Pengertian Rumusan Masalah Penelitian Karya Ilmiah Dalam Makalah Proposal

Pengertian Rumusan Masalah Penelitian – Sebagian dari kita mungkin masih belum tahu akan identifikasi pengertian rumusan masalah penelitian karya ilmiah. Maka dari itu kali ini kita akan belajar tentang pengertian rumusan masalah karya ilmiah.

Pengertian Rumusan Masalah
http://lenterahidup.net/

Pengertian rumusan masalah ini supaya mempermudah kita dalam pembuatan rumusan masalah penelitian karya ilmiah kedepannya. Berikut pengertian rumusan karya ilmiah berserta bentuk-bentuk dan contohnya.

A. Pengertian Rumusan Masalah

Pengertian Rumusan Masalah
http://lenterahidup.net/

Pengertian rumusan masalah ialah suatu usaha dengan membuat pertanyaan tentang penelitian yang ingin dicapai dan telah diidentifikasi. Dengan dicarikan jalan keluarnya atau jawabannya dari setiap pertanyaan tersebut untuk disampaikan secara tersurat dan jelas. Sehingga akan tersampaikan dengan sistematis akan isi dari laporan penelitian yang kita buat tersebut.

Rumusan masalah merupakan penjabaran dari mengidentifikasi suatu masalah yang ingin kita capai penyelesaiannya. Rumusan masalah terdapat pertanyaan yang lengkap dan secara rinci tentang suatu masalah yang akan kita teliti berdasarkan identifikasi suatu masalah.

Rumusan masalah yang baik adalah rumusan masalah yang bisa terjawab setengah atau semua pertanyaan yang ada pada rumusan masalah tersebut. Rumusan masalah yang sudah dirumuskan secara baik dan benar bisa membantu kita untuk memusatkan fikiran secara fokus dengan mengarahkan fikiran kita saat melakukan penelitian.

Rumusan Masalah sendiri berbeda dengan masalah, kalau masalah merupakan kesenjangan antara apa yang terjadi dengan apa yang diharapkan. Sedangkan rumusan masalah adalah kumpulan pertanyaan yang hendak dicarikan jawaabannya dengan mengumpulkan data melalui cara penelitian.

Rumusan Masalah adalah salah satu tahapan mendasar dari beberapa tahapan penelitian yang mempunyai kedudukan sangat penting dalam kegiatan penelitian. Sehingga tanpa adanya rumusan masalah di dalam kegiatan penelitian akan membuat penelitian tersebut menjadi sia-sia tidak membuahkan hasil.

B. Jenis Bentuk-bentuk Rumusan Masalah

Pengertian Rumusan Masalah
http://lenterahidup.net/

Seperti yang telah di sampaikan bahwasannya rumusan masalah merupakan sekumpulan pertanyaan yang hendak dicarikan jawaban melalui pengumpulan data dengan cara penelitian. Dan dalam pengumpulan data dalam penelitian tersebut terdapat berbagai bentuk rumusan masalah penelitian.

Sehingga rumusan penelitian tersebut bisa deikembangkan lagi  berdasarkan penelitian menurut tingkatan eksplanasi at6au fakta yang ada. Beberapa bentuk-bentuk rumusan masalah tersebut terkelompokkan dalam bentuk rumusan masalah deskriptif, komparatif serta asosiatif. Berikut pengertian bentuk-bentuk rumusan masalah tersebut:

1. Pengertian Rumusan Masalah Deskriptif

Pengertian Rumusan Masalah
http://lenterahidup.net/

Pengertian rumusan masalah deskriptif ialah sebuah rumusan msalah yang bersangkutan dengan pertanyaan terhadap adanya variable. Sehingga di dalam penelitian tersebut tidak membuat perbandingan variable itu dengan sampel yang lainnya. Selain itu dengan rumusan masalah deskriptif merupakan mencari hubungan variable dengan variable yang lainnya.

Berikut ini beberapa contoh dari rumusan masalah deskriptif :

  1. Seberapa bagus kinerja pmpinan daerah di kabupaten M?
  2. Bagaimana sikap masyarakat menanggapi keberadaan perusahaan  A?
  3. Seberapa besar efektivitas kebijakan dilarang menjual alkohol di warung-warung?
  4. Seberapa besar tingkat kepuasan masyarakat kepada layanan puskesmas di kabupaten M?

Menurut beberapa contoh rumusan masalah deskriptif di atas, bisa kita simpulkan kalau setiap pertanyaan di dalam penelitian. Saling berhubungan dengan satu variable  bahkan lebih dengan sendirinya. Bisa kita bandingkan dengan contoh-contoh rumusan pada rumusan masalah komporatif serta asosiatif pada paragraf berikutnya.

2. Pengertian Rumusan Masalah Komparatif

Pengertian Rumusan Masalah
http://lenterahidup.net/

Pengertian rumusaa masalah komparatif ialah suatu rumusan masalah yang membandingkan akan keberadaan pada satu variable bahkan lebih, pada dua sampel atau waktu yang berbeda.

Berikut ini beberapa contoh dari rumusan masalah komparatif:

  1. Adakah perbedaan produktivitas kerja antara Guru Negeri dengan Guru Swasta?
  2. Adakah kesamaan cara belajar di sekolah N dan sekolah P?
  3. Adakah perbedaan, kecerdesan dan keahlian antara siswa sekolah negeri dengan siswa santri yang ada di pondok?
  4. Adakah perbedaan kenyamanan naik ferrari dan naik mikrolet umum menurut berbagai pendapat masyarakat?
  5. Adakah perbedaan tingkat kepuasan masyarakat di daerah M dan K dalam pelayanan pendidikan?

Berdasarkan dari beberapa contoh rumusan masalah komparatif diatas, bisa kita lihat kalau setiap pertanyaan penelitian tersebut berusaha untuk membandingkan. Antara satu variable atau lebih dengan sampel penelitian. Agar lebih jelas lagi bisa kita bandingkan dengan rumusan masalah deskriptif diatas.

3. Pengertian Rumusan Masalah Assosiatif

Pengertian Rumusan Masalah
http://lenterahidup.net/

Pengertian rumusan masalah assosiatif ialah suatu rumusan masalah yang memiliki sifat menanyakan hubungan dari antara 2 variable atau lebih. Di dalam rumusan masalah assosiatif sendiri terdapat 3 bentuk kelompok rumusan masalah assosiatif. Ketiga kelompokkan bentuk rumusan masalah assosiatif tersebut sebagai berikut:

1. Rumusan Masalah Assosiatif Hubungan Simetris

Pengertian rumusan masalah assosiatif hubungan simetris ialah hubungan dari antara dua variable atau lebih yang muncul bersama dengan kebetulan. Sehingga hubungan ini bukanlah hubungan yang kausal mkaupun timbal balik. Agar lebih jelasnya berikut contoh dari rumusan masalah assosiatif hubungan simetris:

  1. Adakah hubungan antara banyaknya lebah di sarang lebah dengan tingkat banyaknya madu?
  2. Adakah hubungan antara badan kurus dengan kemampuan memimpin?
  3. Adakah hubungan antara banyaknya jumlah katak di suatu daerah dengan seringnya hujan turun?

Contoh judul penelitiannya adalah sebagai berikut :

  1. Hubungan antara lebah di sarang lebah dengan tingkat jumlah madu.
  2. Hubungan antara badan kurus dengan kemampuan memimpin.
  3. Hubungan antara banyaknya jumlah kata di suatu daerah dengan seringnya hujan turun.
2. Pengertian Rumusan Masalah Hubungan Kausal

Pengertian rumusan masalah Kausal ialah suatu hubungan rumusan masalah yang memiliki sifat sebab dan akibat. Di dalam melakukan penelitian yang menggunakan rumusan masalah hubungan kausal terdapat variable independen dan dependen. Yang berarti mempengaruhi dan dipengaruhi. Agar lebih jelasnya berikut contoh dari rumusan masalah assosiatif hubungan kausal:

  1. Adakah pengaruh hawa nafsu dengan hafalan quran?
  2. Seberapa besar pengaruh akhlak dan keimanan presiden terhadap kemakmuran masyarakat?
  3. Seberapa besar pengaruh pendidikan agama terhadap kehidupan masyarakat?

Berikut contoh judul penelitian rumusan masalah assosiatif hubungan kausal:

Contoh satu varibel : Pengaruh keimanan terhadap kemakmuran masyarakat di negara I

Contoh dua variabel : Pengaruh pendidikan agama dan akhlak baik terhadap kehidupan masyarakat di negara I.

3. Pengertian Rumusan Masalah Hubungan Timbal Balik Interaktif

Pengertian rumusan masalah hubungan timbal balik interaktif merupakan suatu hubungan yang saling mempengaruhi. Sehingga di dalam rumusan masalah hubungan ini tidak diketahui akan mana variabel independen dan yang mana dependen. Agar lebih jelasnya berikut contoh dari rumusan masalah hubungan timbal balik interaktif:

  1. Adakah hubungan antara keimanan dan ketentraman?
  2. Adakah hubungan antara ketakwaan dengan kehidupan?

Contoh judul penelitiannya adalah sebagai berikut :

  1. Hubungan antara keimanan dan ketentraman.
  2. Hubungan antra ketakwaan dengan kehidupan.
Pengertian Rumusan Masalah
http://lenterahidup.net/

Demikian penjelasan singkat tentang pengertian rumusan masalah yang bisa kita pelajari lagi lebih dalam. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kita semuanya dalam mengerjakan suatu tugas penelitian karya ilmiah. Jangan lupa like dan share artikel ini kepada teman-teman kita semua supaya lebih bermanfaat lagi. Untuk penjelasan lebih lengkapnya tentang pengertian, jenis, cara membuat, contoh rumusan masalah yang baik, klik di sini.

Teman-teman sekalian juga bisa melihat video berikut ini yang menjelaskan tentang pengertian rumusan masalah. Berikut videonya:

Satu pemikiran pada “Pengertian Rumusan Masalah Penelitian Karya Ilmiah Dalam Makalah Proposal

Tinggalkan komentar