Pencemaran Tanah Air dan Udara Serta Cara Mengatasinya Secara Langsung

Pada kesempatan kali ini lenterahidup akan membagikan tentang pengertian pencemaran tanah, air dam udara. Penyebab pencemaran tanah, air dan udara. Contoh pencemaran tanah, air dan udara. Akibat pencemaran tanah, air dan udara. Cara mengatasi pencemaran tanah, air dan udara serta gambar pencemaran tanah air dan udara.

Di bumi yang kita tinggali ini ketiga elemen tersebut mempunyai peranan terpenting dalam menjaga kelestarian makhluk hidup di bumi. Maka dari itu kita harus mengetahui apa saja yang bisa mempengaruhi terjadinya pencemaran tanah, air dan udara.


Maka dari itu mari kita simak apa penyebab terjadinya pencemaran tanah air dan udara serta cara mengatasinya secara langsung dibawah ini:

Pencemaran Tanah

Tanah merupakan suatu lapisan terluar bumi atau yeng memiliki kandungan senyawa organik maupun anorganik. sungai dan lautanpun mempunyai dasar yaitu tanah. Karakteristik tanah di setiap wilayah sangat berbeda dengan karakteristik tanah di wilayah yang lainnya.

pencemaran tanah

Pembentukan terjadinya perbedaan akan karakteristik tanah tersebut dipengaruhi akibat adanya senyawa organik yang ada disekitarnya. Terjadinya tanah terbentuk akibat terjadinya pelapukan dari organisme dan pelapukan dari bebatuan. Karakteristik dari tanah bisa dilihat dari warna dan teksturnya.

Pengertian Pencemaran Tanah

Pengertian pencemaran tanah adalah terjadi masuk atau dimasukannya suatu senyawa organik atau anorganik yang mampu merusak dan menurunkan kualitas tanah, sehingga orgasme disekitarnya rusak.

Penyebab Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah bisa terjadi karena pencemaran air dan udara, sebab air dan udara adalah bagian dari tanah. Proses masuknya sebuah polutan kedalam tanah bisa terjadi karena dibawa oleh kedua komponen air dan udara itu.

Berikut ini merupakan penyebab pecemaran tanah menurut pada bentuknya:

1. Pencemaran Tanah Akibat Limbah Cair

Limbah cair adalah suatu limbah yang bentuknya dalam berbagai bentuk cair atau air. Adapun asal dari limbah cair ini berasal dari suatu limbah rumah tangga ataupun industri. Senyawa kimia limbah cair tersebut bisa masuk kedalam pori-pori yang ada di tanah.

2. Pencemaran Tanah Akibat Limbah Padat

Limbah padat adalah limbah yang bentuknya padat atau sulit terurai. Adapun asal dari limbah padat ini bisa berasal dari limbah rumah tangga yang membuang sampah anorganik disembarang tempat.

Karena limbah padat tidak bisa diuraikan oelh adanya jamur dan bakteri. Sampah tersebut akhirnya akan menumpuk dan menimbulkan masalah besar bagi pencemaran tanah.

Contoh Pencemaran Tanah

Contoh Pencemaran Tanah Dari Limbah Padat

1. Adanya limbah padat seperti pecahan kaca, sampah plastik, logam atau juga karet yang ditimbun di atas atau di dalam tanah.

Contoh Pencemaran Tanah Dari Limbah Cair

1. Adanya limbah cair yang dihasilkan dari adanya sisa pestisida yang berasal dari adanya kegiatan pertanian yang telah meresap ke dalam tanah.

2. Limbah cair yang berasal dari deterjen yang telah dibuang ke tanah secara langsung.

Akibat Pencemaran Tanah

Dampak Akibat Pencemaran Tanah dari Limbah Cair

Dampak akibat pencemaran tanah yang berasal dari sampah atau limbah cair yang mengandung pestisida dan deterjen bisa membunuh orgasme bakteri pengurai di tanah.

Sehingga hal tersebut bisa mengganggu terjadinya proses terjadinya penguraian senyawa organik dan menurunkan produktivitas kesuburan tanah.

Dampak Akibat Pencemaran Tanah dari Limbah Padat

Dampak akibat pencemaran tanah yang berasal dari sampah atau limbah pecahan kaca, plastik, karet, logam yang sulit untuk diuraikan di tanah. Dampak akibat pencemaran tanah tersebut bisa menurunkan karakter kesuburan tanah yang produktif.

Cara Mengatasi Pencemaran Tanah

1. Limbah sampah plastik, kaca, logam dan karet di daur ulang.

2. Limbah cairan deterjen jangan dibuang ditanah, namu di tampung pada bak penampung untuk dilakukan pengendapan, penyaringan, lalu penjernihan.

Gambar Pencemaran Tanah

pencemaran tanah


Pencemaran Air

 

Pengertian Pencemaran Air

Penyebab Pencemaran Air

Contoh Pencemaran Air

Akibat Pencemaran Air

Cara Mengatasi Pencemaran Air

Pencemaran Udara

Pengertian Pencemaran Udara

Penyebab Pencemaran Udara

Contoh Pencemaran Udara

Akibat Pencemaran Udara

Cara Mengatasi Pencemaran Udara

Comments (2)

  1. robert 24 Februari 2017
  2. Bunda Mala 25 Februari 2017

Leave a Reply