Cara Memandikan Kucing, Tips Aman Grooming Sendiri Di Rumah

Cara memandikan kucing sendiri di rumah. Tentunya para pecinta kucing sekalian akan senang apabila melihat kucing peliharaan kesayangannya mempunyai bulu dan badan yang bersih dan rapi. Salah satu faktor yang dapat membuat daya tarik pada diri kucing kepada manusia pemeliharanya adalah karena bulunya yang indah.

Cara memandikan kucing sendiri di rumah

Earth Porm

Untuk memandikan kucing kita dengan cara yang baik dan benar merupakan suatu hal yang biasa dilakukan pemilik kucing peliharaan. Mudah kelihatannya, namun pada kenyatannya bagi sebagian banyak orang cara untuk memandikan kucing bukan suatu perkara yang mudah dilakukan.

Karena jika para pecinta kucing sekalian belum mengetahui akan tips cara memandikan kucing dengan baik. Karena bila kita memandikan kucing peliharaan kita dengan sembaranga tanpa di dasari ilmu dan caranya yang benar. Maka kucing kita akan menjadi stress dan akan mencakar anda. Karena pada dasarnya sebagian besar jenis kucing sangat tidak suka air.

Cara Memandikan Kucing Di Rumah

Cara Memandikan Kucing Di Rumah

bashny.net

Lalu bagaimana ilmu tentang cara memandikan kucing peliharaan kita agar tubuh yang dimilikinya tetap bersih, sehat dan indah? Dan bagaimana cara memandikan kucing peliharaan kita tersebut dengan cara yang benar? Berikut pembahasan tentang cara memandikan kucing dengan baik yang bisa saya bagikan.

A. Persiapan Mandi Kucing

Persiapan Mandi Kucing

www.lovalinda.fr

Sebelum kita mulai melakukan memandikan kucing peliharaan kita. Maka kita harus persiapkan terlebih dahulu alat-alat mandi yang diperlukan untuk si kucing. Berikut beberapa alat yang harus kita persiapkan untuk memandikan kucing.

Alat-alat Mandi Kucing

  1. Cotton bad
  2. Baby oil.
  3. Gunting Kuku.
  4. Bak / Ember.
  5. Air hangat.
  6. Shampo khusus kucing.
  7. Handuk.
  8. Blower.
  9. Sisir.
  10. Bedak khusus kucing.

B. Langkah-langkah Cara Memandikan Kucing

Cara Memandikan Kucing

Dog Grooming Promotion

Sebenarnya kucing bisa membersihkan dirinya sendiri, namun terkadang kita perlu memandikannya. Karena kucing suka bermain kemana-mana, dan terkadang bulunya terkena kotoran sehingga meyebabkan bau tidak sedap.

Kucing kita perlu diberi kasih sayang agar kucing peliharaan kita mempercayai kita dan air mandinya. Terutama di saat pertama kali kita memandikannya untuk dibersihkan, lita akan merasakan agak kesusahan.

1. Beri Waktu Dan Jadwal Yang Tepat Untuk Memandikan Kucing

Cara memandikan kucing

Cute cats HQ

Kucing peliharaan kita tidak setiap hari harus kita mandikan seperti diri kita. Kita memandikannya hanya perlu sesekali ketika ia dalam keadaan kotor dekil maupun bau.

Jumlah mandi yang harus kita lakukan kepada kucing tentu jumlahnya berbeda-beda. Antara kucing yang sering main di dalam rumah maupun kucing yang sering main di luar rumah.

Nah untuk kucing yang sering main di luar rumah ini biasanya sering kotor dan dekil. Maka dari itu kita harus rajin untuk membersihkannya agar kucing kita terhindar dari kutu, penyakit maupun bakteri lainnya.

Karena saat kucing main di luar rumah, banyak penyakit kotoran dan kutu yang menempel pada sela-sela bulunya tersebut.

2. Pastikan Kucing Dalam Keadaan Sehat

Cara memandikan kucing

Funny Random Facts

Sebelum kita membersihkan dan memandikan kucing peliharaan kita, pastikan kucing kita dalam keadaan yang sehat. Karena apabila kucing kita dalam keadaan sakit lalu kemudian kita mandikan aakan menjadikan sakit pada kucing semakin parah.

Jadi untuk kucing kita yang sedang dalam keadaan sakit kita hanya cukup mengelapnya saja sampai bulunya bersih. Dan agar kucing kita ridak semakin parah keadaan sakitnya. Kemudian berilah bedak kucing agar tidak bau.

3. Potong Kuku Kucing

cara memandikan kucing

YouTube

Kucing peliharaan kita saat pertama kali di mandikan pasti akan memberontak walaupun kucing kita kucing yang kalem. Untuk menghindari cakaran dari kucing peliharaan kita harus memotong kuku kucing peliharaan kita.

Dan pastikan kuku yang di potong kuku yang runcing dan kelihatan kotor. Karena bila tidak di potong kucing biasanya akan mncakar dan melukai tubuh kita. Maka lakukan hal ini agar diri kita aman.

Kita tidak harus memotong kucing peliharaan kita pada saat mau mandi saja. Lebih baik kita potong kuku kucing peliharaan kita di saat sehari atau beberapa jam sebelum memandikan kucing.

Karena kucing yang baru di potong kukunya akan sedikit bersikap agresif. Maka dari itu itu kita harus meluangkaan sedikit waktu kita untuk memberi jarak waktu antara memotong kuku dan memandikannya. Supaya Kucing kita pada saat mau dimandikan sudah dalam keadaan tenang.

4. Masukkan Ke Dalam Bak / Ember

Cara Memandikan Kucing

I Love Funny Animal

Untuk memasukkan kucing kedalam ember pastikan terlebih dahulu bahwa kaki belakang kucing peliharaan kita berada di dalam ember. Kemudian pegang tengkuk kucing kita dengan perlahan supaya kucing peliharaan kita dalam keadaan tenang. Dan apabila kita para pecinta kucing sekalian merasa kesulitan bisa kita ajak orang lain untuk membantu.

5. Basahi Bulu Kucing

Cara Memandikan Kucing

Cats – LoveToKnow

Supaya mengatasi kucing peliharaan kita yang berontak saat dimandikan, kita dapat melakukan secara perlahan dengan membasahi bulunya. Kita basahi terlebih dahulu kakinya dan kemudian kita biarkan sebentar supaya tenang.

Lalu basahi bulu kucing pada bagian lainnya secara perlahaan dan tenang. Kita jangan merasa gugup saat melakukan proses ini, karena kucing akan merasa gugup juga dan tidak nyaman.

6. Cuci Bulu Kucing

Cara Memandikan Kucing

Petcenter

Setelah semua bulunya sudah kita basahi dengan air, kita lanjutkan dengan mencuci bulunya dengan shampo khusus kucing. Mulai cuci tubuh kucing dari bagian lehernya sampai bagian ekornya. Serta berikan sedikit pijatan lembut supaya kucing peliharaan kita tetap tenang dan tidak berontak.

Dalam mencuci tubuh kucing, hindari mencuci pada bagian muka dan kepala kucing peliharaan. Karena bisa mengakibatkan dampak yang buruk bagi kesehatan kucing kita. Apabila ingin membersihkan bagian kepalan dan muka kucing, sebaiknya kita gunakan lap saja.

7. Bilas Bulu Kucing

cara memandikan kucing

www.catster.com

Kemudian setelah selesai mencuci badan dan bulu kucing peliharaan kita menggunakan shampo. Kita bilas bulu kucing kita sampai benar-benar bersih sampai hilang semua shampo yang berada bulu kucing.

Karena apabila shampo itu masih tersisa pada tubuhnya akan meracuninya. Sebab salah satu aktifitas kucing adalah sangat suka menjilati bulunya tersebut. Setelah semua shampo pada tubuh kucing kita telah benar-benar bersih kita bilas untuk kedua kalinya dengan menggunakan air hangat.

8. Keringkan Bulu Kucing

cara memandikan kucing selanjutnya setelah mencucinya kita keringkan bulu pada tubuh kucing. Jangan sampai lembab karena itu akan membuat bulu kucing tumbuh bakteri dan jamur.

attackofthecute.com

Akhirnya selesai sudah proses kita dalam meamndikannya, kemudian kita lakukan proses yang penting dengan mengeringkaan bulunya. Supaya kucing peliharaan yang kita mandikan tidak sakit.

Kita keringkan kucing peliharaan kita dengan menggunakan handuk yang bersih dengan menggosokkannya secara perlahan pada tubuhnya. Agar lebih cepat dan lebih efektif dalam mengeringkan tubuh kucing.

Dapat kita gunakan blower ataupun hairdryer untuk mengeringkan bulu kucing kita. Supaya lebih cepat dalam proses pengeringan bulunya yaang basah, pastikan tubuhnya benar-benar bersih. Sebab apabila pada bagian tubuh kucing masih dalam keadaan yang lembab akan menimbulkan bakteri dan kutu.

Untuk alternatif lain, kita dapat mengeringkkannya dengan menjemurnya di terik panas matahari pagi.

9. Bersihkan Telinga Kucing

Cara Memandikan Kucing

YouTube

Telinga kucing jangan lupa kita bersihkan supaya terhindar dari beberapa penyakit. Kita dapat membersihkannya dengan menggunakan cotto bad dan baby oil. Seperti kita membersihkan telinga manusia dengan secara perlahan dan jangan terlalu dalam. Berikut video tutorial memandikan kucing yang bisa anda lihat.

Demikian cara memandikan kucing yang dapat saya bagikan kepada para pecinta kucing. Dari cara-cara memandikan kucing di atas, bahwasannya memandikan kucing tidak sulit untuk di lakukaan. Hanya saja membutuhkan keuletan, sabar dan berani tentunya. 

Pesan untuk para pecinta kucing sekalian yang ragu tidak mau repot, dan takut untuk memandikan kucing peliharaan di rumah. Sebaiknya dapat menggunakan jasa di salon hewan khusus kucing yang menyediakan jasa memandikan kucing.

Baca juga artikel lainnya tentang 51 jenis kucing dari belahan dunia, jenis kucing persia dan lainnya di lenterahidup.net.

 

One Response

  1. Asyrof 26 Oktober 2016

Leave a Reply

error: Content is protected !!