9 Senjata Tradisional Sumatera Utara, Piso Toba, Piso Surit, Piso Karo

Senjata Tradisional Sumatera Utara – Sumatera Utara mempunyai berbagai jenis senjata tradisional dan bila dihitung-hitung kurang lebih ada 9 jenis senjata tradisional Sumatra Utara. Senjata tradisional Sumatera Utara pada zaman dahulu berfungsi untuk mempertahankan diri.

Tetapi pada saat ini senjata tradisional Sumatera Utara telah berkembang menjadi senjata pusaka untuk pelengkap dalam upacara adat dan acara kesenian Sumatera Utara. Dan senjata tradisional dari Sumatera Utara merupakan salah satu warisan budaya senjata tradisional Indonesia.

senjata tradisional sumatera utara

Mungkin beberapa outararang dari kita masih belum tahu apa saja senjata tradisional dari Sumatera Utara. Maka dari itu kali ini kita akan membahas 9 senjata tradisional dari Sumatera Utara yang masih terkenal sampai zaman sekarang. 9 senjata tradisional Sumatera Utara itu adalah:

1. Senjata Tradisional Sumatera Utara (Piso Gaja Dompak)

senjata tradisional sumatera utara

Piso Gaja Dompak adalah salah satu senjata tradisional Sumatera Utara berjenis pisau yang mempunyai fungsi untuk menikam, menusuk, dan memotong. Senjata tardisional dari Sumatera Utara ini disebut piso gaja dompak karena pada gagang pegangannya ada ukiran yang berbentuk gajah.

Dan senjata tradisional piso gaja dompak juga dipercaya sebagai senjata pusaka kerajaan Batak pada masa kerajaan Sisinga Mangaraja 1. Senjata pusaka tradisional ini tidaklah diperuntukkan untuk membunuh.

Namun senjata gaja dompak ini dipercaya mempunyai kekuatan supranatural yang bisa memberikan kekuatan supranatural untuk pemakainya.

2. Senjata Tradisional Sumatera Utara (Tongkat Tunggal Panaluan)

senjata tradisional sumatera utara

Tongkat tunggal panaluan adalah salah satu senjata tradisional dari Sumatera Utara yang merupakan tongkat sakti dengan memiliki oleh seorang Raja Batak. Pada perkembangannya tongkat tunggal panaluan dipegang oleh ketua adat untuk digunakan saat ada acara besar seperti membuka hutan, horja bius dan lainnya.

Pada saat ini senjata pusaka tradisional tongkat tunggal Panaluan Raja Batak ini disimpan pada museum gereja katolik di Kabupaten Samosir. Senjata tradisional tongkat tunggal panaluan di yakini oleh suku Batak mempunyai kekuatan gaib untuk meminta hujan, menahan hujan, menolak bala dan lainnya.

3. Senjata Tradisional Sumatera Utara (Hujur Sringis)

senjata tradisional sumatera utara

Hujur sringis adalah senjata tradisional  Sumatera Utara  yang berjenis tombak yang digunakan oleh masyarakat Batak untuk perang. Hujur sringis memiliki bentuk berupa tombak kayu yang pada ujungnya terbuat dari bahan logam yang runcing.

4. Senjata Tradisional Sumatera Utara (Piso Silima Sarung)

senjata tradisional sumatera utara

Piso silima sarung adalah senjata tradisional dari Sumatera Utara yang dalam satu sarung senjata tersebut terdapat lima jenis mata pisau didalamnya. Menurut orang batak zaman dahulu pada pisau tersebut terdapat kehidupan manusia didalamnya.

Dan mereka mempercayai bahwa manusia terlahir dengan memiliki 4 roh dan yang kelima adalah wujud. Dan pada ilmu meditasinya mereka, dalam mendekatkan diri kepada Mulajadi Nabolon / Tuhan Yang Maha Esa harus terlebih dahulu menyatukan empat roh ke badan.

5. Senjata Tradisional Sumatera Utara (Piso Sitolu Sasarung)

senjata tradisional sumatera utara

Piso sitolu saaarung adalah pisau yang mempunyai satu sarung dan didalamnya terdapat tiga belah pisau. Dan mereka menganggap pisau ini dengan melambangkan kehidupan orang Batak yang menyatu 3 benua yaitu, benua atas, benua bawah, dan benua tonga.

Selain juga melambangkan debata natolu, batara guru/kebijakan, batara sori/keimanan dan kebenaran, batara bulan/kekuatan yang menyertai orang Batak dalam kehidupannya.

6. Senjata Tradisional Sumatera Utara (Piso Karo)

senjata tradisional sumatera utara

Piso karo adalah senjata tradisional dari Sumatera Utara yang pertama kali dibuat pada abad ke 19 dengan panjang 31 sampai 55 Cm. Untuk pegangannya sendiri terbuat dari kayu rotan dan gadingserta sarungnya ditutupi bahan perak dan suasa.

7. Senjata Tradisional Sumatera Utara (Piso Gading)

senjata tradisional sumatera utara

Piso Gading adalah senjata tradisional dari Sumatera Utara yang berasal dari daerah Toba dan dibuat pertama kali pada abad ke 19.Bahan pembuatan piso gading sendiri adalah kayu, rotan dan gading dengan panjang seluruhnya sekitar 66 cm dan panjang pisaunya sekitar 48 cm.

8. Senjata Tradisional Sumatera Utara (Sanalenggam)

senjata tradisional sumatera utara

Piso sanalenggam adalah senjhata tradisional Sumatera Utara yang mempunyai gagang pisau dengan menggambarkan sesosok pria yang kepalanya tertunduk.

9. Senjata Tradisional Sumatera Utara (Piso Toba)

senjata tradisional sumatera utara

Piso Toba adalah senjata tradisional Sumatera Utara yang bahan pembuatannya dari besi, kayu dan kuningan. Pertama kali dibuatnya alat ini adalah pada abad ke 19.

Demikian kumpulan senjata tradisional dari Sumatera Utara, semoga penjelasa tentang senjata tradisional ini bisa bermanfaat bagi kita. jangan lupa klik like dan share kepada teman-teman lainnya agar lebih bermanfaat, terimakasih. Baca juga senjata tradisional Indonesia lainnya disini.

<Sebelumnya —————————— Selanjutnya>

Leave a Reply