1 Senjata Tradisional Jawa Tengah, Keris & Senjata Tradisional Yogyakarta

Senjata Tradisional Jawa Tengah – Mungkin dari kita masih ada yang belum tahu, apa senjata tradisional Jawa Tengah?  Maka dari itu kali ini kita akan mempelajari tentang senjata tradisional Jawa Tengah yang merupakan salah satu ciri khas senjata tradisional Indonesia atau Nusantara.

Sebenarnya senjata tradisional Jawa Tengah dan senjata tradisional Yogyakarta itu dalam garis besar hampir sama yaitu keris. Hanya saja yang membedakan dari senjata tradisional Jawa tengah dengan Yogyakarta adalah morfologi, ornament dan bentuk dari senjata tradisional tersebut.

Sudah sejak zaman dulu bahwa keris sudah menjadi suatu lambing kekuatan di pulau jawa, baik itu untuk laki-laki maupun untuk perempuan. Sebenarnya keris tidak berbeda dengan senjata tradisional Indonesia lainnya, dengan memiliki mata yang dan again tajam di pakai untuk menusuk/memotong.

senjata tradisional jawa tengah

Pada zaman dahulu kala keris digunakan sebagai simbol indentitas untuk keluarga, kelompok maupun untu diri sendiri. Dahulu keris milik raja berbeda dengan keris milik perwira ataupun dengan abdi dalem bawahan yang lainnya. Tidak pada bilah kerisnya saja namun juga detil perhiasan perlengkapannya juga.

A. Pembuatan Senjata Tradisional Jawa Tengah (Keris)

senjata tradisional jawa tengah

Keris dibuat oleh para empu sejak zaman kerajaan Indonesia dahulu kala. Mereka membuatnya dengan bahan material baja dan meteroit, kemudian ditempa dengan teknik lipat sehingga menghasilkan keris dengan bentuk kelokan fisiknya yang indah.

B. Pamor Senjata Tradisional Jawa Tengah (Keris)

senjata tradisional jawa tengah

Di bidang perkerisan terkenal dengan istilah pamor daden, yang arti pamor daden sendiri adalah cahaya yang terbentuk spontan tanpa rekayasa empu pembuat keris. Menurut percobaan oleh orang zaman dulu, keris mempunyai energy radioaktif tinggi didalamnya, jadi harus melakukan cara penetralan.

Salah satu cara untuk menetralkan keris adalah dengan menyarungkan keris ke dalam sebuah sarung keris dari sebuah kayu tertentu. Dan kayu-kayu yang biasa digunakan dalam pembuatan keris adalah kayu timoho, cendana, trembalu, awar-awar, liwung, galih asem, dan gading gajah.

Selain istilah pamor daden ada juga istilah pamor rekan yang arti pamor rekan adalah pamor buatan. Pamor rekan adalah apabila dari awal pembuatan keris, empu menginginkan cahaya tertentu dari kerisnya.

Ciri dari senjata tradisional jawa tengah seperti keris solo, biasanya mempunyai banyak aksesoris yang bertahta emas dan berlian serta memiliki rangka kayu cendana yang wangi.

C. Perbedaan Senjata Tradisional Keris Jawa tengah dan Senjata Tradisional Keris Yogyakarta

senjata tradisional jawa tengah

Senjata tradisional jawa tengah  yaitu biasa yang terkenal adalah keris solo biasa disebut dengan keris ladrang. Ada banyak motif ornamen dan bentuk didalamnya karena mengikuti cita rasa Madura dari Mpu Brojoguno dengan tekstur yang lebih halus darikeri Yogyakarta.

Sedangkan keris senjata tradisional Yogyakarta biasa disebut Branggah Ladrang dengan mempunyai sarung keris yang lebih ramping dan sederhana dengan sedikit motif ornamen. Karena pada keris Yogyakarta mengikuti gaya Senopatenan dan Sultan Agung Mataram.

Dari beberapa perbedaan yang terdapat pada gagang, luk pada masing-masing kedua keris tersebut mempunyai filosofinya sendiri-sendiri. Seperti pada luar keraton yang mendefinisikan bahwa keris memiliki sifat yang sakral.

Demikian senjata tradisional Jawa Tengah yang bisa kita pelajari, semoga bisa berguna untuk teman-teman semua. Agar lebih bermanfaat lagi jangan lupa untuk klik like dan share kepada teman kalian yang lainnya.  Baca juga senjata tradisional Indonesia lainnya disini.

<Sebelumnya —————————— Selanjutnya>

Satu pemikiran pada “1 Senjata Tradisional Jawa Tengah, Keris & Senjata Tradisional Yogyakarta

Tinggalkan komentar