Wisata Telaga Sarangan Magetan

Wisata Telaga Sarangan merupakan obyek wisata bernuansa pegunungan alami yang berada di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. Salah satu daerah paling ujung barat Provinsi Jawa Timur.

Wisata Telaga Sarangan Magetan

Lenterahidup.net

Saya akan membagikan sedikit pengetahuan dan kisah saya. Saat berkunjung dan berlibur di Telaga Sarangan Magetan di beberapa waktu yang lalu.

Definisi Telaga Sarangan

Wisata Telaga Sarangan Magetan

Lenterahidup.net

Telaga Sarangan juga dikenal dengan sebutan Telaga Pasir. Telaga Sarangan merupakan telaga alami yang sudah terbentuk bertahun-tahun lamanya.

Yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan air laut. Yang terletak di lereng Gunung Lawu. Luas wisata Telaga Sarangan Magetan kurang lebih 30 hektar dengan kedalaman 28 meter.

Suhu udara di sana bisa mencapai antara 15 sampai 20 derajat celcius. Di sekitar Telaga Sarangan terdapat 2 hotel berbintang. 43 hotel kelas melati dan 18 pondok wisata. Di sana juga banyak puluhan penjual cendramata maupun makanan.

Fasilitas Umum Telaga Sarangan

Wisata Telaga Sarangan Magetan

Lenterahidup.net

Di Wisata Telaga Sarangan ada beberapa wahana yang dapat kita nikmati untuk mengelilingi telaga. Dengan menunggangi kuda di pinggir telaga ataupun berkeliling di atas air menggunakan kapal cepat.

Fasilitas di Wisata Telaga Sarangan Magetan cukup memadai, misalnya tempat ibadah, tempat parkir, telepon umum, rumah makan, taman. Yang cukup membantu bagi pengunjung yang datang di Wisata Telaga Sarangan Magetan. Selain itu juga terdapat kios yang berjualan berbagai macam baju seperti kaos, hem, gamis pria dan lainnya.

Rute Menuju Wisata Telaga Sarangan Magetan

Wisata Telaga Sarangan Magetan

Lenterhidup.net

Setiap tahunnya di Wisata Telaga Sarangan Magetan. Banyak dikunjungi ribuan pengunjung dari berbagai kota maupun negara. Khususnya pada waktu-waktu hari raya maupun hari libur. Di Wisata Telaga Sarangan Magetan akan penuhi dan disesaki oleh pengunjung.

Baik jalanan untuk menuju ke Wisata Telaga Sarangan Magetan terkadang juga mengalami kemacetan yang cukup melehakan. Yang sebaiknya berhati-hati dan siapkan mental maupun fisiknya.

Untuk menuju Wisata Telaga Sarangan Magetan kita harus melewati jalan yang berkelok-kelok dengan tanjakannya. Tapi tenang Jalan Rayanya sudah cukup lebar dan mulus. Hasil pelebaran jalan proyek Pemerintah Kabupaten.

Ciri khas pegunungan, dengan pemandangan alam dan suasana yang cukup menyegarkan. Jadi hal menarik dalam perjalanan kita menuju Wisata Telaga Sarangan Magetan.

Ada 2 pintu masuk untuk menuju Telaga Sarangan Magetan, 1 dari arah Magetan Kota dan yang 1 dari arah Tawangmangu. Untuk pintu masuk dari Tawangmangu kita akan dihadapkan dengan turunan yang cukup terjal.

Acara Tahunan Wisata Telaga Sarangan Magetan

Wisata Telaga Sarangan Magetan

Lenterahidup.net

Acara tahunan di Telaga Sarangan Magetan merupakan acara rutin setiap tahunnya yang diadakan penduduk sekitar. Berikut beberapa acara tahunan di Telaga Sarangan:

  1. Labuh Sasaji pada Jumat Pon pada bulan Ruwah.
  2. Liburan sekolah di pertengahan tahun.
  3. Ledug Sura 1 Muharram.
  4. Pesta kembang api di malam pergantian tahun.

Untuk perjalanan menuju Telaga Sarangan pada saat acara ini. Kita harus lebih berhati-hati, dikarenakan jalanan akan macet dengan keadaan rute jalan yang menanjak. Maka kondisi fisik maupun kendaraan harus prima.

Harga Tiket Wisata Telaga Sarangan

Wisata Telaga Sarangan Magetan

Lenterahidup.net

Berikut harga tiket yang mungkin sewaktu-waktu bisa berubah.

  • Tiket masuk Rp10.000 per orang.
  • Sepeda motor Rp2.500 per motor.
  • Mobil Rp5.000 per mobil.
  • Bus/truk Rp10.000 per bus/truk.
  • Parkir sepeda motor Rp1.000 per sepeda motor.
  • Mobil Rp1.500 per mobil.
  • bus/truk Rp2.500 per bus/truk.
  • Kuda Rp50.000 sekali putaran.
  • Kapal cepat Rp50.000 sekali putaran.

Untuk harga makanan di sana cukup terjangkau dengan rata-rata harga sekitar Rp7.000 sampai Rp20.000 per porsi. Untuk tempat penginapan juga bervariasi, dari yang Rp60.000 sampai Rp500.000 per malamnya.

Wisata Telaga Sarangan Magetan

Lenterahidup.net

Demikian sedikit definisi kisah berlibur saya di Telaga Sarangan Kabupaten Magetan Provinsi Jawa Timur. Semoga bermanfaat bagi pembaca dan yang ingin berlibur ke Telaga Sarangan.

Comments (2)

  1. Fatah 30 Agustus 2016

Leave a Reply