Wisata Telaga Ngebel Kabupaten Ponorogo

Wisata Telaga Ngebel Kabupaten Ponorogo merupakan obyek wisata alami yang berada di Desa Ngebel, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur.

Wisata Telaga Ngebel Kabupaten Ponorogo

Lenterahidup.net

Berikut sedikit penjelasan dan cerita saya tentang Telaga Ngebel, saat kunjungan kesana bersama Agum Gumelar.

Definisi Wisata Telaga Ngebel Kabupaten Ponorogo

Wisata Telaga Ngebel Kabupaten Ponorogo

Lenterahidup.net

Telaga Ngebel merupakan telaga alami yang terbentuk sudah sejak bertahun-tahun yang lalu. Telaga Ngebel yang terletak di Desa Ngebel, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo yang terkenal akan sebutan Kota Reog. Berada di kaki Gunung Wilis.

Letak Telaga Ngebel kurang lebih 30 km dari utara pusat Kota Ponorogo. Luas Telaga Ngebel kurang lebih 150 hektar yang ukurannya kurang lebih 3 kali lipat luas Telaga Sarangan Magetan. Dengan kedalaman 50 meter.

Suhu di Telaga Ngebel antara 20 sampai 26 derajat celcius. Dengan pemandangan dan suasana yang alami, cukup menyegarkan pandangan dan tubuh melepas penat. Panorama alam dihiasi perbukitan dengan rerimbunan pepohonan yang lebat. Dan nampak enak dipandang.

Harga Tiket Masuk Wisata Telaga Ngebel Kabupaten Ponorogo

Wisata Telaga Ngebel Kabupaten Ponorogo

Lenterahidup.net

Berikut harga tiket masuk Telaga Ngebel yang sewaktu-waktu dapat berubah:

Dewasa/Anak-Anak: Rp 4.000-Rp 10.000
Motor: Rp 2000-Rp 4.000
Mobil: Rp 3000-Rp 5.000

Paa

Fasilitas Umum Telaga Ngebel

Wisata Telaga Ngebel Kabupaten Ponorogo

Lenterahidup.net

 

 

Di Wisata Telaga Ngebel Kabupaten Ponorogo terdapat fasilitas perahu kecil cukup dengan membayar Rp5.000 per orang. Selain itu juga terdapat kapal cepat dan kapal kayuh bebek untuk mengelilingi Telaga. Karena untuk berjalan kaki mengelilingi Telaga Ngebel cukup jauh, yaitu 5 km.

Selain itu, fasilitas di sana juga terdapat hotel maupun penginapan. Untuk bermukim bagi pengunjung dari luar kota/negeri. Warung-warung juga banyak terdapat di pinggiran telaga.

Selain itu fasilitas umum seperti,tempat ibadah, parkir, toilet, taman bermain juga sudah memadai.

Rute Wisata Telaga Ngebel Kabupaten Ponorogo

Wisata Telaga Ngebel Kabupaten Ponorogo

Lenterahidup.net

Untuk menuju Telaga Ngebel. Saya waktu itu melalui Dolopo Kota Madiun. Lampu merah terus ke timur ke arah Telaga Ngebel. Sebenarnya rutenya ada 2 yang satu dari sebelah selatan melalui Kota Ponorogo.

Karena waktu itu saya berangkat dari Magetan sayapun lewat dolopo. Kurang lebih 45 menit dengan kecepatan tandard kami sampai di Telaga Ngebel.

Untuk jalan rayanya tidak terlalu lebar, maka bagi pengunjug harus berhati-hati dalam perjalanan. Jangan ngebut saat berkendara. Jalur Dolopo menuju Telaga jalannya lumayan menanjak, bagi yang berboncengan disarankan motornya dalam kondisi prima.

Pemandian Air Panas Ngebel

Wisata Telaga Ngebel Kabupaten Ponorogo

Lenterahidup.net

Selain telaganya yang mempesona.Tak jauh dari telaga ternyata di Desa Ngebel terdapat juga pemandian air panas. Dengan sumber panas alam yang alami mengandung belerang.

Cukup dengan uang masuk Rp5.000 kami  sudah bisa menikmati pemandian air panas itu dan parkir Rp2.000. Dan di pos penjualan tiket juga menjual perlengkapan mandi untuk yang tidak membawa.

Di tempat pemandian air panas Telaga Ngebel. Tempat pemandiannya dibuat kotak berjejer. Ada yang diluar dan ada pula yang di dalam. Untuk mulai mandi kita tidak bisa langsung mengisi airnya dengan air panas tersebut. Di situ ada 2 saluran pipa air, 1 air biasa dan 1 air panas.

Bila tidak kita campur keduanya, kita tidak akan kuat menahan rasa panas air belerang tersebut. Tapi walau panas air belerang tersebut kami coba untuk merebus telur puyuh tidak bisa matang meski sudah 2,5 jam lamanya.

Wisata Telaga Ngebel Kabupaten Ponorogo

Lenterahidup.net

Demikian cerita singkat saya tentang Telaga Ngebel yang beberapa waktu lalu saya kunjungi. Semoga bermanfaat bagi pembaca dan yang ingin berwisata kesana.

 

Leave a Reply