tempat dengan tujuan yang sama. Organisasi terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek dorongan tujuan yang sama.

Tersusun dari dari beberapa pengurus, seperti ketua, wakil ketua,sekertaris, bendahara, para seksi. Sehingga sebuah organisasi itu tersusun rapi untuk menuju tujuannya.

Dengan memberi kontribusi terhadap masyarakat melalui pengambilan sumberdaya masyarakat. Mampu mengurangi dan menekan angka pengangguran sehingga dapat diterima oleh masyarakat.

Sederhananya organisasi merupakan wadah untuk menampung segala aspirasi, pikiran serta pendapat dari para anggota. Lalu didiskusikan dan disimpulkan setelah itu duambil keputusan bersama.

Fungsi Tujuan dan Manfaat Organisasi

Berikut ada beberapa manfaat organisasi bagi kehidupan kita, baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Manfaat Organisasi

Lenterahidup.net

  1. Pencapaian tujuan lebih efisien. Karena dengan pemikiran dan kerja banyak orang, tujuan itu akan bisa dilakukan dengan cepat.

    Manfaat Organisasi

    Lenterahidup.net

  2. Mengatasi permasalahan lebih mudah. Di dalam organisasi suatu permasalahan merupakan hal yang biasa. Karena keputusan harus dikomunikasikan bersama. Maka dari itu semua anggota harus berperan aktif dalam memecahkan masalah. Agar tidak mengakibatkan dampak negatif di masyarakat. Sehingga para anggota mampu bersikap dan menyikapi setiap permasalahan.

    Manfaat Organisasi

    Lenterahidup.net

  3. Muncul semangat kerjasama. Anggota kelompok dituntut ikut serta dalam hal yang berkaitan dengan kelompok. Dengan dibutuhkannya kerjasama anggota, sehingga para anggota terpacu semangatnya untuk mencapai tujuan yang mereka hendaki.
  4. Berkembangnya kemampuan bicara di depan umum. Kemampuan dan keberanian untuk berbicara di depan umum tidaklah mudah bagi sebagian orang. Butuh waktu  untuk kita melatihnya. Organisasi merupakan tempat yang tepat untuk mengembangkan bicara ke depan umum. dengan berpidato, memberikan pendapat dan sebagainya.

    Manfaat Organisasi

    Lenterahidup.net

  5. Jiwa kepemimpinan terlatih. Karena di organisasi jiwa kepemimpinan kita jadi terlatih. Dengan mengedepankan kepentingan umum dari pada  kepentingan pribadi. Juga kita akan diajarkan bagaimana cara mengambil keputusan yang bijaksana tanpa merugikan  pihak manapun.
  6. Melatih kita untuk berinteraksi dengan berbagai karakter orang. Karena di organisasi kita akan bertemu dengan berbgai macam orang yang berbeda. Dan pertemuan iktu kita akan berinteraksi satu sama lain. Sehingga kita dapat belajar dan mengetahui dan menyikapi dari setiap karakter orang-orang tersebut.

    Manfaat Organisasi

    Lenterahidup.net

  7. Wawasan dan pengetahuan kita menjadi lebih luas. Di organisasi biasanya terdapat acara seminar, pidato, maupun pelatihan tentang pembagian ilmu. Sehingga dengan acara-acara tersebut wawasan dan pengetahuan kita akan bertambah.
  8. Pergaulan kita menjadi luas. Karena kita bertemu dengan berbagai macam orang dari berbagai daerah. Dan dalam anggota organisasi saling ada keterikatan satu sama lain.
  9. Mampu menunjukkan jati diri dan kepribadian. karena dengan berorganisasi kita akan mengutaran pendapat yang sesuai kepribadian kita.
  10. Terbentuknya Emotional Intelegent Quotien. Dengan pengaruh lingkungan organisasi, mampu mempengaruhi emosi seseorang. Lingkungan yang baik akan dapat menciptakan emosi yang baik. Lingkungan yang buruk dapat mempengaruhi emosi yang buruk.
  11. Mambantu kita untuk membagi waktu. Karena di organisasi kita akan dibiasakan menghargai dan membagi waktu kegiatan kita.
  12. Melatih rasa tanggung jawab. Karena di organisasi akan ada kedudukan pengurus. setiap pnegurus akan diberikan tanggung jawab yang berbeda. Sehingga itu akan membuat kita terbiasa bertanggung jawab.
  13. Menumbuhkan kedisplinan. Karena di organisasi kita akan memerlukan etos kerja dan kedisiplinan, sehingga kita menjadi terbiasa.
  14. Menumbuhkan sikap percaya diri. Karena di organisasi kita dibutuhkan ide untuk menyampaikan-menyampaikan pendapat dan ide. Dan secara tidak langsung akan menumbuhkan rasa percaya diri.
  15. Melatih kita menghadapi sebuah tekanan. Dalam organisasi kita akan menghadapi berbagai permasalahan dan tekanan. Kita dituntut untuk menyelesaikan permasalahan yang ada dengan kuat dan baik.
Manfaat Organisasi

Lenterahidup.net

Demikian sebagian manfaat organisasi yang saya definisikan, semoga bermanfaat bagi pembaca. Khususnya para pemuda dan juga saya sendiri, supaya lebih termotivasi untuk giat mengikuti organisasi.

Leave a Reply

error: Content is protected !!