Nama-nama Planet di Tata Surya Beserta Gambarnya & Penjelasannya

Nama-nama Planet di Tata Surya – Berikut ini kita akan mempelajari akan susunan urutan planet yang ada di tata surya lengkap dengan gambar dan penjelasannya. Uraian dalam materi susunan urutan nama-nama planet ini meliputi: pengertian, susunan plus gambar dari tata surya kita secara berurutan.

Di dalam ilmu astronomi, urutan susunan tata surya hanyalah satu sistem yang terdiri dari beberapa sistem yang ada dalam alam semesta. Pada tiap-tiap tata surya mempunyai susunan dan karakteristik tersendiri yang mungkin saja berbeda dengan susunan tata surya lainnya.

Misalnya saja, pada planet bumi yang kita tinggali ini, yang ada secara bersama-sama dengan planet yang lainnya. Berada pada satu sistem tata surya yang dimana Matahari menjadi pusatnya. Matahari sendiri memberikan sinar dan suhu sebagai sumber energi kehidupan makhluk hidup di tata surya. Sehingga tata surya yang kita tempati ini disebut dengan sistem tata surya Matahari.
Seperti yang terbaca pada judul, pembahasan kita kali ini akan kita bagi menjadi 3 bagian. Pembahasan pertama akan terfokus diseputar pengertian tata surya, pembahasan kedua berisi tinjauan tata surya sebagai sebuah sistem, dan pembahasan terakhir akan membicarakan tentang susunan dari anggota-anggota tata surya Matahari secara berurutan, selamat membaca.

Pengertian Tata Surya

Apa yang dimaksud tata surya? Pada pembahasan awal telah disinggung sedikit tentang apa tata surya Matahari yang merupakan menjadi sistem dalam tata surya kita ini. Jadi, pengertian tata surya yang akan kita bahas disini adalah tentang suatu pengertian dari tata surya Matahari.

Pengertian sederhananya, tata surya adalah kumpulan benda di langit yang terdiri dari matahari, 9 planet, planet-planet kecil, satelit, asteroid, komet, meteor, dan berbagai benda ruang angkasa yang lainnya. Pusat tata surya sendiri adalah matahari.

Anggota dari tata surya matahari ini yang beredar dengan mengelilingi matahari. Tata surya matahari kita ini hanyalah salah satu dari beberapa tata surya lainnya yang berada dalam galaksi bimasakti ini.

Mengapakah benda dalam sistem tata surya beredar dengan mengelilingi matahari? Kekuatan atau gaya apakah yang ada pada matahari? Benda-benda yang ada dalam tata surya tertarik oleh matahari yang dikarenakan gaya gravitasi.

Massa dari matahari sangatlah besar dibandingkan dengan benda-benda langit yang ada di dalam tata surya. Sehingga matahari mempunyai gaya tarik gravitasi yang terbesar. Gaya gravitasi pada matahari membuat benda-benda langit yang lain tertarik pada pusat matahari.

Namun, benda-benda di langit yang termasuk ke dalam susunan tata surya, ternyata hanya beredar dan bergerak mengelilingi matahari pada lintasan atau orbit yang tertentu saja, yang bentuknya elips.

Berapa jumlah planet di tata surya kita ?

Yang dimaksud planet di tata surya adalah sebuah benda besar yang mengelilingi matahari secara periodik. Tata surya sendiri adalah semua benda yang mengelilingi sebuah bintang. Matahari adalah bintang dan dikelingi oleh planet-planet seperti Bumi, Saturnus, Pluto, Merkurius, sabuk asteroid dan lainnya menjadi bagian dari tata surya.

Setiap bintang bisa disebut tata surya, sebab ada kemungkinan disana terdapat planet yang mengorbit pada bintang. Untuk ukuran planet yang besar, setidaknya jumlahnya ada 13 planet di tata surya. Tetapi hanya ada 9 nama planet yang terdaftar secara resmi di masyarakat umum. Dan Planet terkecil adalah Pluto sempat saja keluar dari daftar planet karena dianggap planet yang terlalu kecil. Namun kembali dimasukan lagi menjadi anggota planet pada tata surya.

Kategori planet yang menjadi bagian di tata surya:

  • Bentuknya harus bulat baru bisa disebut sebagai planet
  • Memiliki diameter lebih besar dari 2000km
  • Orbitnya harus stabil mengelilingi matahari.

Namun aturan kategori planet berubah di tahun 2000an:

  • Planet, bergerak mengorbit ke matahari, mempunyai masa yang cukup untuk membuat gravitasi sendiri, bentuknya bulat, dan bersih dari puing batuan yang dahulu membentuknya.
  • Dwarf Planet / planet kerdil. Kategori seperti ini merupakan planet tetapi bentuknya belum bersih atau tidak bulat utuh
  • Diluar ketegori Planet dan Dwarf Planet, masuk kedalam anggota dari tata surya yang berukuran kecil dari 2 kategori diatas

Planet dari tata surya kita memang tidak pasti jumlahnya. Dan jumlah planet terus bertambah sesuai dengan kemajuan dari teknologi astronomi (kemampuan manusia untuk melihat). Bahkan masih ada lagi yang belum tercatat dengan pasti, sebab bentuk planetnya, orbit dan hal lainnya terlihat belum jelas.

Jadi informasi ini adalah pendapat yang berasal dari para ilmuwan dan bukan dari pendidikan pelajaran yang formal pada umumnya. Sehingga tidak bisa dipakai sebagai acuan dalam pelajaran, melainkan sebagai informasi yang lebih mendalam tentang hal tata surya kita.

 

Urutan Nama-nama Planet Di Tata Surya Beserta Gambarnya dan Penjelasannya

1. MATAHARI

Sebagai planet pusat tata surya dan matahari adalah sebuah bintang bercahaya. Ukuran diameter 1,392 juta km. Dikelilingi sekitar 13 planet (untuk sementara). Usia matahari saat ini sekitar 4,6 miliar tahun. Suhu panas matahari di permukaan luar mencapai 5.500 degC, di inti matahari sebagai titik fusi thermal nuklir diperkirakan mencapai 15 juta deg.C.

2. MERKURIUS

Merkurius merupakan planet yang terdekat dari Matahari dan planet terkecil yang mana massa planet Merkurius sama dengan 0,055 Massa Bumi. Planet ini sering disebut dengan sebutan Bintang Senja dan Bintang Pagi. Planet ini tidak memiliki Planet Alami satu pun.
Jarak Planet Merkurius dari Matahari, berjarak 57,9 juta km dengan kala rotasi Planet Merkurius 59 hari dan Kala Revolusi Planet Merkurius berkisar 88 hari.

3. VENUS

Venus merupakan planet yang terletak paling dekat dengan Bumi. Venus memiliki ukuran mirip dengan ukuran Bumi, yang mana Planet Venus sebesar 0,815 dari ukuran Bumi, dengan demikian Venus seing dijuluki Planet “Saudara” Bumi karena ukurannya yang sangat mirip. Planet Venus tidak memiliki satelit alami.
Planet Venus sering disebut dengan sebutan Bintang Fajar, Bintang Timur dan Bintang Kejora. Jarak Planet Venus dari Matahari adalah 108,2 juta km dengan Kala Rotasi 143 hari dan kala revolusi 22,4 hari.

4. BUMI

Bumi merupakan planet satu-satunya yang diketahui memiliki aktivitas geologi dan satu-satunya planet yang diketahui memiliki aktivitas mahluk hidup. Bumi memiliki satu satelit alami yang disebut dengan Bulan, Bulan merupakan Satelit paling besar dari planet kebumian dalam Sistem Tata Surya.
Jarak Bumi dari Matahari berjarak 150 juta km, dengan Kala Rotasi Bumi adalah 365,25 hari dan Kala Rotasi Bumi 24 Jam.

5. MARS

Mars merupakan Mars adalah planet terdekat keempat dari Matahari. Namanya diambil dari dewa perang Romawi, Mars. Planet ini juga, sering dijuluki sebagai “Planet Merah” karena tampak dari jauh berwarna kemerah-kemerahan. Ini disebabkan oleh keberadaan besi oksida di permukaan planet Mars. Planet Mars memiliki 2 Satelit yaitu Phobos dan Deimos.
Jarak Planet Mars dengan Matahari adalah 247,1 Juta km dengan Kala Rotasi Mars selama 25,62 Jam dan Kala Revolusinya selama 687 Hari.

6. CERES

Adalah planet kerdil, berada disabuk Asteroid. Ceres adalah batuan besar berbentuk bulat dikategorikan sebagai asteroid terbesar di sabuk asteroid. Berada di belakang planet Mars, sebagian batuan terbesar di asteroid Belt (sabuk asteroid). Memiliki diameter 950km, dengan orbit 413,7 juta km. Mengitari matahari setiap 4,6 tahun sekali. Suhu disana mencapai -105 deg.C.
Peneliti mengatakan di sabuk asteroid diperkirakan terdapat 750 ribu batu dengan ukuran lebih besar dari 1km. Ceres tidak masuk sebagai planet, tetapi menjadi anggota di tata surya dalam kelompok asteroid.

7. YUPITER

Yupiter merupakan raksasa gas dengan massa 1/1000 massa Matahari dan dua setengah kali jumlah massa semua planet lain di Tata Surya. Planet ini dan raksasa gas lain di Tata Surya (yaitu Saturnus, Uranus, dan Neptunus) kadang-kadang disebut planet Jovian atau Planet luar. Menurut Romawi Kuno Yupiter adalah Raja Langit. Planet Yupiter Memiliki 16 satelit, diantaranya Lo, Europa, Gannymeda dan Callisto.
Jarak Planet Yupiter dari Matahari adalah 778 Juta km, dengan Kala Rotasi Yupiter selama 9jm 55 menut dan Kala Revolusinya selama 11,9 Tahun.

8. SATURNUS

Saturnus merupakan sebuah planet di tata surya yang dikenal juga sebagai planet bercincin, dan merupakan planet terbesar kedua di tata surya setelah Jupiter. Jarak Saturnus sangat jauh dari Matahari, karena itulah Saturnus tampak tidak terlalu jelas dari Bumi. Saturnus memiliki 18 Satelit dan yang paling besar bernama Titan.
Jarak Saturnus dari Matahari adalah 1.426 juta km, dengan Kala revolusi Planet Saturnus selama 29,5 tahun dan kala rotasi 10,7 jam

9. URANUS

Uranus merupakan planet yang paling ringan di antara planet-planet luar. Planet ini memiliki kelainan ciri orbit. Uranus mengedari Matahari dengan bujkuran poros 90 derajat pada ekliptika. Planet ini ditemukan oleh Sir William Herschel  pada tanggal 13 Maret 1781, menambah batas yang diketahui dari Tata Surya untuk pertama kalinya dalam sejarah modern. Uranus Memiliki 18 Satelit dan ada 5 yang terbesar yaitu: Miranda, Ariel, Umbiel, Titania, dan Oberon.
Jarak Uranus dari Matahari adalah 2.880 Juta km, dengan Kala Kala revolusi selama 84 tahun dan kala rotasi 17 jam.

10. NEPTUNUS

Neptunus merupakan planet terjauh (kedelapan) jika ditinjau dari Matahari. Planet ini dinamai dari dewa lautan Romawi. Neptunus merupakan planet terbesar keempat berdasarkan diameter (49.530 km) dan terbesar ketiga berdasarkan massa. Massa Neptunus tercatat 17 kali lebih besar daripada Bumi. Neptunus memiliki 8 satelit dan ada 3 yang terbesar yaitu: Triton, Nereid, dan Proteus.
Jarak Neptunus dari Matahari adalah 2.869 km, dengan Kala rotasi selama 6 jam dan kala revolusi 165 tahun.

Selain kedelapan Planet diatas pada tahun 2008 ada lima objek angkasa yang diklasifikasikan sebagai planet kerdil. Orbit planet-planet kerdil, kecuali Ceres, berada lebih jauh dari Neptunus. Kelima planet kerdil tersebut ialah:

  • Ceres (415 juta km. di sabuk asteroid; dulunya diklasifikasikan sebagai planet kelima)
  • Pluto (5.906 juta km.; dulunya diklasifikasikan sebagai planet kesembilan)
  • Haumea (6.450 juta km),
  • Makemake (6.850 juta km).
  • Eris (10.100 juta km).

11. PLUTO

Pluto merupakan planet terkecil dalam tata surya. Planet ini ditemukan oleh Clyde W. Yombough, seorang astronom Amerika Serikat pada tahun 1930. Jarak ke matahari 5.943 juta km. Kala rotasi 6,4 hari dan kala revolusi 248,4 km.

12. Komet

Benda ini terkadang disebut batuan es dan debu, melayang bebas tapi mengitari matahari. Dengan material es dan batuan, komet memiliki bentuk seperti buntut yang selalu menjauhi sisi matahari. Buntut komet disebabkan tekanan angin matahari, membuat bentuk buntut ekor komet yang selalu mengarah ke belakang matahari. Orbit komet paling singkat adalah 200 tahun sekali mengorbit matahari. Umumnya komet berasal dari daerah Oort Cloud. Dimana Oort Cloud tersebut lebih jauh dibelakang planet Pluto, dan terdapat sisa batuan dari bekas pembentukan tata surya dengan jumlah sangat besar. Tetapi Oort Cloud belum bisa dilihat oleh pesawat ruang angkasa, karena membutuhkan waktu sangat lama bila manusia mengirim pesawat kesana, disebabkan letaknya sangat jauh.

Tinggalkan komentar