Manfaat Sholat 5 Waktu Untuk Kehidupan Manusia

Sholat secara bahasa artinya adalah doa. Sedangkan secara syara’ adalah suatu bentuk ritual ibadah yang diawali dengan takbirotul ihram dan diakhiri denagn salam. Sholat wajib 5 waktu diwajibkan bagi setiap muslim yang sudah aqil baligh.

Allah mewajibkan sholat 5 waktu ini bukanlah semata-mata Allah dzolim dan menindas hambanya sebagaimana Fir’aun yang menyuruh rakyatnya untuk menyembah dirinya. Justru kebalikannya, sebab terdapat manfaat yang luar biasa dalam sholat 5 waktu. Baik secara syara’ atau secara medis. Tidak mungkin Allah mewajibkan sesuatu yang mudharat bagi hambanya.

Manfaat sholat secara syara’ adalah mengantarkan seorang hamba untuk berkomunikasi dengan Tuhan. Bacaan sholat memiliki kandungan yang sangat mendalam untuk kepentingan hidup manusia, baik kepentingan dunia atau akhiratnya.

Sedangkan secara medis, gerakan sholat dan waktu pelaksanaan sholat juga memili manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah manfaat sholat 5 waktu bagi kehidupan manusia:

Manfaat Sholat 5 Waktu

manfaat sholat 5 waktu

1. Sebagai Wujud pengabdian Hamba pada Sang Kuasa

Melaksanakan perintah sholat adalah wujud dari pengabdian seorang hamba kepada sang khaliq yang telah menciptakannya. Seandainya sholat tidak diwajibkan pun memang sudah sepantasnya Allah patut untuk disembah. Sebab Allah telah memberikan ni’mat kehidupan kepada kita, yang mana dengan hidup kita dapat merasakan ni’mat emosional berupa senang, sedih, gembira, cinta, rindu, marah, dll. Dengan adanya ni’mat emosional itu kita belajar memahami arti kehidupan yang sesungguhnya, bahwa memang Allah adalah pemberi ni’mat yang luar biasa. Mereka yang tidak bisa merasakan ni’mat dalam kesedihan, marah dan kecewa adalah mereka yang gagal mensyukurinya. Semua manusia pasti mersakan gejala emosional tersebut, termasuk nabi dan rasul, mereka juga merasakan sedih, senang, kecewa, dll. Namun mereka bersabar dan mensyukurinya sehingga mereka dapat merasakan ni’matnya.

2. Menjauhkan dari keburukan

Sebagaimana yang sering kita dengar, sesungguhnya sholat dapat mencegah dari perkara keji dan munkar. Memang benar, jika ada orang yang mendirikan sholat namun tidak terhindar dari perkara keji dan munkar maka hampir dipastikan bahwa sholatnya belum benar. Kenapa sholat mampu menghindarkan kita dari keburukan? Sebab salah satu manfaat sholat yang terkandung di dalamnya mengandung proteksi atau pertahanan yang menolak dari energi negativ. Oleh sebab itulah seseorang yang dalam sholatnya benar dan menjaganya akan senantiasa terhindar dari keburukan. Dan otomatis akan menarik energi positiv berupa kebaikan-kebaikan yang terasa ringan untuk dikerjakan.

3. Ada kejadian yang Luar Biasa dalam Kehidupan Kita

Seseorang yang benar dan menjaga sholatnya akan senantiasa dimudahkan segala urusannya oleh Allah. Terkadang terdapat sesuatu yang diluar nalar terjadi pada diri kita. Misalnya dimudahkan dalam hal rizki, selesainya persoalan hidup dengan mudah. Solusi-solusi tersebut terkadang mengalir dengan sangat lembut tanpa kita duga. Itulah balasan bagi orang yang dengan mudah, ringan dan senang hati dalam menjalankan perintah Allah. Allah pun akan memudah dan meringankan persoalan kita. Dan sebaliknya bagi orang yang dengan berat hati atau bahkan merasa enggan menjalankan perintah Allah. Persoalan dan masalah hidupnya pun akan terasa berat dan seakan tidak pernah selesai.

4. Gerakan Shalat mencegah Osteoporosis

Manfaat Shalat yang Lain adalah mencegah dari pengeroposan tulang atau osteoporosis. Dalam dunia medis, cara untuk menghindari osteoporosis adalah dengan memperbanyak konsumsi kalsiu. Namun bagaimana jika banyak konsumsi kalsium namun pola hidupnya tidak mendukung dalam menyehatkan tulang. Baru-baru ini ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa gerakan sholat dapat mencegah dari pengeroposan tulang. Sebab gerakan shalat itu merupakan wujud dari senam ringan yang dalam sehari dilaksanakan sampai 5 kali. Belum lagi ditambah dengan ibadah sunnahnya seperti sholat tahajud atau sholat dhuha. Yang lebih menakjubkan lagi adalah, gerakan shalat ini sudah terbiasa dilakukan oleh seorang muslim sejak usia usia baligh (kira-kira usia 10 tahun) sampai ajal menjemput. Bukankah itu sehat sekali.

5. Waktu paling Mustajab untuk berdoa

Karena esensi dari sholat itu adalah doa, dan Allah yang telah menetapkan waktunya dalam mendirikan sholat, menunjukkan pada saat melaksanakan sholat itu adalah waktu yang mustajab untuk berdoa. Oleh sebab itu jangan sampai meninggalkan doa setelah selesai sholat. Lebih khusus lagi adalah di waktu subuh. Sebab Waktu subuh adalah waktu yang paling disukai oleh para malaikat. “Maka waktu itu para malaikat turun ke bumi untuk menyaksikan shalatnya umat mu’min”. (QS. Al-Isra :78). Bahkan ketika kita berdoa dan memohon kepada Allah di waktu ini para malaikat juga ikut membantu mendoakan agar dikabulkan oleh Allah Subhannahu wata’ala. Jangan lupa baca asmul husna terlebih dahulu sebelum berdoa biar afdol.

6. Manfaat Sholat 5 Waktu Untuk Obat dan Terapi Organ Dalam

Manfaat sholat yang lain untuk kesehatan adalah sebagai obat jantung dan ginjal pada waktu shalat dzuhur.Sebab,keadaan bumi saat ini mulai panas, bahkan terdapat energi api/panas yang keluar dari bumi. Keadaan energi panas inilah yang dapat mempengaruhi kondisi sistem pencernaan dan hati anda. Dan pada waktu sholat ashar Manfaat sholat adalah untuk therapy. Sholat ashar yang dilaksnakan dengan tepat waktu dapat mengelompokkan zat-zat kimia dalam tubuh secara otomatis. Pada Waktu sholat ashar keadaan alam berwarna orange. Hal ini baik untuk kesehatan organ dalam seperti rahim, prostat, ovarium dan testis. Intinya adalah membantu menyuburkan sistem reproduksi. Dan pada saat kita melakukan gerakan sholat ini ada suatu perpindahan siklus. Yaitu dari suhu panas ke suhu dingin. Hal ini baik untuk terapi kemih. Begitu juga dengan sholat maghrib juga dapat memberikan dampak positif seperti halnya shalat ashar. Sedangkan pada shalat isya’ dapat menentramkan jiwa dan ketenangan. Sebab dengan sholat isya’ tepat waktu dapat menjaga sistem kontrol otak yang sedang bekerja.

Demikian Manfaat Sholat 5 Waktu Untuk Kehidupan Manusia Semoga Dapat Bermanfaat

Leave a Reply

error: Content is protected !!