Mengenali Ciri-ciri Kucing Persia Himalaya Beserta Cara Merawatnya

Kucing Persia Himalaya yang dahulu bernama Colourpoint Persian merupakan salah satu jenis kucing dari empat jenis kucing persia. Persia himalaya bukanlah jenis kucing ras asli namun ia merupakan kucing yang dihasilkan dari perkawinan silang.

Kucing Persia Himalaya
Cats – LoveToKnow

Perkawinan silang itu dihasilkan dari kucing ras Persia murni dengan kucing ras murni Siamese. Sehingga menghasilkan jenis kucing baru yang unik, cantik dengan bulunya yang indah dan bentuk tubuh yang menarik. Sehingga kini banyak sekali peminat dari pecinta kucing untuk merawat dan memelihara kucing Persia Himalaya.

Kucing Persia Himalaya memiliki tubuh seperti kucing persia dengan pola warnanya yang seperti kucing siamese. Matanya sendiri biasanya berwarna biru dan berpola point.

A. Sejarah Kucing Persia Himalaya

Sejarah Kucing Persia Himalaya
lenterahidup.net

Keberadaan kucing Persia Himalaya sebenarnya sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Namun, Persia Himalaya baru dikenal di benua Eropa pada tahun 1950’an. Nama Persia Himalaya pada saat itu masih bernama Colourpoint Persian.

Di tahun 1957 persia himalaya terdaftar pada jenis kucing yang berbeda dari kucing Persia. Dan pada saat itu Persia Himalaya diberi nama Himalaya.

Tetapi disaat sekarang, ras himalaya di daftarkan dan termasuk dalam keturunan persia. Yang dikarenakan pola dan karakternya yang sama seperti kucing persia.

B. Ciri-ciri Kucing Persia Himalaya

Ciri-ciri Kucing Persia Himalaya
www.pinterest.com

Persia Himalaya memiliki bentuk tubuh yang besar, gemuk dan bulat. Kakinya pun terlihat pendek seperti kucing Persia, sehingga menyulitkannya untuk melompat.

Namun Persia Himalaya ada juga yang memilki bentuk tubuh yang ramping, langsing dan anggun seperti kucing Siamese. Sehingga dapat memudahkannya melompat dengan ketinggian kurang lebih 2 meter.

Persia Himalaya sendiri terbagi menjadi dua jenis yang berdasarkan bentuk wajahnya. Pertama Persia Himalaya Doll Face yang memiliki bentuk hidung sedikit pesek. Dan yang kedua Persia Himalaya ultra Face yang memiliki bentuk hidung yang sangat pesek.

Bulu Persia Himalaya sendiri panjang dengan warna point pada telinga, wajah, ekor dan kaki. Warna yang terdapat pada persia himalaya dapat diklafisikasikan dalam beberapa warna.

Yaitu warna seal point (coklat kehitaman), blue point (abu abu), lilac point (abu-abu kecoklatan), red/flame point (krem kemerahan), cream point (krem), dan chocolate point (cokelat).

C. Kepribadian Kucing Persia Himalaya

Kepribadian Kucing Persia Himalaya
Cicats

Persia Himalaya merupakan jenis kucing yang tergolong aktif dengan senang bermain. Selain itu Persia Himalaya juga termasuk kucing yang cerdas, lembut, tenang, manis, dan komunikatif.

Ia juga bersifat manja dengan suka sekali di belai oleh majikannya. Persia Himalaya juga merupakan kucing yang setia dan sangat bersahabat dengan manusia.

D. Kesehatan Kucing Persia Himalaya

Kesehatan Kucing Persia Himalaya
Cat Breeds List

Kucing Persia Himalaya merupakan jenis kucing yang termasuk tidak mudah terserang penyakit. Namun Persia Himalaya membawa suatu penyakit yang berasal sejak ras nenek moyangnya.

Penyakit bawaan itu bernama PKD Polycystic Kidney Disease yang merupakan penyakit yang dapat mengakibatkan kista pada ginjal. Namun tidak perlu cemas, karena rata-rata Persia Himalaya mampu bertahan hidup hingga umur 9 sampai 15 tahun.

E. Perawatan Kucing Persia Himalaya

Perawatan Kucing Persia Himalaya
Cat-World

Para pecinta kucing yang memelihara segala jenis kucing Persia pasti sudah tahu akan konsekuensi memelihara kucing Persia. Yaitu kita harus rajin dan secara rutin memandikannya, menyisir rambutnya, dan yang terpenting juga secara rutin memberinya makanan yang sehat.

Demikian sedikit penjelasan tentang kucing Himalaya yang dapat saya bagikan kepada para pecinta kucing sekalian. Semoga apa yang saya bagikan ini dapat bermanfaat bagi pembaca khususnya. Baca juga artikel tentang kucing lainnya, 51 jenis kucing dari belahan dunia, jenis-jenis kucing persia, penjelasan kucing Persia Medium, penjelasan kucing Persia Peaknose.

Kucing Persia Himalaya
natura.org.uk

Tinggalkan komentar