Contoh Teks Anekdot Singkat Lucu Lengkap Beserta Struktur Dan Penjelasannya

Contoh Teks anekdot Singkat – Berikut ini pengertian anekdot dan contoh teks anekdot singkat lucu, sindiran, pendidikan, sosial, di sekolah, politik beserta strukturnya. Namun sebelum kita mempelajari materi ini lebih lanjut, ada baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu apakah anekdot itu. Kalian pasti pernah tersenyum bahkan tertawa ketika membaca atau mendengar sesuatu yang lucu atau hal yang menarik dan merupakan sindiran yang mungkin menggambarkan kejadian atau orang sebenarnya.

I. Pengertian Teks Anekdot

Contoh Teks Anekdot Singkat
Contoh Teks Anekdot Singkat

Teks Anekdot adalah sebuah cerita singkat dan lucu atau menarik, yang mungkin menggambarkan kejadian atau orang sebenarnya.

Struktur teks Anekdot:

  1. Abstrak ( Pemaparan )
  2. Orientation ( Pengenalan )
  3. Events ( Rangkaian Kejadian )
  4. Krisis (Pemunculan masalah )
  5. Reaksi
  6. Koda ( Perubahan yang teradi pada tokoh )

Kaidah teks Anekdot

  1. Waktu lampau
  2. Pertanyaan Retorika
  3. Konjungsi Waktu
  4. Bersifat Sendirian
  5. Mengandung unsur humor
  6. Melibatkan tokoh terkenal

Untuk lebih kenal dan akrab lagi, kami mengingatkan Kalian tahu dengan istilah stand up comedy. Nah, istilah stand up comedy ini juga dapat dijadikan contoh yang mewakili konsep anekdot. Lebih jelasnya, perhatikan contoh teks anekdot berikut?

II. Contoh Soal Teks Anekdot Singkat Dan Jawabannya

Contoh Rumusan Masalah
http://lenterahidup.net/

Bacalah teks anekdot berikut dan tentukan strukturnya?


1. Contoh Teks Anekdot Singkat Lucu Pinjam Uang Dengan Strukturnya

(1) Seorang laki-laki masuk bank dan berkata ia ingin pinjam $200 selama enam bulan. (2) Ia menjaminkan Rolls Royce miliknya dan meminta bank menahan mobilnya itu sampai utangnya lunas. (3) Enam bulan kemudian orang itu kembali ke bank membayar $200 ditambah $10 bunga dan mengambil kembali Roll–nya.

(4) Petugas pinjaman bertanya kepadanya mengapa orang yang mengendarai Roll Royce perlu pinjaman $200 lalu jawabnya, “Saya harus ke Eropa selama enam bulan dan di mana lagi saya dapat menitipkan Rolls selama itu hanya $10?” (5) Si petugas melongo dan sejurus kemudian tertawa mengakui kecerdikan si pemilik Roll Royce.

Teks tersebut dapat dikatakan termasuk teks anekdot. Anekdot adalah sebuah cerita singkat dan lucu atau menarik, yang mungkin menggambarkan kejadian atau orang sebenarnya. Anekdot bisa saja sesingkat pengaturan dan provokasi dari sebuah kelakar.

Anekdot bukanlah lelucon, karena tujuan utamanya adalah tidak hanya untuk membangkitkan tawa, tetapi untuk mengungkapkan suatu kebenaran yang lebih umum daripada kisah singkat itu sendiri.

Anekdot terkadang bersifat sindiran alami. Berdasarkan contoh teks anekdot yang diberikan, sekarang coba kalian cermati penjelasan analisis dari strukturnya

Jawaban Soal Contoh Teks Anekdot Singkat Lucu Pinjam Uang

Abstrak: Ada seorang laki-laki yang masuk ke bank dan bermaksud meminjam uang.

Orientasi: Orang itu memberikan jaminan mobilnya atas pinjaman uangnya dan meminta pihak bank menahan mobilnya sampai utanya lunas.

Krisis: Laki-laki mengambil jaminannya dan melunasi utangnya.

Reaksi: Petugas bertanya kepada laki-laki perihal meminjam uang dengan memberikan jaminan mobil mahal. Koda Petugas pinjaman mengakui kecerdikan laki-laki.


2. Contoh Soal Teks Anekdot Anaknya Soeharto Lewat Jalan Tol di Jakarta

Pada suatu hari Tutut, anaknya soeharto lewat jalan tol di jakarta.

Penjaga tol : “3000 rupiah”. Tutut yang emangnya ngga punya uang seribuan mengeluarkan uang 50rb rupiah lansung aja menyodorkan tuh.

Penjaga tol : “Ini bu, kembaliannya.”

Bu Tutut : “Sudah… simpan saja buat keluarga anda.” Penjaga tol merasa senang karena menerima 47rb rupiah dan langsung berterima kasih kepada Tutut. Setelah beberapa jam Tommy datang, melewati jalan tol tersebut. Karena mereka tuh anaknya Soeharto, ngga punya uang receh, Tommy mengeluarkan uang 20ribuan.

Penjaga tol: “ Ini pak, kembaliannya 17ribu.”

Tommy: “Sudahlah, simpan saja buat sekolah anak anda.” Penjaga langsung memasukkan kembalian itu kekantongnya dan berterima kasih banyak ke Tommy. Setelah beberapa jam Soeharto dengan mobilnya lewat jalan tol. Soeharto mengeluarkan uang 5000 rupiah dan disodorkan kepenjaga tol. Soeharto menunggu 5menit, ditanyanya kepada penjaga tol.

Soeharto :”Loh, mana uang kembalian saya?’

Penjaga tol:”Ah bapak, masa uang 2000 rupiah aja dibalikin. Tadi bu Tutut dan pak Tommy lewat kembaliannya 47ribu dan 17ribu aja diberikan ke saya, masa bapak yang 2000 aja minta kembalian?”

Soeharto: “Tunggu dulu masa!! Anda tau siapa Tutut dan Tommy?” Penjaga tol dengan cekatan menjawab:”Yah tahu pak! Pertanyaan gampang tho, jelas Tutut dan Tommy tuh anaknya presiden”

Soeharto:”Pintar kamu, tahu mereka anak presiden.Nah sedangkan saya kan anak petani!! Sekarang, mana kembalian saya?” Penjaga Tol: “!%$%?”

Jawaban Soal Contoh Teks Anekdot Anaknya Soeharto Lewat Jalan Tol di Jakarta

1 Abstrak Pada suatu hari Tutut, anaknya Soeharto lewat jalan tol di Jakarta.

2 Orientasi Tutut yang tidak mempunyai uang ribuan langsung saja menyodorkan uang 50 ribu rupiah dan memberikan uang kembaliannya kepada penjaga tol.

3 Krisis “Ah bapak, masa uang 2000 rupiah saja dibalikin, Bu Tutut dan Pak Tommy lewat kembaliannya 47ribu dan 17ribu saja diberikan kesaya, masa bapak yang 2000 aja diminta kembaliin.

4 Reaksi Penjaga tol dengan cekatan menjawab “Yah tahu pak! Pertanyaan gampang toh, jelas Tutut dan Tommy tuh anak presiden”

5 Koda Soeharto : “Pinter kamu, tahu mereka anak presiden, nah sedang saya cuma seorang anak petani! Sekarang, mana kembalian saya?”


3. Contoh Teks Anekdot Singkat Lucu Presiden dan Burung Beo

Ada dua orang presiden yang terlibat dalam sesi tanya jawab dan suasananya cukup mengherankan.

Presiden 1: “Ada burung Beo yang sudah diajarkan dua bahasa sekaligus, dan burung Beo tadi bisa menirukan dengan bagus, satu bahasa Inggris dan yang ke dua bahasa Rusia. Jadi kalau ditarik kakinya yang kanan, burung Beo akan biacara bahasa Inggris dan kalau ditarik kakinya yang kiri burung Beo akan bicara bahasa Rusia, hebatkan!”

Presiden 2: “Hebat-hebat!”

“Bagaimana kalau kedua kakinya ditarik?” tanya presiden 1.

“Wah pasti burung Beo tadi bisa dua bahasa sekaligus!” jawab presiden 2.

“Salah”.

“Oh mungkin dua bahasa tadi menjadi campur aduk!”.

“Salah”.

“Atau mungkin salah satu katanya akan ketukar, satu bahasa Inggris dan kata kedua bahasa Rusia”.

“Salah”.

“Loh … jadi gimana donk?”.

“Yang jelas kalau kedua kakinya ditarik, burung Beonya akan jatuh dari sarangnya, bego!”.

“Eh jangan main-main ya, gini-gini gua presiden, walau hanya di rumah tangga, masa lu bilang bego!”.

Dan tak lama kemudian pun burung Beo itu menirukan kata-kata tersebut.

“Presiden bego … presiden bego … presiden bego!” suara burung Beo terdengar berulang-ulang.

Jawaban Soal ContohTeks Anekdot Singkat Lucu Presiden dan Burung Beo

o   Strukturnya :

  1. Abstraksi: Ada dua orang presiden yang terlibat dalam sesi tanya jawab.
  2. Orientasi: Suasananya cukup mengherankan.
  3. Krisis: “Yang jelas kalau kedua kakinya ditarik, burung Beonya akan jatuh dari sarangnya, bego!”.
  4. Event: Ada burung Beo yang sudah diajarkan dua bahasa sekaligus, dan burung Beo tadi bisa menirukan dengan bagus, satu bahasa Inggris dan yang ke dua bahasa Rusia.
  5. Reaksi: “Eh jangan main-main ya, gini-gini gua presiden, walau hanya di rumah tangga, masa lu bilang bego!”.
  6. Koda: “Presiden bego … presiden bego … presiden bego!” suara burung Beo terdengar berulang-ulang.

III. Penjelasan Struktur Teks Anekdot

Contoh Teks Anekdot Singkat Dalam Makalah Penelitian Skripsi Karya Ilmiah
pendidikankritis.wordpress.com

Struktur berikut dapat kalian ingat sebagai struktur dari teks anekdot. Berdasarkan keterangan di atas dapat kita simpulkan bahwa penjelasan struktur teks anekdot terdiri atas lima bagian, yaitu:

1. Abstrak, yaitu bagian awal teks anekdot yang berfungsi memberikan gambaran tentang isi teks. Biasanya bagian ini menunjukkan hal unik yang akan ada di dalam teks. Abstrak dapat disebut sebagai tahap pembukaan.

2. Orientasi, yaitu bagian tes yang menunjukkan awal kejadian cerita atau latar belakang suatu peristiwa terjadi. Biasanya penulis bercerita dengan detil di bagian ini. Orientasi ini berfungsi untuk membangun teks.

3. Krisis, yaitu bagian teks yang menunjukkan hal atau masalah yang unik dan tidak biasa yang terjadi pada penulis atau orang yang diceritakan. Krisis dimaknai sebagai saat terjadinya ketidakpuasan atau kejanggalan.

4. Reaksi, yaitu bagian teks yang menerangkan cara penulis atau orang yang diceritakan dalam menyelesaikan masalah yang yang timbul di bagian krisis. Reaksi itu berkenaan dengan tanggapan.

5. Koda, yaitu bagian akhir dari cerita unik tersebut yang menjelaskan simpulan tentang kejadian yang diceritakan oleh penulis. Koda sama dengan penutup.


Demiikian contoh teks anekdot singkat beserta jawabannya yang bisa kita pelajari. Janga lupa untuk like dan share kepada teman-teman yang lainnya, semoga menjadi lebih berguna dalam pembuatan teks anekdot. Baca juga pengertian, tujuan, fungsi dan contoh rumusan masalah di sini.

Tinggalkan komentar