Cara Screenshot Di Laptop, Komputer dan HP (Samsung, Asus, Acer, dll)

Karena sebagian orang dari kita masih belum tahu bagaimana cara screenshot di laptop, PC komputer ataupun HP dengan cara yang mudah. Pada kesempatan pembuatan artikel kali ini kami akan membagikan bagaimana cara screenshoot di laptop, pc komputer dan HP.  yang beberapa diantaranya mungkin belum kamu ketahui sebelumnya.

Kami akan membagikan 3 cara screenshoot di laptop, pc komputer dan hp yang berasal dari berbagai macam merk. Seperti merk SAMSUNG, ASUS, ACER, lenovo, TOSHIBA, HP, Fujitsu, MAC book, Vivo, xiaomi, Advan, Huawei, LG dan lainnya.

Namun apakah Anda sudah tahu apa itu screenshot?

Screenshot adalah suatu gambar yang hasilnya diambil dari layar laptop, PC komputer atau HP. Hasilnya bisa berupa tampilan berupa gambar dekstop, website, foto maupun tampilan gambar yang lainnya.

Tujuan utama dari kegiatan pengambilan screenshot ini ialah untuk menunjukan suatu adanya informasi yang terdapat pada gambar tersebut, entah itu informasi pada gambar, tulisan, maupun informasi lainnya. Selain itu juga, screenshot sering kali ditambahkan kedalam file dokumentasi maupun kedalam sebuah artikel.

Sebagian besar pembaca yang ada disini pasti sudah tahu bagaimana cara mengambil screenshot yang mudah. Tetapi tidaklah menutup kemungkinan apabila masih ada beberapa orang awam yang masih belum bisa bagaimana cara mengambil screenshot.

Maka karena itu, pada artikel ini saya ingin menunjukan 3 cara mengambil screenshot yang bisa kamu praktekan langsung di rumah.

Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut ini 3 cara screenshot di laptop, PC komputer dan HP:

Cara Cara Screenshot

cara screenshot di laptop

cara screenshot di laptop

Cara Screenshot di Laptop SAMSUNG, ASUS, ACER, lenovo, TOSHIBA, HP, Fujitsu, Vivo, xiaomi, Advan, Huawei, LG, Vivo dan lainnya

Bagaimana cara screenshot di laptop? itulah pertanyaan yang sering di cari oleh sebagian banyak orang yang belum tahu bagaimana cara screenshot di laptop. Berikut ini adalah cara cara untuk screenshot di beberagai macam merk laptop seperti Samsung, Asus, acer, lenovo, toshiba, hp, fujitsu dan lainnya:

  • Pertama, Anda bisa menentukan area yang hendak di-screenshot pada layar laptop ASUS.
  • Kedua, Anda bisa tekan tombol prt sc sysrq yang ada pada keyboard, maka nantinya akan secara otomatis gambar screenshot akan dihasilkan.
  • Ketiga, Anda bisa buka aplikasi Corel Draw, Adobe Photoshop, Microsoft Paint atau aplikasi pengolah gambar yang lainnya.
  • Keempat, setelah aplikasi tersebut telah terbuka maka Anda tinggal melakukan paste dengan tekan tombol kombinasi (Ctrl + V) pada keyboard.
  • Kelima, kemudian gambar hasil dari screenshot akan muncul dan bisa langsung untuk diedit ataupun bisa disimpan dengan format file png, jpg, bmp, dan lainnya di Harddisk Anda.

Cara Screenshot di Komputer Operasi Windows 7, 8, 10

Sebenarnya cara screenshot di laptop maupun komputer itu sama saja karena sama-sama memakai sistemoperasi windows. Baik itu menggunakan sintem windows 7, 8, maupun windows 10.

  1. Pilih dan sorot dahulu gambar yang hendak di ambil Screenshot (catatan: posisi Prt Scr ada di Pojok kanan atas keyboard & tombol FN ada di pojok kiri bawah keyboard
  2. Disini saya mengambil contoh akan melakukan screenshot pada layar Mozilla firefox halaman situs “Kacung Gadget”
  3. Tekan tombol Prt Sc / Prt Scr (jika tidak bisa coba FN + Prt Scr)
  4. Buka aplikasi Paint  (search saja di kolom pencarian windows)
  5. Tunggu hingga aplikasi terbuka dengan sempurna
  6. Tekan CTRL + V
  7. Screenshot sudah jadi, kalau kalian ingin memotong sebagian gambar silahkan gunakan menu pada paint pada ( select ) trus pilih crop

Catatan: Perlu dicatat bahwa Anda tidak bisa mengambil dua screenshot dalam satu waktu, artinya kita harus selalu bolak balik di web dan paint, di web untuk menekan tombol Prt Sc lalu ke Paint untuk mem-paste sekaligus men-save gambar yang sudah kita screenshot tadi, dan selanjutnya kita kembali lagi ke web untuk mencari gambar yang akan di screenshot, lalu ke Paint, dan begitu seterusnya.

Cara Screenshot HP SAMSUNG, ASUS, ACER, lenovo, Vivo, xiaomi, Advan, Huawei, LG, dan lainnya

Cara Screenshot HP SAMSUNG

Navigasikan ke layar yang Anda ingin ambil gambarnya di Samsung Galaxy Tab. Tekan dan tahan tombol “Power” dan “Home” secara bersamaan hingga garis putih muncul di semua tepi layar Anda. Lepas tombol Power dan Home. Hasil cuplikan layar akan tersimpan dalam folder “Screenshot” di galeri foto

Cara Screenshot HP ASUS

Tekan dan tahan tombol Power & tombol Volume Down 1 detik>Selesai. Image screenshot akan disimpan di folder /Internal storage/ Screenshots. capture. >> Tekan dan tahan icon untuk capture screenshot.

Cara Screenshot HP ACER

  1. Siapkan objek dilayar Acer yang akan di Screnshoot
  2. Tekan menu Power dan Volume down atau – secara bersamaan
  3. Tunggu selama kurang lebih 2 detik sampai muncul suara di smartphone Acer

Cara Screenshot HP Lenovo

Untuk memulai melakukan screenshot layar Android, pastikan dulu layar mana yang ingin di ambil gambar layarnya, lalu tekan tombol Power dan Tekan Tombol Volume ke bawah yang berfungsi untuk mengecilkan suara secara bersamaan dengan menekan Power, jika sudah mendegar jepretan maka screenshot layar sudah berhasil diambil, untuk melakukan pengecekan liaht notifikasi togle layar atau lihat hasil screenshot di Galeri Gambar.

Cara Screenshot HP Vivo

  • Pertama adalah pastikan ponsel anda aktif dan mulai masuk untuk kemudian arahkan tampilan layar menjadi seperti yang diinginkan.
  • Siapkan tampilan layar yang ingin anda screenshot atau tangkap gambarnya, jika tampilan sudah pas dan anda sudah siap melakukan screenshot pada ponsel VIVO maka anda tinggal tekan tombol power yang ada disisi kanan ponsel serta tombol HOME secara bersamaan selama beberapa detik hingga muncul bunyi cekrek atau layar ponsel anda berkedip.
  • Jika cara screenshot ponsel vivo diatas sudah dilakukan maka akan terdapat notifikasi pada notification bar diatas layar dan hasil capture akan secara otomatis tersimpan digallery smartphone anda.
  • Untuk melihat hasil screenshot anda tinggal masuk ke menu gallery dan lihat folder screenshot maka terdapat file berisi berbagai gambar yang sudah anda capture tadi.

Cara Screenshot HP Xiaomi

Cara Screenshot Layar Xiaomi #1

Cara ini umum di lakukan, yakni dengan menekan kombinasi tombol “Volume Down + Tombol Power” secara bersamaan, cekreekk… maka laya akan terfoto secara otomatis.

Cara Screenshot Layar Xiaomi #2

Cara yang kedua ini cukup mudah dan simple sekali dilakukan, yakni dengan cara memilih / menekan tombol toogle screenshot di notifikasi.

Cara Screenshot HP Advan

  1. Pertama, pastikan smartphone anda sudah dalam kondisi aktif atau sudah dalam keadaan terbuka kuncinya. Dan kemudian tentukan tampilan layar Samsung Galaxy yang ingin dilakukan screenshot atau screen capture.
  2. Tekan tombol “Power + Volume Down” secara bersamaan selama beberapa saat sampai terdengar bunyi cekrek. Dan apabila berhasil maka screenshot tersebut akan muncul pada bagian notifikasi. Untuk melihat atau membuka hasil screenshot, anda bisa masuk pada aplikasi galeri. Pada aplikasi galeri tersebut, akan muncul folder screenshot yang didalamnya terdapat gambar screenshot.

Cara Screenshot HP Huawei

Menyimpan tampilan layar Android dalam bentuk gambar atau foto bukanlah hal sulit, semisal kamu ingin mengambil screenshot di Huawei Y3II caranya cukup mudah yakni tekan tombol Power dan Volume Bawah (Down) secara bersamaan. Untuk hasil screenshot bisa dilihat di galeri foto Android kamu.

Cara Screenshot HP LG

  1. Langkah pertama, pastikan smartphone android anda sudah dalam keadaan aktif atau sudah terbuka kuncinya. Selanjutnya anda siapkan bagian atau area layar yang ingin anda screenshot. Area bisa dimana saja sesuai keinginan anda.
  2. Dan untuk melakukan screenshot pada Smartphone LG, silahkan anda tekan tombol “Power + Volume Bawah” secara bersamaan selama beberapa detik sampai nantinya terdengar bunyi cekrek layaknya kamera saat berfoto. Dan apabila berhasil, maka akan ada pemberitahuan pada bar notifikasi atas.
  3. Untuk membuka atau melihatnya, anda bisa membuka aplikasi galeri. Pada aplikasi galeri tersebut akan ada folder screenshot yang isinya adalah hasil dari gambar – gambar screenshot pada layar yang anda lakukan.

 

Leave a Reply

error: Content is protected !!