5 Senjata Tradisional Kalimantan Barat Beserta Penjelasan Keterangannya

Senjata Tradisional Kalimantan Barat – Berikut ini kita akan saling belajar tentan senjata tradisional Kalimantan Barat lengkap dengan penjelasan dan keterangannya. Karena mungkin beberapa orang dari antara kita masih belum tahu apa saja senjata tradisional yang ada di Kalimantan Barat.

Maka dari itu, untuk melestarikan kebudayaan Indonesia, di bawah ini kumpulan senjata tradisional Kalimantan Barat lengkap dengan penjelasannya.

senjata tradisional kalimantan barat

1. Senjata Tradisional Kalimantan Barat (Sipet/Sumpitan)

Sipet/Sumpitan adalah senjata tradisional dari provinsi Kalimantan Barat yang terbuat dari kayu yang keras. Sipet/Sumpitan sendiri memiliki diameter 2 sampai 3 cm dengan panjang kurang lebih 1,5 m sampai 2,5 m yang pada bagian tengahnya dilubangi.

Untuk diameter pada sipet/sumpitan sendiri berukuran 1/4 sampai 3/4 cm yang berguna untuk meluncurkan damek/anak sumpit. Damek sendiri terbuat dari bambu yang pada ujungnya diberi bisa yang beracun dari getah pohon Ipuh/Iren.

Konon menurut cerita sejarah turun temurun di Kalimantan Barat, getah dari pohon Ipuh ini mampu menumbangkan harimau taupun beruang dalam waktu kurang dari 10 menit. Untuk tingkat keakuratan senjata yang tepat.

Senjata tradisional ini biasanya oleh para suku Dayak pedalaman digunakan untuk berburu di pada saat dulu kala. Menurut sejarah, dahulu para suku dayak mampu meniupkan mata supitnya sampai berjarak 200 m.

Dan kini memang sulit untuk membuktikannya, karena semakin lama kemampuan untuk meniup sumpit semakin tergusur sebab kurangnya terlatih seperti pada saat lingkungan asli dahulu di padang rimba/hutan.

senjata tradisional kalimantan barat

2. Senjata Tradisional Kalimantan Barat (Lonjo/Tombak)

Lonjo atau Tombak adalah senjata tradisional yang berasal dari Kalimantan Barat yang dibuat dari besi yang dipasang dan diikat menggunakan rotan pada tangkai bambu atau pada kayu yang keras.

senjata tradisional kalimantan barat

3. Senjata Tradisional Kalimantan Barat (Telawang/Perisai)

Telawang Perisai adalah senjata tradisional dari Kalimantan Barat yang terbuat dari kayu ringan. Ukuran Telawang lebarnya 30 sampai 50 cm dan dengan panjang 1 sampai 2 meter. Pada bagian luar ada ukiran atau lukisan yang memiliki suatu makna tertentu. Dan pada bagian dalam akan kita jumpai pegangan.

senjata tradisional kalimantan barat

4. Senjata Tradisional Kalimantan Barat (Mandau)

Mandau adalah senjata tradisional dari Kalimantan Barat yang dari dahulu sudah dianggap senjata keramat. Senjata Mandau terbuat dari batu gunung yang ditatah dan diukir dengan emas/perak/temabaga yang kemudian dihiasi bulu burung atau bahkan rambut manusia.

Nama asli senjata mandau adalah “mandau ambang birang bitang pono ajun kajau“. Mandau juga merupakan senjata atau barang yang mempunyai nilai religius atau mistis karena dirawat dengan baik oleh pemiliknya.

Pada zaman dahulu mandau terbuat dari batu sanaman mantikei, batu mujat, batu tangger ataupun batu montalat.

senjata tradisional kalimantan barat

5. Senjata Tradisional  Dohong

Dohong adalah senjata tradisional yang berasal dari Kalimantan Barat yang berjenis keris, nemun ukurannya lebih besar dan tajam. Selain itu pada bagian senjata dohong ini menyebelah. Hulu/pegangan dari senjata dohong ini berasal dari tanduk dan sedangkan sarungnya terbuat dari kayu.

Tetapi senjata dohong ini hanya diperbolehkan dipakai oleh para kepala-kepala suku, Basir, Demang.

senjata tradisional kalimantan barat


Demikianlah senjata tradisional Kalimantan Barat yang bisa kita pelajari, jangan lupa agar lebih bermanfaat untuk like dan share kepada teman-teman yang lain.

Leave a Reply