Awas Berbahaya! Jangan Sampai Anda Terkena Penyakit Antraks, Ini Penyebabnya

Apa itu antraks? Apa yang dimaksud dengan penyakit antraks? Mungkin itu pertanyan yang ada di beberapa orang dari kita yang memang masih belum tahu apa itu penyakit antraks. Maka dari itu lenterahidup kali ini akan membagikan penjelasan akan definisi pengertian, penyebab, jenis-jenis, gejala,  cara penularan, pengobatan dan pencegahan penyakit antraks.

Definisi Penyakit Antraks

Penyakit di sebut Antraks atau anthrax ini adalah salah satu penyakit yang termasuk kedalam kelompok penyakit yang menular. Penularan akan penyakit ini juga memang terbilang sangat akut, penyakit antraks disebabkan oleh adanya bakteri Bacillus anthracis.

penyakit antraks

Bakteri Bacillus anthracis adalah salah satu bakteri yang tergolong bakteri yang sangat mematikan, bentuknya sendiri juga paling ganas. Penyakit Antraks ini lebih sering menyerang hewan herbivora seperti hewan ternak, nta, kambing, dan antelop.

Tetapi penyakit antraks kini bisa menjangkiti tubuh manusia manusia karena terekspos dari adanya hewan-hewan yang sudah terjangkit dan kemudain tertular spora antraks yang memiliki kadar tinggi.

Arti Antraks adalah “batubara” yang jika disambungkan ke dalam bahasa Yunani, istilah tersebut digunakan sebab perubahan kulit para korban yang berubah menjadi hitam.

Antraks lebih terdengar secara umum pada negara-negara yang berkembang atau negara-negara tanpa adanya program kesehatan umum untuk penyakit-penyakit hewan.

Dari beberapa daerah yang ada di dunia seperti (Amerika Selatan dan Tengah, Eropa Selatan dan Timur, Asia, Afrika, Karibia dan Timur Tengah). Dari mereka melaporkan bahwa kejadian penderita antraks lebih banyak terjadi terhadap hewan-hewan dengan dibandingkan manusia

Pengertian Penyakit Antraks

penyakit antraks

Antraks adalah salah satu penyakit yang menular akut dan sangat mematikan yang disebabkan oleh bakteri Bacillus anthracis dalam bentuknya yang paling ganas. Antraks bermakna “batubara” dalam bahasa Yunani, dan istilah ini digunakan karena kulit para korban akan berubah hitam.

Cara Penularan Antraks/Penyebab Antraks

penyakit antraks

Anthraks paling sering menjangkiti hewan-hewan herbivora. Namun antraks juga bisa menginfeksi diri manusia. Infeksi pada tubuh manusia bisa terjadi pada saat melakukan suatu kontak dengan spora melalui luka atau goresan di kulit (dikenal sebagai antraks kulit), dengan menghirup spora (dikenal sebagai dihirup atau paru anthraks), atau dengan makan daging yang mengandung spora (dikenal sebagai usus anthraks).

Gejala Penyakit Antraks

penyakit antraks

Gejala Penyakit Antraks Pada Kulit

  • Rasa Gatal Pada Kulit yang tidak Kunjung Sembuh
  • Kulit yang Gatal mengalami Pembengkakan
  • Timbul Korengan
  • Waktu Sembuh Cukup Lama

Gejala Penyakit Antraks Paru

  • Mual
  • Batuk
  • Demam
  • Sakit Kepala
  • Sesak Napas
  • Nyeri Dada

Gejala Penyakit Antraks Pada Pencernaan

  • Diare
  • Demam
  • Sakit Perut
  • Diare Berdarah
  • Luka Pada Mulut
  • Mual dan muntah

Jenis-jenis Penyakit Antraks

 

Ada 4 jenis penyakit antraks yaitu:

antraks kulit
antraks pada saluran pencernaan
antraks pada paru-paru
antraks meningitis.

Pengobatan Penyakit Antraks

penyakit antraks

Pengendalian gejalaantraks pada ternak ternak sangat penting untuk pencegahan penyebarannya ke manusia. Hewan mati yang disebabkan oleh penyakit antraks biasanya mati mendadak, dengan menderita penyakit yang singkat sebelum mengalami kematian.

Pengobatan yang dilakukan pada kebanyakan orang penderita anthraks biasanya menggiunakan antibiotik. Beberapa antibiotik dipercaya efektif dalam mengobati penyakit ini. Pengobatan dengan antibiotik sangat penting, terutama untuk anthraks hirup.

Dalam beberapa situasi antibiotik dapat dijadikan pencegahan terhadap orang-orang yang diduga telah terkena spora antraks. Ketika mengobati anthraks hirup, kombinasi antibiotik harus digunakan.

Lama pengobatan biasanya sekitar 60 hari untuk orang-orang yang telah terkena anthraks, karena mungkin perkembangan spora yang cepat dalam tubuh. Jika pada antraks kulit, diobati dengan antibiotik dengan cara diminum, biasanya selama 7 sampai 10 hari, begitupun dengan antraks jenis lainnya.

Selalu menjaga kebersihan sekitar untuk mencegah bakteri atau virus apapun menyerang kita, biasakan untuk mencuci tangan dengan antiseptic sebelum dan sesudah melakukan pengecekan terhadap hewan.

Penceganah Penyakit Antraks

penyakit antraks

Vaksinasi adalah cara yg paling tepat untuk pencegahan dan harus rutin dilakukan. Perlu disediakan vaksin dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan daerah endemis dan area sekitarnya. Agar kemunculan kembali antraks pada masa mendatang dapat dicegah.

Evaluasi atas vaksinasi antraks telah menunjukkan vaksinasi mampu mencegah munculnya kembali kasus anthraks. Wilayah-wilayah endemis anthraks sebenarnya wajib mendapatkan vaksinasi antraks secara rutin. Sayangnya coverage vaksinasi antraks saat ini masih sangat rendah. Ternak-ternak yang telah divaksin seharusnya diberi chip untuk memudahkan monitoring.

Hasil pelaksanaan vaksinansi (pasca vasinasi) perlu dilakukan monitoring, namun terkendala dengan ketersediaan antigen anthraks. Dalam hal ini BB Litvet menyatakan diri siap membantu untuk penyiapan antigen utk Elisa, serum positif dan cut-off-nya

Leave a Reply

error: Content is protected !!