Cara Memilih Sekolah Yang Baik Untuk Buah Hati Demi Masa Depannya

Bagi orangtua bijaksana sangatlah penting untuk memilih sekolah atau pendidikan si buah hati yang tepat. Apalagi pendidikan juga menentukan akan karakter dan emosional anak saat dewasa nanti.

Memilih Sekolah Untuk Buah Hati
Lenterahidup.net

Dengan pendidikan diharapkan mampu mengembangkan akhlak, pengetahuan, ketrampilan maupun karakter sikap si anak. Pendidikan sebenarnya dibagi hanya menjadi 2 bagian, yaitu:

  1. Pendidikan Agama: Ilmu untuk bekal menuju akhirat dan akhlak, bersikap dan berperilaku sesuai tuntunan agama. Jika sesorang agamanya baik maka akhlak serta perilakunya kepada diri sendiri, kepada manusia dan kepada lingkungan juga baik. Jika agama seseorang buruk maka akhlak serta perilakunya kepada diri sendiri, kepada manusia dan kepada lingkungan juga buruk.
  2. Pendidikan Dunia: Ilmu untuk bekal selama hidup dunia untuk menunjang kehidupan selanjutnya di akhirat. Pendidikan dunia meliputi ilmu pengetahuan, baik untuk perkerjaan, pembangunan, dll.

Memilih Sekolah (Negeri atau Pondok Pesantren)

Memilih Sekolah Untuk Buah Hati
Lenterahidup.net

Untuk memilihkan sekolah si buah hati terkadang orangtua yang bijak dipusingkan dengan berbagai pilihan. Dengan latar belakang pendidikan di sekolah yang berbeda-beda.

Berikut saya akan menjelaskan beberapa definisi sekolah negeri dan pondok pesantren:

1. Definisi Sekolah Negeri

Memilih Sekolah Untuk Buah Hati
Lenterahidup.net
A. Pelajaran

Di sekolah negeri seperti SD, SMP, SMA, SMK kebanyakan diajarkan tentang ilmu-ilmu pengetahuan umum, teknologi dan agama. Untuk pelajaran agama tersendiri hanya 2 jam seminggunya, itupun kalau gurunya pas lagi ada.

Memilih Sekolah Untuk Buah Hati
Lenterahidup.net
B. Pergaulan

Pergaulan di sekolah negeripun tergolong bebas, karena tak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Semua berbaur menjadi satu di satu ruangan. Saling berinteraksi satu sama lain tanpa diketahui orangtua tentang apa yang dibicarakan.

Mirisnya dibeberapa kalangan anak SD kelas 5 pun sudah mengenal namanya pacaran. Bagaimana nanti di jenjang berikutnya seperti SMP SMA maupun Kuliah.

Apalagi dengan kemajuan teknologi di zaman modern seperti sekarang. Alat komunikasi seperti HP, gadget dan internet yang merambah di masyarakat. Dan sebagian besar anak sekolah dari yang SD sampai SMA sudah mengenal itu.

Dengan alat komunikasi seperti itu, mereka bisa terlena dan terperdaya. Bahkan bisa terjerumus dalam arus informasi yang seakan seperti air bah yang siap menghancurkan mereka.

Sementara orangtua tak bisa melakukan apa-apa untuk menghalau mereka. Buah hati sudah akrab dengan media sosial seperti balckberry massenger, facebook, twitter, line, whatsapp dan lain-lainnya.

Orangtua jarang mengontrol HP buah hatinya, bahkan si anak malah memasang key security di HPnya. Sehingga orangtua tidak bisa melihat isi HP buah hatinya.

Dan saat terjadi razia HP di sekolah, sering ditemui unduhan baik gambar ataupun video porno, maupun foto-foto mesum dengan pacarnya.

Makannya tidak heran sekarang di media kabar sering terkabar anak sekolah m***m dan hamil saat masih duduk di bangku sekolah. Ini sangat miris untuk negeri kita, untuk generasi kita kedepannya.

2. Definisi Sekolah Pondok Pesantren

Memilih Sekolah Untuk Buah Hati
Lenterahidup.net
A. Pelajaran

Pondok pesantren tidak hanya ada MI, MTS, MA. Sekarang di pondok pesantren juga ada SDIT, SMP/SMPIT, SMA/SMAIT/SMK juga. Mengikuti perkembangan zaman yang modern ini.

Di pondok pesantren diajarkan ilmu agama, ilmu pengetahuan dan ilmu teknologi. Untuk pendidikan agama di pondok pesantren dipecah atau dipisah-pisah menjadi beberapa mata pelajaran. Yaitu Fikih, Akidah Akhlak, Qur’an Hadits, Sejarah Kebudayaan Islam dan Bahasa Arab.

Untuk diluar jam sekolah semisal sehabis maghrib dan sehabis subuh. Biasa untuk hafalan Al-qur’an baik talaqi ataupun dengan muroja’ah. Dan dilengkapi dengan kultum dari ustadz atau kultum singkat dari santri sendiri untuk pembelajaran.

B. Pergaulan

Pergaulan di pondok pesantren sangat bagus, dimulai dari laki-laki maupun perempuan yang diberikan ruang dan lokasi yang berbeda. Jadi jika bergaul laki-laki hanya bersamalaki-laki dan perempuan hanya bersama perempuan.

Di pondok pesantren sangat menjaga akhlak dan etika hidup bersama sesama manusia. Saling menghargai, menhormati,menjaga perasaan dan saling berbagi antara satu sama lain. Sehingga tali persaudaraan antara santri cukup erat hingga selepas dari pondok.

Dalam pergaulanpun yang dibicarakan juga tidak jauh dari perkara-perkara agama dan kebaikan. Saling ingat mengingatkan bila ada yang melakukan kesalahan.

Pendidikan anak di pondok tidak lepas juga dari pendidikan orangtua di rumah. Karena saat-saat di rumah juga menjadi tanggung jawab orang tua. Baik dari latar belakang orang tua dan perlakuan orang tua.

Kebanyakan program di pondok pesantren untuk para santri dilarang membawa HP maupun gadget lainnya. Kecuali pondok dalam bidang IT yang mengharuskan santrinya membawa Laptop atau Komputer.

Walaupun ada pelajaran komputer akan selalu dipantau oleh pembimbing. Sehingga sikap, perilaku dan tindakan anak terjaga.

PILIHAN

Maka dari itu orangtua, dengan kenyataan zaman yang seperti sekarang ini. Mau tidak mau orangtua harus memikirkan kemana arah pendidikan buah hatinya. Hidup hanya sekali tak dapat diulang kembali, bawa buah hati kelingkungan yang baik dan kebiasaan yang baik.

Memilih Sekolah Untuk Buah Hati
Lenterahidup.net

Lebih tepatnya orangtua lebih baik memilih pesantren untuk sekolah pendidikan anaknya. Karena alasan apa?

  1. Di pondok pesantren tidak hanya memberi kecerdasan ilmu pengetahuan saja tetapi juga kecerdasan ilmu agama yang lebih mendalam. Selain dilatih kecerdasan emosional juga kecerdasan spiritual.
  2. Dampak negatif arus globalisasi yang sudah melanda dunia ini bisa terkontrol, dan terlindungi. Dengan pengawasan- pengawasan, perlindungan dan program-program pondok pesantren. Yang setidaknya mereka akan menjadi lebih baik.
  3. Buah hati akan terbiasa dilatih hidup mandiri. Terbiasa berinteraksi dengan santri lain dari luar kota dan terbiasa berorganisasi. Sehingga pada waktunya terjun bermasyarakat si buah hati sudah terlatih.
  4. Akan lebih berakhlak dan bertata krama saat berhubungan dengan orang lain
Memilih Sekolah Untuk Buah Hati
Lenterahidup.net

Memilih sekolah untuk buah hati memang penting, tidak hanya untuk kepentingan dunia, kepentingan akhirat lebih sangat penting. Demikian artikel ini saya tulis, semoga bermanfaat bagi pembaca yang akan memilih sekolah untuk buah hati.

Dan untuk pembelajaran bagi saya. Semoga keluarga kita selalu dalam keharmonisan, lindungan, tuntunan Allah SWT yang diberkahi. Serta diberikan keturunan-keturunan yang sholeh sholehah dan cerdas.

Tinggalkan komentar