Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan, Tubuh, Mental, Kecantikan Dan Otak Manusia

Manfaat Olahraga – Banyak manfaat olahraga bagi kesehatan, tubuh, mental, kecantikan dan otak manusia yang selama ini saya rasakan di keseharian saya. Yang mampu membantu dalam berbagai hal aktifitas harian. Karena badan menjadi segar dan berstamina, apalagi bila dituntut untuk melakukan pekerjaan yang keras.

manfaat olahraga

lenterahidup.net

Sebenarnya sudah diketahui oleh banyak orang akan manfaat olahraga untuk kesehatan dan kehidupan manusia. Hanya saja, masyarakat sedikit mengetahui akan manfaat olahraga. Sehingga masih sedikit masyarakat yang mau memilih untuk melakukan olahraga.

Masyarakat yang sering berolahraga merupakan masyarakat yang sadar dan peduli akan pentingnya manfaat berolahraga untuk kesehatan maupun kehidupan mereka. Namun sayangnya masih banyak masyarakat yang sibuk bekerja mengabaikan pentingnya olahraga.

Menurut ahli kesehatan, kita dianjurkan untuk berolahraga setiap hari kurang lebih minimal 30 menit. Tetapi untuk melakukan itu dibutuhkan kesadaran kepada masyarakat betapa pentingnya manfaat olahraga untuk kesehatan dan kehidupan mereka.

Berbagai Manfaat Olahraga Untuk Manusia

Ada banyak akan manfaat berolahraga untuk kehidupan yang mungkin masih belum kita ketahui. Berikut beberapa manfaat olahraga untuk kesehatan dan kehidupan kita:

1. Membuat Perasaan Menjadi Gembira

manfaat berolahraga

lenterahidup.net

Karena dengan melakukan olahraga, bisa meningkatkan hormon endorfin (hormon pemicu kebahagiaan) yang baik untuk otak. Selain itu juga dapat mengurangi hormon kortisol (hormon pemicu stress).

Dengan melakukan olahraga semua beban fikiran, kecemasan, stress akibat pekerjaan maupun kesibukkan menjadi berkurang dan menghilang. Sehingga suasan hati kita menjadi gembira dan merasa segar kembali. Olahraga telah terbukti untuk obat mengatasi depresi dan kecemasan

2. Menyehatkan Jantung Dan Paru-paru

manfaat olahraga

lenterahidup.net

Karena dengan melakukan olahraga denyut jantung meningkat, tubuh kita butuh lebih banyak supply darah. Sehingga jantung memompa darah lebih banyak pula, detak jantung yang menunjukkan efektivitas kerjanya.

Saat berolahraga kadar kolestrol HDL dan tekanan darah kita akan menurun. Sehingga akan menurunkan dan mengurangi resiko untuk terjadinya serangan jantung maupun stroke.

Menurut ahli kesehatan detak normal jantung sebanyak 60 sampai 30 kali setiap menit. Jantung memompa darah yang mengandung oksigen, disebar ke berbagai organ serta jaringan tubuh melalui pembuluh darah.

3. Meningkatkan Metabolisme, Mencegah Asam Urat, Kolestrol Dan Diabetes

manfaat olahraga

lenterahidup.net

Karena dengan melakukan olahraga, sistem metabolisme kita dalam tubuh bekerja keras untuk membakar kalori, kadar gula berlebih dan menghilangkan asam urat. Sehingga mampu menghilangkan kolestrol jahat serta mengurangi kelebihan gula darah dan mengurangi asam urat. Sehingga membuat tubuh berkeringat dan lemak berkurang karena menjadi energi tubuh.

4. Menurunkan Berat Badan, Membentuk Dan Merampingkan Tubuh

manfaat olahraga

lenterahidup.net

Karena dengan olahraga mampu dapat membakar lemak dalam tubuh kita yang keluar melalui keringat. Tergantung kita akan mengecilkan bagian tubuh yang mana. Bila perut, kita lakukan latihan olahraga perut seperti pushup, shitup maupun berlari.

Maka lemak dibagian akan terbakar dan berkurang, tergantung rutin tidaknya kita untuk berolahraga. Karena untuk memiliki badan ideal yang sehat alami, diperlukan kesabaran untuk melakukannya.

5. Pertumbuhan Tulang Meningkat

manfaat olahraga

Karena dengan melakukan olahraga yang dilakukan dengan gerakan dan cara yang baik. Mampu menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan dan mengoptimalkan pertumbuhan tulang. Bahkan untuk masa-masa pubertas ataupu setelahnya mampu meningkatkan ketinggian badan.

Kita bisa melakukan peregangan, melenturkan tubuh kita untuk merangsang tubuh kita mengeluarkan hormon HGH. HGH yang merupakan hormon untuk pertumbuhan manusia sehingga akan meningkatkan pertumbuhan tulang dan tinggi badan.

6. Kepadatan Tulang Terjaga

manfaat olahraga

lenterahidup.net

Karena dengan kita berolahraga kepadatan tulang kita menjadi meningkat. Sehingga olahraga menjadi cara yang efisien dan murah untuk kita lakukan menjaga kesehatan tulang.

Untuk hasil yang maksimal kita bisa berolahraga di pagi hari, saat sinar matahari mengandung vitamin D. Diperlukan tubuh untuk penyerapan kalsium ke dalam tulang.

Selain itu kita juga meningkatkannya lagi dengan makanan yang mengandung banyak kalsium dan vitamin D. Tetapi tidak cukup itu kita harus menghindari pola hidup yang tidak sehat. Seperti makanan-makanan berlemak setiap hari, bersoda, berkafein, bermicin atau mengandung bahan kimia, beralkohol dan sebagainya.

7. Tidur Menjadi Berkualitas Dan Mencegah Insomnia

manfaat olahraga

lenterahidup.net

Karena dengan berolahraga, mampu mendorong kita dalam menjalani kebiasaan hidup yang sehat. Salah satu kebiasaan hidup itu mampu membantu tidur kita lebih nyenyak saat malam dan bangun dengan segar keesokan harinya. Sebab olahraga mampu meredakan stress dan membangkitkan mood positif, sehingga menghasilan tidur yang lelap dan tenang.

8. Fleksibelitas (Kelenturan) Otot Terjaga

manfaat olahraga

lenterahidup.net

Karena dengan olahraga, saat kita melakukan gerakan dan peregangan akan memperpanjang jangkauan serat otot pada tulang. Dengan semakin panjangnya serat otot, maka semakin mudah kita untuk meningkatkan ukuran dan kekuatan otot tersebut.

Semakin kuat serat otot yang kita miliki, maka akan mendorong kerja metabolisme dan meningkatkan kebugaran tubuh kita secara keseluruhan. Dengan mempunyai otot yang lentur mampu memudahkan kita menjalani rutinitas keseharian serta menurunkan resiko cidera.

9. Menjaga Sistem Imun (Kekebalan Tubuh)

manfaat olahraga

lenterahidup.net

Karena dengan melakukan olahraga, sistem kekebalan tubuh positif kita meningkat. Hormon makrofag (sel-sel menyerang bakteri) produksinya meningkat, dan beredar ke seluruh tubuh kita. Sehingga mampu dengan cepat membunuh virus dan bakteri di dalam tubuh.

Pada umumnya sistem kekebalan tubuh kita kembali normal setelah beberapa jam selesai berolahraga. Namun dengan rutinitas olahraga yang teratur, mampu membuat perubahan dan sistem kekebalan bertahan semakin lama.

10. Meningkatkan Kepercayaan Diri

manfaat olahraga

lenterahidup.net

Karena dengan melakukan olahraga, kepercayaan dirikita secara fisik akan meningkat. Karena salah satu datangnya kepercayaan diri berasal dari kesehatan fisik setelah kesehatan mental dan kesehatan kejiwaan.

Dengan terciptanya pembentukan kesempurnaan otot pada tubuh, maka secara otomatis kepercayaan diri kita akan terbentuk. Dan disaat kita merasa tidak lebih baik, olahraga menjadi solusi yang baik untuk membuat perasaan kita menjadi lebih baik. Sehingga kita bisa tampil dengan lebih percaya diri  lagi.

11. Lebih Terlihat Awet Muda

manfaat olahraga

lenterahidup.net

Karena dengan melakukan olahraga, dapat membuat kulit kita menjadi lebih kencang, cerah serta dapat menghilangkan panu maupun keriput. Olahraga mampu malancarkan peredaran darah menjadi teratur, sehingga mampu meregenerasi dan menutrisi kulit.

Selain itu, dengan olahraga  mampu mengeluarkan keringat yang mengandung racun dan kotoran melalui pori -pori secara otomatis ikut keluar. Sehingga badan kita kembali menjadi segar dan penuh stamina.

12. Meningkatkan Daya Ingat Otak

manfaat olahraga

lenterahidup.net

Karena dengan melakukan olahraga, mampu meningkatkan peredaran darah. Peredaran darah tersebut menuju keseluruh tubuh, salah satunya menuju ke otak. Menurut para ilmuan kesehatan berjalan kaki selama 2,5 jam setiap minggu mampu meningkatkan daya ingat pada orang berusia diatas 50 tahun.

13. Terhindar dari Kanker Usus Besar

manfaat olahragalenterahidup.net

Dari beberapa peneliti dari ilmuan kesehatan mengungkapkan, bahwa pasien kanker yang terbiasa duduk melebihi enam jam. Kemungkinan meninggal karena memiliki penyakit kanker usus besar 36%. Sedangkan pasien yang sering berolahraga memiliki kemungkinan kematian lebih rendah 28%.

12. Terhindar Dari Resiko Kanker Payudara

manfaat olahraga

lenterahidup.net

Dengan berolahraga mampu menyeimbangkan hormon di dalam tubuh, terutama pada tubuh wanita. Apabila tidak segera ditangani dan diobati dapat menyebabkan kanker payudara. Untuk mencegah terjadinya kanker payudara anda bisa melakukan olahraga untuk menyeimbangkan hormon tubuh terutama hormon estrogen.

13. Lebih Bertenaga Dan Tidak Mudah Lelah

manfaat olahraga

lenterahidup.net

Karena dengan berolahraga, otot-otot kita menjadi terlatih dan berkembang menjadi kokoh dan kuat. Juga menyebabkan aliran oksigen pada tubuh kita terjaga. Sehingga efisien saat kita bekerja membuat kita lebih bertenaga dan tidak mudah lelah.

14. Meringankan Mual Saat Hamil Muda

manfaat olahraga

lenterahidup.net

Dengan berolahraga jalan-jalan di pagi hari dengan menghirup udara segarnya, mampu meringankan rasa mual pada ibu yang sedang hamil.

15. Meningkatkan Gairah Seks

Manfaat olahraga

lenterahidup.net

Menurut penelitian para ilmuan kesehatan, olahraga mampu meningkatkan gairah seks bagi orang dewasa. Karena dengan olahraga mampu meningkatkan hormon totestron (hormon yang mempengaruhi gairah seksual).

Demikian beberapa manfaat olahraga yang dapat saya bagikan, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca di lenterahidup.net.

Leave a Reply