Tempat Wisata Kabupaten Magetan

Ada beberapa tempat wisata Kabupaten Magetan, yang kemungkinan masih belum banyak diketahui oleh sebagian banyak orang. Mungkin juga bertanya-tanya Magetan itu dimana?

Di artikel ini saya akan menjelaskan sedikit tentang Kabupaten Magetan, dan wisata apa saja yang ada di Kabupaten Magetan ini. Dan menjelaskan sedikit tentang potensi alamnya ini.

Definisi Kabupaten Magetan

Kabupaten Magetan merupakan daerah yang berada di bagian paling barat Provinsi Jawa Timur. Yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Karanganyar & kabupaten Wonogiri Provinsi Jawa Tengah.

Magetan terdiri dari 19 kecamatan, 27 kelurahan dan 208 desa. Di daerah Magetan rata-rata penduduk masyarakatnya adalah petani. Karena di Magetan tanahnya tergolong tanah yang subur, hingga cocok untuk bercocok tanam.

Tempat Wisata Kabupaten Magetan

Di Magetan sendiri terdapat beberapa tempat  wisata untuk mengisi waktu libur kita bersama keluarga. Untuk menjaga keharmonisan hidup bersama keluarga. Berikut daftar tempat wisata Kabupaten Magetan:

1. Alun-alun Magetan

Tempat Wisata Kabupaten Magetan

Lenterahidup.net

Tempat pertama yang dapat kita kunjungi adalah Alun-alun Magetan yang terdapat di pusat Kabupaten Magetan. Di sana terdapat taman, air mancur, skatepark, lapangan basket, tempat teater, tempat tongkrongan, warung, dan di tengah alun-alun terdapat pohon beringin besar.

Bagi browsing mania dapat menggunakan wifi.id milik telkom yang disediakan  di dalam alun-alun sebelah utara. Dan di luar alun-alun sebelah tenggara Alun-alun tepat di depan Telkom disediakan tempatnya.

Biasanya di Alun-alun Magetan saat ada cara besar maupun hari raya sangat ramai dikunjungi masyarakat. Baik dari dalam kota maupun luar kota. Apalagi saat musim mudik seakan penuh dan mengalami kemacetan di arah menuju Alun-alun.

2. Telaga Wahyu Magetan

Tempat Wisata Kabupaten Magetan

Lenterahidup.net

Tempat kedua kita dapat berkunjung di Telaga Ngebel yang berada di Desa Ngerong, Kecamatan Plaosan. Untuk menuju Telaga Wahyu kita dapat melalui jalur menuju arah Karanganyar.

Telaga Wahyu sendiri menjadi tempat favorit bagi para pemancing. Baik pagi, siang, maupun malam akan ada saja pemancing di situ. Untuk kita yang ingin berkeliling Telaga Wahyu kita akan dimanjakan dengan menggunakan perahu bebek.

Dengan membayar kurang lebih Rp35.000 kita sudah bisa mengayuh becak air tersebut. Untuk masuk Telaga Wahyu sendiri kita akan dikenakan biaya Rp10.000 perorang. Tapi semua harga itu bisa berubah sewaktu-waktu.

3. Telaga Sarangan Magetan

Tempat Wisata Kabupaten Magetan

Lenterahidup.net

Letak Telaga Sarangan tidak terlalu jauh dari Telaga Wahyu. Kurang lebih 3 km ke arah barat kita akan menemui arah menuju Telaga Sarangan. Telaga Sarangan masih ikut dalam Kecamatan Plaosan. Andalan tempat wisata Kabupaten Magetan.

Di sini cuaca dan suasananya lebih sejuk dan asri dengan pemandangan yang indah. Fasilitas di sini lebih lengkap dibandingkan di Telaga Wahyu. Di sini kita juga dapat menikmati berkeliling Telaga dengan kapal cepat atau menunggangi kuda yang disewakan.

Cukup dengan merogoh kocek Rp50.000 kita dapat mengitari telaga per sekali putaran. Biaya masuk di Telaga Sarangan sendiri sama seperti di Telaga  Wahyu, yaitu Rp10.000 per orang.

4. Air Terjun Tirtasari Magetan

Tempat Wisata Kabupaten Magetan

Lenterahidup.net

 

Letak Air Terjun Tirtasari masih tidak jauh dari Telaga Sarangan. Kita cukup pergi ke monumen pesawat bagian tenggara telaga untuk membeli tiket masuk menuju Air Terjun Tirtasari.

Dengan harga tiket masuk Rp7.000 perorang kita sudah bisa masuk menuju air terjun. Untuk menuju ke sana kita dapat melalui jasa menunggangi kuda, ojek, maupun kendaraan pribadi.

Kurang lebih 1,5 kilometer kita dari pintu masuk menuju Air Terjun Tirtasari, kita harus melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. Mengikuti jalan setapak jalur menuju air terjun, yang terdapat parit  dengan air yang jernih di pinggirnya.

Sesampai di air terjun kita akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah dan hawa yang sejuk. Dari Air Terjun Tirtasari setinggi 50 meter. Bagi yang merasa lapar ataupun haus dapat membeli makan di dekat air terjun.

5. Air terjun Pundak Kiwo

Tempat Wisata Kabupaten Magetan

Lenterahidup.net

Terletak di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan. Terletak sebelum arah ke Sarangan tepatnya di pertigaan sebelum ke Sarangan belok kiri. Kurang lebih 2 kilometer sampai pada pintu loket masuk. Bila belum tau tempatnya tanya saja dengan penduduk sekitar yang ramah.

Dengan membayar kurang lebih Rp.5000 kita sudah bisa menikmati perjalanan menuju air terjun. Tapi rute untuk menuju Air Terjun Pundak Kiwo kita harus dengan berjalan kaki.

Untuk kita yang baru memasuki Tempat Air Terjun, sebaiknya kita menggunakan jasa pemandu. Dengan melalui jasa pemandu kita akan diberitahu tempat-tampat yang indah lainnya.

6. Candi Simbatan

Tempat Wisata Kabupaten Magetan

Lenterahidup.net

Berada di Desa Simbatan, Kecamatan Nguntoronadi merupakan tempat cagar budaya yang bersejarah. Yang di setiap jumat pahing bulan muharram secara rutin diadakan acara bersih desa sejak tahun 1813.

Konon di tahun 1933  sampai 1942 pada Arca Dewi Sri, tepat pada dada kiri dan kanan. Keluar sumber mata air yang bersih dan . Arca Dewi Sri dalam mitiologi masyarakat Hindu dipercayai sebagai pemberi sumber kehidupan.

Bagi yang suka akan sejarah bisa datang Candi Simbatan.

7. Candi Sadon Magetan

Berada di Dusun Cepoko, Kecamatan Panekan. Candi ini biasa disebut juga candi barong atau reog. Disebut begitu mungkin karena di sana memang terdapat arca besar yang memang menyerupai reog.

8. Jalan Sawo Magetan

Tempat Wisata Kabupaten Magetan

Lenterahidup.net

Untuk kita setelah berkunjung ke tempat wisata, sepertinya kurang lengkap sehabis wisata tidak membawa oleh-oleh. Maka di Jalan Sawo Magetan terdapat pusat kerajinan dan jajanan khas oleholeh dari Magetan.

Demikian seputar tempat wisata Kabupaten Magetan yang dapat bagikan. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Baca juga wisata bandung yang pasti sangat ada banyk wisata kuliner menarik.

No Responses

Leave a Reply