3 Senjata Tradisional Sumatera Barat, Senjata Tradisional Minangkabau

Senjata Tradisional Sumatera Barat – Sumatera Barat mempunyai senjata tradisional yang termasuk kedalam senjata tradisional Indonesia atau senjata tradisional Nusantara. Senjata tradisional Sumatera Barat selain digunakan untuk mempertahankan diri dari bahaya musuh jahat dan berburu/mencari makan, juga digunakan untuk aksesoris perlengkapan.

Mungkin beberapa orang diantara kita masih belum tahu, apa senjata tradisional Sumtra Barat? Maka dari itu kali ini kita akan sama-sama belajar mengetahui senjata tradisional Sumatera Barat yang merupakan budaya senjata tradisional Indonesia.

senjata tradisional sumatera barat

Berikut ini ada 3 senjata tradisional Sumatera Barat yang bisa ketahui, yaitu:

1. Senjata Tradisional Sumatera Barat (Karih)

senjata tradisional sumatera barat

Karih adalah salah satu senjata tradisional Sumatera Barat yang hampir sama seperti keris yang ada di pulau Jawa bentuknya. Perbedaannya karih tidak memiliki bentuk lekukan pada bagian tubuhnya.

Namun apabila karih berada dalam tempat sarungnya, maka sekilas karih Sumatera Barat ini hampir persih atau mirip seperti keris di pulau Jawa. pegangan karih ini berlekuk sedikit dengan adanya ukiran pada bagian sarungnya.

Selain itu juga pada bagian atas sarung kerih sedikit menyempit. Biasanya di Sumatera Barat, senjata tradisioal karih ini digunakan untuk aksesoris pada acara resmi sepert malewa gala atau pengukuhan gelar.

Dan biasanya juga dipakai oleh para kaum pria terutama penghulu dan selain itu juga senjata tradisional karih dipakai oleh mempelai pria dalam acara baralek atau pernikahan serta dalam pertunjukkan silat.

2. Senjata Tradisional Sumatera Barat (Kerambik)

senjata tradisional sumatera barat

Senjata tradisioanal Sumatera Barat Kerambik adalah senjata tradisional yang berjenis pisau genggam yang kecil dengan bentuk melengkung. Kini senjata tradisional Sumatera Barat kerambik dari Indonesia tersebut kini sudah mendunia.

Sehingga senjata tradisional ini diproduksi secara masal atau banyak oleh para produsen senjata di dunia. Terutama pada personel US Marshal yang mewajibkan senjata tradisional ini menjadi senjata andalannya.

Senjata kerambik ini merupakan senjata  yang berbahaya karena bisa menyayat atau merobek anggota badan lawan dengan cepat dan juga tidak terdeteksi. Untuk lebih tepatnya senjata kerambik ini berasal dari Minangkabau Sumatera Barat.

Jenis Senjata Tradisional Sumatera Barat Kerambik

Tetapai dalam perkembangannya kerambik menyebar keseluruh Nusantara yang dibawa oleh masyarakat minang merantau. Untuk sat ini senjata tradisional kerambik mempunyai beberapa jenis varian yaitu tajam tunggal dan tajam ganda.

Dan sedangkan di Indonesia sendir kerambit ada dua yaitu kerambit Minang dan kerambik Jawa Barat. Tetapi kerambik Jawa barat biasanya mempunyai lengkungan yang bulat sedangkan kerambik minang lengkungannya siku.

Berikut ini beberapa jenis senjata tradisional kerambik yang berada di Nusantara:

  1. Kerambit Kuku Alang/Kuku Elang, Lawi Ayam, yang berasal dari Sumatera Barat.
  2. Kerambit Kuku Harimau, yang berasal dari Sumatera Barat, Jawa Barat, Madura.
  3. Kerambit Kuku Bima, berasal dari Jawa Barat dan Jawa Tengah.
  4. Kerambit Kuku Hanoman, berasal dari Jawa Barat.
  5. Kerambit Sumbawa, berasal dari pulau Sumba.
  6. Kerambit Lombok berasal dari Lombok.

3. Senjata Tradisional Sumatera Barat (Ruduih)

senjata tradisional sumatera barat

Ruduih adalah adalah salah satu senjata tradisional Sumatera barat yang sejenis dengan senjata golok yang berasal dari Minang, Sumatera Barat. Pada zaman dahulu ruduih dipergunakan sebagai alat dalam berperang dan tercatat pada museum perjuangan Tridaya Ekadharma yang digunakan untuk senjata dalam Perang Monggopoh tahun 1908.

Demikianlah senjata tradisional Sumatera Barat yang merupakan salah satu warisan budaya senjata tradisional Indonesia. Agar lebih bermanfaat lagi like dan sahre kepada teman-teman lainnya, terimakasih.  Baca juga senjata tradisional Indonesia lainnya disini.

<Sebelumnya —————————— Selanjutnya>

Satu pemikiran pada “3 Senjata Tradisional Sumatera Barat, Senjata Tradisional Minangkabau

Tinggalkan komentar